Sabtu, 10 September 2022

[Video] Super Garuda Shield 2022

Liputan CNNLatihan Super Garuda Shield 2022 antara TNI dan Komando Indo-Pasifik Amerika Serikat untuk pertama kalinya, digelar dengan melibatkan seluruh matra TNI.

Berbagai drill dilakukan prajurit TNI dan Amerika Serikat, guna sinkronisasi teknik dan manuver dilaksanakan untuk pelaksanaan misi, salah satunya operasi amfibi di pantai pendaratan yang telah dikuasai musuh.

Super Garuda Shield ini diharapkan menjadi momentum Indonesia memperkuat hubungan diplomatik dengan seluruh negara yang terlibat, tanpa mengabaikan prinsip politik luar negeri bebas aktif.

Liputan ini menyajikan bagaimana semangat dan profesionalitas prajurit TNI bersama prajurit AS dalam melaksanakan drill untuk misi khusus di area latihan tempur.

Tak hanya itu, liputan ini juga mengemas pandangan pakar militer dan pakar hubungan internasional terkait dampak Super Garuda Shield terhadap isu geopolitik seperti konflik Laut China Selatan dan Politik Luar Negeri.


  💂 Youtube  

[Video] Perkembangan Kapal Perang Fregat Arrowhead 140 Indonesia

⚓ Tambah Panjang dan MematikanIlustrasi desain AH 140 [Babcock]

Dalam perkembangan terakhir, menurut sejumlah sumber yang mengetahui kontrak fregat Arrowhead 140, Kementerian Pertahanan telah menyetujui usulan revisi panjang fregat yang akan dibangun di Surabaya.

Jika dalam dokumen kontrak asli panjang fregat 143,57 m, maka dalam rencana amandemen kontrak fregat Arrowhead 140 akan memiliki panjang 140 m. Artinya varian Indonesia akan lebih panjang dari fregat Arrowhead 140 yang dibangun sebagai kelas Inspirasi untuk Royal Navy dengan dimensi 138,7 m.

Penambahan panjang juga berdampak pada konfigurasi senjata dan performa Arrowhead 140 yang akan dioperasikan oleh Indonesia.

  Berikut video persembahan Sobat Militer : 



  ⚓ Youtube  

[Global] Mengungkap Operasi Rahasia Israel Balas Kematian Atlet di Olimpiade 1972

Black SeptemberKelompok September Hitam mengaku bertanggung jawab atas serangan dan penculikan atlet Israel di Olimpiade 1972. (Getty Images)

Olimpiade musim panas 1972 di Munchen tadinya digelar untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Jerman saat itu bernama Jerman Barat berbeda dengan negara yang menyelenggarakan Olimpiade 1936.

Pada 1936, perhelatan Olimpiade digelar di Berlin dan Adolf Hitler, yang membuka pesta olahraga ini, ingin memamerkan "kehebatan Jerman di mata dunia.

Tetapi banyak orang mengingat Olimpiade 1972 - yang berlangsung dari 26 Agustus sampai 11 September - bukan sebagai pesta olahraga akbar.

Orang lebih mengingat insiden di Perkampungan Atlet, yang berujung dengan penculikan dan tewasnya atlet-atlet Israel.

Insiden terjadi pada 5 September 1972.

Pada pagi buta, kelompok Palestina yang disebut September Hitam masuk ke kamar-kamar yang dihuni kontingen Olimpiade Israel di Perkampungan Atlet.

Di sini, mereka menewaskan dua atlet Israel dan menyandera sembilan atlet Israel lainnya.

September Hitam mengumumkan, sembilan atlet ini bisa bebas dengan imbalan 200 tawanan Palestina yang ditangkap Israel.

Yang terjadi kemudian adalah aparat keamanan Jerman melakukan penyerbuan untuk membebaskan para sandera.

Sayangnya, upaya ini gagal. Sembilan atlet Israel itu, dan satu aparat polisi Jerman, tewas dalam insiden tersebut.

Perkampungan untuk para atlet yang berlaga di Olimpiade 1972 di Munchen. (Getty Images)

Di pihak September Hitam, lima dari delapan anggota tewas.

Sisanya, Adnan Al-Gashey, Jamal Al-Gashey, dan Mohammed Safady ditangkap.

Ketiganya dibebaskan menyusul pembajakan pesawat milik maskapai Jerman, Lufthansa.

Mereka dipindahkan ke Libya dan disambut oleh pemimpin Libya ketika itu, Muammar Gaddafi.

Beberapa bulan sesudah insiden di Perkampungan Atlet Olimpiade 1972, para anggota September Hitam yang terlibat dalam insiden itu tewas.

Diyakini, pembunuhan para anggota September Hitam dilakukan oleh badan intelijen Israel, dalam operasi rahasia yang dikenal dengan nama sandi "Murka Tuhan."

Dari sekian banyak anggota September Hitam, hanya Jamal Al-Gashey yang tetap hidup hingga akhir 1990-an.

Pada periode 1970-an hingga akhir 1990-an, ia diduga menyembunyikan diri.

  Operasi rahasia Murka Tuhan 

Tidak lama setelah tragedi di Olimpiade 1972, perdana menteri Israel saat itu, Golda Meir, mengumumkan "perang terhadap terorisme".

Ia membentuk komite khusus yang bertugas melacak siapa saja yang bertanggung jawab atas tewasnya atlet-atlet Israel.

Ia meminta dinas rahasia Israel, Mossad, untuk mengidentifikasi, mencari, dan membunuh mereka, ungkap wartawan BBC Fergal Keane, dalam satu podcast yang terbit pada 2014 lalu.

"Mereka harus membayar mahal atas tindakan teror mereka. Ini bukan sekadar mencari keadilan."

"Bukan persoalan nyawa dibalas nyawa, tetapi bagaimana menciptakan efek yang bisa mencegah [kejadian ini terulang di masa depan]", kata Keane mengutip Efraim Halevy, kepala Mossad 1998-2002.

Golda Meir, di depan para anggota parlemen Israel, mengumumkan "perang terhadap terorisme" (Getty Images)

Dalam operasi "Murka Tuhan", kelompok Palestina September Hitam yang mengaku bertanggung jawab atas insiden di Olimpiade 1972 di Munchen, dipersekusi baik di Eropa maupun di Timur Tengah.

Operasi ini dipimpin oleh Mike Harari, salah satu mata-mata terbaik yang dimiliki Israel.

Tidak diketahui secara pasti jumlah anggota September Hitam yang terlibat dalam insiden 1972, namun lusinan anggota kelompok ini terbunuh.

Dalam satu operasi, sekelompok agen Mossad, beberapa di antaranya berpakaian perempuan, turun dari perahu di satu kawasan pantai di Beirut, Lebanon, dan menewaskan tiga pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), dan beberapa anggota kelompok Palestina lain.

Yang juga tewas adalah beberapa warga Lebanon, warga sipil Palestina, dan dua agen rahasia Israel.

  'Balas dendam' 

Operasi rahasia "Murka Tuhan" juga diungkap oleh penulis dan wartawan Kanada, George Jonas, dalam buku Vengeance yang terbit pada 1984.

Sumber utama buku Jonas adalah Yuval Aviv, perwira Mossad yang mengeklaim terlibat dalam operasi "Amarah Tuhan".

Buku yang menginspirasi film karya Steven Spielberg, Munich mendokumentasikan pembunuhan di sejumlah negara Eropa, sebelum dan sesudah insiden di kawasan pantai di Beirut.

Pada 16 Oktober 1972, penterjemah Palestina, Wael Zwaiter, menjadi target pertama operasi "Murka Tuhan" di Eropa, kata Jonas.

Banyak sumber menyatakan Mossad meyakini Zwaiter adalah pemimpin September Hitam di Roma.

Ia dibunuh oleh dua agen Israel, yang menembaknya 11 kali, saat kembali ke apartemennya di Roma.

Target kedua adalah Mahmoud Hamshari, wakil PLO di Prancis, yang diyakini Israel sebagai kepala September Hitam di negara tersebut.

Mohammed Boudia tewas dalam ledakan bom pada 28 Juni 1973 di Paris. (Getty Images)

Ia luka parah setelah ledakan bom yang ditaruh di mejanya pada 8 Desember 1972. Beberapa pekan kemudian ia meninggal.

Empat bulan berlalu, pada 6 April 1973, Basil al-Kubaisi, yang oleh media Lebanon disebut sebagai anggota Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina, tewas ditembak di suatu jalan di Paris.

Pembunuhan tidak berhenti sampai di sini.

Zaid Manyshi, wakil PLO di Siprus, tewas dalam satu ledakan di kamar hotel di Athena, Yunani.

Mohammaed Boudia, sementara itu, tewas dalam ledakan mobil di Paris.

Boudia dikenal sebagai pemimpin operasional Front Rakyat untuk Pembebasan Palestina di Eropa.

Tujuan operasi "Murka Tuhan" disebut untuk mendapatkan keadilan bagi para keluarga atlet Israel yang tewas pada 1972.

Pemimpin PLO, Yasser Arafat, memberikan penghormatan di makam Mahmoud Hamshari, di Paris, pada 3 Mei 1989. (Getty Images)

Yang kedua, Israel ingin menunjukkan kepada dunia bahwa mereka tidak akan membiarkan orang-orang yang melakukan kejatan terhadap warganya lepas begitu saja, ujar Michael Brenner, guru besar sejarah dan kebudayaan Yahudi, dalam wawancara dengan BBC Mundo.

Dua hal yang mendorong operasi ini, menurut Brenner, adalah insiden pembunuhan di Olimpiade 1972 dan kesediaan otoritas Jerman membebaskan tiga pelaku, hanya beberapa pekan setelah mereka ditangkap.

Brenner menambahkan ada spekulasi bahwa pembajakan pesawat Lufthansa adalah "rekayasa" Jerman, atau setidaknya dimanfaatkan Jerman untuk mengusir para anggota kelompok September Hitam dari Jerman secepat mungkin.

"Jadi ada semacam ketidakadilan ganda yang dirasakan Israel. Di sisi lain, mereka ingin menunjukkan bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh Jerman," kata Brenner.

Menurutnya, operasi tersebut berhasil.

Namun balas dendam ini tak sepenuhnya tuntas.

Israel merasa 'ada ketidakadilan ganda' dalam serangan, penculikan, dan tewasnya atlet-atlet mereka pada 1972. (Getty Images)

Para agen Israel tidak pernah menemukan pelaku bernama Jamal Al-Gashey.

Pada 1999, Al-Gashey muncul dalam dokumenter berjudul Satu Hari pada September.

Wajahnya tak diperlihatkan secara jelas.

Ia berujar, "Saya bangga dengan apa yang saya lakukan di Munchen karena itu membantu perjuangan Palestina."

"Sebelum insiden di Munchen, dunia tidak tahu perjuangan kami, namun pada hari itu nama Palestina terus disebut di seluruh dunia," kata Al-Gashey.

Pada Agustus 2022, saat Mahmoud Abbas berkunjung ke Jerman, pemimpin Palestina tersebut menolak meminta maaf atas insiden di Olimpiade 1972 di Munchen.

Ia justru menyalahkan Israel yang ia sebut melakukan "50 holokos".

"Lima puluh pembantaian, 50 holokos setiap hari, ada warga kami yang tewas dibunuh militer Israel," kata Abbas dalam keterangan pers bersama kanselir Jerman, Olaf Scholz.

Israel membantah melakukan operasi "Murka Tuhan".

Namun, bagi sejarawan Yahudi Michael Brenner, sikap Israel ini sama aja dengan penyangkalan punya senjata nuklir.

"Setiap orang di Israel tahu bahwa Israel mengembangkan senjata nuklir, namun mereka tidak mau mengakui secara resmi," kata Brenner.

Demikian juga dengan operasi "Murka Tuhan" ini.

Israel paham bahwa semua orang tahu mereka di balik operasi rahasia ini. (ita/ita)

  💂 detik  

PT PAL Indonesia Gandeng PaxOcean Engineering

⚓️ Tingkatkan Kapasitas MRO MRO MRLF Bung Tomo class [PAL Indonesia]

Dalam upaya meningkatkan kapasitas bisnis di bidang pemeliharaan, perbaikan, dan overhaul kapal baik kapal atas permukaan maupun kapal bawah permukaan, PT PAL Indonesia hari ini resmi bekerjasama dengan Paxocean Engineering PTE., Ltd.

CEO PT PAL Indonesia Bapak Kaharuddin Djenod menandatangani nota kesepahaman dengan Mr. Tan Thai Yong selaku Managing Director sekaligus CEO mewakili Paxocean Engineering PTE., Ltd. Kerja sama tersebut berfokus pada bidang pemasaran, pemeliharaan, perbaikan dan overhaul kapal.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Kaharuddin Djenod menyampaikan ini merupakan momentum yang tepat untuk berkolaborasi dan bekerjasama. PAL telah ditunjuk untuk menjadi lead integrator bagi galangan kapal se-Indonesia, sekaligus mendapat kepercayaan dalam melakukan MRO kapal-kapal milik negara bersama galangan-galangan kapal di Indonesia.

Lebih lanjut, Bapak Kaharuddin menjelaskan bahwa “PAL juga tengah mengembangkan Industri Maritim 4.0 atau yang kami sebut dengan IM4. Kedepan, dengan implementasi ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas produksi hingga 3 kali lipat. Sekaligus dalam implementasinya nanti, Paxocean dapat turut serta menjadi user dalam memantau proyek kerjasama strategis bidang MRO antara PAL dan Paxocean” pungkasnya.

Maksud dan tujuan dari MoU yakni dalam rangka, rencana kerjasama pengembangan dan peningkatan kemampuan di bidang pemasaran, pemeliharaan, perbaikan dan overhaul PT PAL Indonesia. Agenda hari ini turut disaksikan oleh jajaran BoD PT PAL Indonesia dan Paxocean Engineering PTE., Ltd di Jakarta. Selanjutnya, Paxocean Engineering PTE., Ltd akan akan berkunjung ke kantor pusat PAL di Surabaya, untuk meninjau fasilitas produksi PT PAL Indonesia khususnya dalam bidang pemeliharaan dan perbaikan kapal.

Dalam Kerjasama ini, PT PAL sebagai lead integrator dan Paxocean Engineering PTE., Ltd sebagai strategic partner untuk mensukseskan pemasaran dan pekerjaan pemeliharaan perbaikan dan overhaul agar tepat waktu dan tepat mutu sesuai dengan standar mutu internasional.

Kerjasama ini merupakan awal yang baik. Semoga kedepan dapat memperkuat hubungan baik antara Indonesia dengan Singapura” tutur Mr. Tan Thai Yong dalam kesempatan tersebut.

Paxocean Engineering PTE., Ltd memberikan dukungan penuh dalam upaya kemandirian industri maritim Indonesia secara menyeluruh termasuk penguasaan kemampuan dan teknologi dalam memelihara dan memperbaiki kapal, penutuhan dan mendaur ulang aset maritim untuk masa depan yang ramah lingkungan.

  ⚓️
PAL Indonesia  

Jumat, 09 September 2022

PT Biro Klasifikasi Indonesia Bantu PT PAL Bangun Kapal Perang Buatan Dalam Negeri

⚓ Mendukung kemajuan industri maritim nasionalKRI Tombak 629, KCR 60 m produksi PAL Indonesia (TNI AL)

PT Biro Klasifikasi Indonesia Persero (BKI) bakal turut serta dalam membangun kapal perang bersama PT PAL Indonesia. Kerja sama BKI dengan PT PAL ini dituangkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan PT PAL Indonesia tentang kerja sama bidang operasi & pengembangan bisnis dalam rangka mendukung kemajuan industri maritim nasional.

Direktur Utama PT BKI Rudiyanto mengatakan bahwa dalam kegiatan bisnis, BKI pemimpin holding memiliki Sucofindo dan Surveyor Indonesia sebagai anak perusahaan yang dapat dimanfaatkan untuk lebih berkontribusi pada industri-industri lain dari hulu ke hilir.

"Kami siap membantu PT PAL Indonesia dalam pembangunan kapal khususnya kapal perang dari sisi teknologi dan konsep pemastian pada kegiatan Testing, Inspection, Certification, Classification dan Statutory sebagai panduan utama," ujar Rudiyanto di Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Seperti sudah diketahui, PT PAL Indonesia sebagai salah satu BUMN menangani industri strategis yang memproduksi alat utama sistem pertahanan Indonesia khususnya untuk matra laut.

Menurut Rudiyanto, dalam hal peningkatan kompetensi ada beberapa kerja sama lain yang bisa dilakukan yaitu dengan mengadakan pertukaran personel antara dua entitas.

Direktur Utama PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod juga mengungkapkan bahwa pertemuan kali ini BKI bisa memberikan dukungan berupa sertifikasi dan kerja sama lainnya.

"Kolaborasi ini akan meningkatkan confidence dari insan-insan BUMN yang terikat dalam kerja sama ini, sehingga dapat meningkatkan kekuatan pada kedua belah pihak," kata Kaharuddin.

Lebih lanjut, Kaharuddin menjelaskan kerja sama ini juga berkaitan dengan alokasi dana PMN TA APBN 2021, yakni salah satunya dengan pembangunan fasilitas ship lift kapal selam.

Alih-alih melakukan import, PAL berkomitmen dalam implementasi kemandirian teknologi bekerjasama dengan rekan-rekan strategis dalam membangun fasilitas ship lift, beberapa di antaranya yakni Pindad dan BKI.
 

  💂 Suara  

[RIP] Pilot dan Kopilot Pesawat Latih TNI AL Ditemukan Tewas

✈ Di Kedalaman 15 Meter ✈ Ilustrasi pesawat G-36 Bonanza Penerbal [Penerbal]

Dua penerbang pesawat latih TNI Angkatan Laut jenis Bonanza G-36 T-2503 yang jatuh di Selat Madura telah ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Dua penerbang tersebut yakni pilot Letnan Satu Laut (P) Judistira Eka Permady dan kopilot Letnan Dua Laut (P) Dendy Kresna Bhakti.

Jam 10.00 WIB ditemukan di kedalaman laut 14 meter, (jenazah) masih di dalam bangkai pesawat dan sudah dievakuasi ke RSAL Surabaya,” kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Mabesal, Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Jenazah saat ini disemayamkan di Wisma Perwira Juanda dan akan dimakamkan di Taman Makam Bahagia TNI AL di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (9/9/2022).

Adapun Judistira merupakan wakil komandan pesawat udara 2 Flight II Ron 200 dan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 62.

Sedangkan, Dendy merupakan wakil komandan pesawat udara Flight II Ron 600.

Dari hasil pencarian tim SAR TNI AL, petugas menemukan 1 pintu sebelah kanan, dan 1 headset crew di lokasi ditemukannya pesawat. Pesawat juga ditemukan dalam kondisi terbalik dan rusah berat.

Sebelumnya, pesawat Bonanza dilaporkan hilang kontak di Selat Madura, tepatnya di perairan antara Bangkalan dan Gresik, Rabu (7/9/2022).

Sebelum dilaporkan hilang kontak, pesawat lebih dulu lepas landas dari Bandara Juanda dengan rute Sub-(Armada) Loc Area-Sub, Rabu, pukul 08.45 WIB.

Pesawat produksi Amerika Serikat ini terbang dalam rangka latihan anti-serangan udara atau Air Defense Exercise (Adex) Siaga Armada II.

Namun demikian, sekitar 10 menit setelah lepas landas, pesawat tersebut dilaporkan hilang kontak di antara perairan di Bangkalan dan Gresik, pukul 08.55 WIB.

TNI AL menyebut pesawat jatuh dan tenggelam di kedalaman sekitar 10-15 meter.

Dalam proses pencarian, TNI AL mengerahkan 7 KRI, 1 pesawat CN-235, 2 Helikopter, 2 Kapal Angkatan Laut (KAL), 2 Tim Kopaska, dan 2 tim penyelam.

  Kompas  

PT DI Ungkap Rencana Jual 10 Pesawat N219 ke TNI AD

N219  [PTDI]

PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau DI menyatakan akan menjual 10 unit pesawat N219 ke Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat atau TNI AD. Selain itu, pabrikan pesawat tersebut berencana menawarkan N219 ke pemerintah daerah sebagai moda transportasi antar pulau.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan dalam konferensi pers pembuka rangkaian Development Ministerial Meeting, Selasa (6/9/2022) di Belitung. DI akan menghadiri salah satu side event dari rangkaian acara G20 tersebut.

Gita menjelaskan bahwa setelah N219 memperoleh sertifikasi laik udara, pihaknya memasarkan secara komersil pesawat tersebut. Salah satu transaksi yang akan berlangsung di antaranya adalah dengan TNI AD.

"Dari segi target market, terima kasih untuk Kementerian Pertahanan, Insya Allah tahun ini akan mendapatkan 10 (unit penjualan N219) untuk TNI AD," ujar Gita pada Selasa (6/9/2022).

Selain itu, dia pun menyebut bahwa melalui kerja sama dengan Kementerian Pembangunan dan Perencanaan Negara (PPN), PT DI akan membuka peluang penjualan pesawat N219 ke pemerintah daerah. Pesawat tersebut menurut Gita, dapat menjadi moda transportasi atau penyaluran logistik di wilayah kepulauan.

Pemerintah daerah bukan hanya dapat berperan sebagai pemilik pesawat, tetapi juga operator dari penggunaan pesawat N219. Gita menilai bahwa hal tersebut membuat banyak pihak bisa memperoleh keuntungan dari penggunaan N219.

"Strategi PT DI ingin N219 ini didedikasikan dulu untuk dalam negeri, desainnya untuk konektivitas daerah 3T, tertinggal, terdepan, dan terluar," katanya.

  Bisnis  

Kamis, 08 September 2022

RI Resmi Ambil Alih FIR Riau-Natuna dari Singapura

   Diumumkan Presiden Jokowi 
https://akcdn.detik.net.id/visual/2022/01/26/infografis-5-poin-kesepakatan-fir-antara-ri-singapura.jpeg?w=650&q=90Infografis [CNN]

P
residen Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan Indonesia resmi mengambil alih kontrol ruang udara atau Flight Information Region (FIR) di atas Kepulauan Riau dan Natuna dari Singapura.

Jokowi mengatakan perjanjian ini menambah FIR Indonesia yang dikelola Jakarta semakin luas hingga 249.575 kilometer persegi.

"Saya telah menandatangani peraturan presiden Perpres tentang pengesahan perjanjian FIR Indonesia dan Singapura. Kesepakatan ini merupakan langkah maju atas pengakuan internasional terhadap ruang udara Indonesia yang sekaligus meningkatkan jaminan keselamatan dan keamanan penerbangan," kata Jokowi dalam jumpa pers virtual bersama Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Kamis (8/9).

Ratifikasi perjanjian ini telah berlangsung sejak awal tahun ketika Jokowi dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong sepakat soal pengambilalihan FIR Riau-Natuna.

Jokowi mengatakan selain meningkatkan jaminan keamanan, pengambilalihan FIR oleh Indonesia ini diharapkan dapat meningkatkan pendapat negara bukan pajak dan menjadi momentum untuk modernisasi peralatan navigasi penerbangan dan pengembangan SDM Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Luhut mengatakan manfaat utama pengambilalihan FIR ini menunjukkan RI adalah negara yang berdaulat dan mampu mengelola dirinya sendiri.

"Saya kira berpuluh-puluh tahun masalah ini tidak terselesaikan tapi di bawah leadership Presiden Joko Widodo kami diperintahkan membantunya untuk menyelesaikan," kata Luhut.

Berdasarkan pernyataan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI pada Januari lalu, Indonesia masih memberikan delegasi pelayanan jasa penerbangan pada area tertentu di Kepulauan Riau pada ketinggian 0-37.000 kaki kepada otoritas penerbangan Singapura.

Di sisi lain, Indonesia hanya mengendalikan ruang udara mulai 37.000 kaki ke atas di kawasan tersebut. Sementara itu, sebagian besar penerbangan komersial beroperasi 31.000 hingga 38.000 kaki.

"Jadi mereka (pesawat yang ingin ke Singapura atau Malaysia) masih bisa menggunakan ruang kita untuk approach. Karena kalau Anda lihat, begitu mereka take off, masa take off-nya langsung tegak lurus. Kan enggak juga. Jadi masih butuh waktu juga untuk mereka naik ke atas," ucap Luhut.

Ada beberapa elemen penting lainnya yang tertuang dalam perjanjian penyesuaian FIR RI-Singapura, menurut Kemenkomarves.

Pertama, penyesuaian batas FIR Jakarta yang melingkupi seluruh wilayah teritorial Indonesia, sehingga perairan sekitar Kepulauan Riau dan Natuna yang sebelumnya masuk dalam FIR Singapura menjadi bagian dari FIR Jakarta.

Kedua, Indonesia berhak dan bertanggung jawab atas Penyediaan Jasa Penerbangan (PJP) pada wilayah informasi penerbangan yang merupakan FIR Indonesia yang selaras dengan batas-batas laut teritorial.

Ketiga, Singapura juga menyepakati pembentukan kerangka kerja sama sipil dan militer terkait Manajemen Lalu Lintas Penerbangan (Civil Military Coordination in ATC/CMAC). Tujuannya, untuk memastikan tidak terjadi pelanggaran kedaulatan dan hak berdaulat Indonesia.

Keempat, Singapura juga berkewajiban menyetorkan kutipan biaya jasa pelayanan penerbangan kepada pesawat yang terbang dari dan menuju Singapura ke Indonesia. Pendelegasian PJP ini juga akan diawasi dan dievaluasi secara ketat oleh Kementerian Perhubungan.

Kelima, Indonesia juga berhak untuk melakukan evaluasi operasional atas pemberian pelayanan navigasi penerbangan yang dilakukan oleh Singapura. Hal tersebut dilakukan guna memastikan kepatuhan terhadap ketentuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO).

Sementara itu, berdasarkan keterangan pemerintah Singapura awal tahun ini, kesepakatan penyesuaian FIR ini akan berlaku selama 25 tahun ke depan dan bisa diperpanjang dengan persetujuan kedua negara. (pwn/rds)

  Berikut video dari Sekretariat Presiden : 


  ★ CNN  

Ma'ruf Amin Tetapkan 2.974 Komcad TNI Tahun 2022

 Didampingi Prabowo 
https://scontent.fcgk30-1.fna.fbcdn.net/v/t39.30808-6/305771121_5071072456334390_9034155652331368850_n.jpg?stp=cp1_dst-jpg&_nc_cat=101&ccb=1-7&_nc_sid=730e14&_nc_ohc=Tq23b8ZlU4sAX-avomL&_nc_ht=scontent.fcgk30-1.fna&oh=00_AT-JAodseFlwKjs5zgE5VdXEkAweNf9sFfLK1yP5KWcxGQ&oe=631EF865Momen Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tinjau langsung geladi penutupan Komponen Cadangan 2022 di Batujajar [dok Prabowo]

W
akil Presiden RI Ma'ruf Amin menjadi inspektur upacara memimpin Upacara Penetapan Komponen Cadangan tahun 2022 di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus), Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Ma'ruf Amin didampingi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto memimpin upacara tersebut.

"Pernyataan resmi, dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, pada hari ini Kamis 8 September 2022, penetapan komponen cadangan tahun 2022 saya nyatakan ditetapkan," kata Ma'ruf dikutip melalui YouTube Wapres RI, Kamis (8/9/2022).

Ma'ruf Amin mengatakan Komponen Cadangan merupakan upaya antisipatif untuk menghadapi ancaman dan gangguan kehidupan bangsa.

"Komponen Cadangan juga merupakan salah satu ikhtiar bangsa untuk mempersiapkan kekuatan rakyat sekaligus champions di berbagai bidang yang memiliki dan menunjukkan kecintaan pada tanah air," kata Ma'ruf.

Berdasarkan keterangan pers Biro Humas Setjen Kemhan, Upacara Penetapan Komponen Cadangan TNI tahun 2022 diikuti sebanyak 2.974 orang Komcad tahun 2022 dibagi menjadi Lima Batalyon yang dilatih di masing - masing matra yaitu Matra Darat 450 orang di Rindam II/Sriwijaya, 500 orang di Rindam VI/Mulawarman dan 500 orang di Rindam XIV/Hasanuddin.

Kemudian 499 orang Matra Laut di Kodikmar TNI AL Surabaya serta 500 orang Matra Udara di Pusdiklat Kopasgat TNI AU, Bandung. Selain itu 50 orang di latih di Pusdik Kowad TNI AD dan 475 orang Kadet Unhan di Unhan RI.

Anggota Komponen Cadangan tersebut telah mengikuti serangkaian kegiatan, mulai dari pendaftaran secara sukarela, seleksi, pendidikan latihan dasar kemiliteran (latsarmil) di Rindam-Rindam, dirangkai dengan Latihan Pembulatan Komponen Cadangan di Pusdiklatpassus Kopassus, Batujajar, Jawa Barat.

Upacara tersebut diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Ma'ruf Amin yang didampingi Menhan Prabowo Subianto. Kemudian Prabowo menyampaikan laporan terkait pelaksanaan Pembentukan Komponen Cadangan TNI TA. 2022, yang merupakan amanat Undang Undang Dasar RI Tahun 1945, Undang Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara.

Setelah itu, penetapan Komponen Cadangan TNI tahun 2022 dilanjutkan pernyataan resmi Wapres Ma'ruf dan penyerahan Tunggul Satuan Komponen Cadangan kepada masing-masing Komandan Batalyon.

Selain Upacara Penetapan Komcad, acara juga diisi dengan pameran industri pertahanan dalam negeri yang memamerkan produk-produk anak bangsa yang digunakan oleh TNI-Polri termasuk Komcad.

  ★ detik  

PT DI Gandeng Airbus

✈ Kembangkan Bisnis Produksi Komponen Aerostruktur Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Negara Pembangunan dan Kemitraan International Perancis, Chrysoula Zacharopoulou menyaksikan penandatanganan Nota Kesepahaman PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Airbus yang berlangsung dalam rangkaian G20 Development Ministerial Meeting Side Event, di Belitung, Rabu (7/9/2022). [KOMPAS.com/Ade Miranti]

PT Dirgantara Indonesia (DI) dan Airbus menandatangani nota kesepahaman dalam rangkaian G20 Development Ministerial Meeting Side Event. Acara itu disaksikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa dan Menteri Negara Pembangunan dan Kemitraan International Perancis Chrysoula Zacharopoulou.

Suharso mengatakan nota kesepahaman ini akan menaungi kerja sama antara PT DI dengan Airbus Defence and Space dan Airbus Helicopters dalam mengembangkan bisnis produksi komponen aerostruktur.

Kedua pihak akan mengembangkan peta jalan strategis yang mengedepankan daya saing masing-masing dan dukungannya untuk pertumbuhan dan penguatan ekosistem dirgantara nasional.

Airbus juga akan mendukung PT DI di bidang yang berkaitan dengan perencanaan sumber daya dan jadwal, serta dukungan teknis dan manajemen.

Saya menyambut kerja sama antara PT DI dan Airbus ini sebagai tanda ekspansi kapasitas dalam kerangka kolaborasi global. Nota kesepahaman ini diharapkan dapat lebih memajukan kerja sama kedua perusahaan, sekaligus meningkatkan partisipasi industri kedirgantaraan Indonesia dalam rantai nilai industri kedirgantaraan global. Kami berharap hal ini juga akan memicu kolaborasi baru di masa depan,” ujar Suharso di Belitung, Rabu (7/9/2022).

Sementara itu, CEO PT DI Gita Amperiawan menuturkan nota kesepahaman ini sangat strategis bagi PT DI, terutama dalam hal peningkatan peran dalam ekosistem industri.

"Penandatanganan Nota Kesepahaman ini diharapkan akan mendorong peningkatan kompetensi dan value bisnis Aerostructure PT Dirgantara Indonesia yang diestimasikan dapat mencapai 500 juta dollar AS dalam 10 tahun ke depan. Dengan kerja sama ini, PT Dirgantara Indonesia diharapkan dapat meningkatkan perannya dalam mengembangkan ekosistem industri dalam negeri," ujar Gita.

Melalui produksi pesawat N219, PT DI membidik peningkatan kontribusi dalam upaya memperluas konektivitas serta aksesibilitas, baik antara kota besar dan kecil, maupun antar kota kecil.

N219 dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan operasi di karakteristik wilayah yang merupakan daerah dengan elevasi tinggi, takeoff and landing pada landasan pendek, waktu operasi bandara yang singkat, cuaca yang sulit diprediksi, fasilitas bandara terbatas, dan wilayah dengan kondisi geografis di pegunungan yang selama ini sulit dijangkau.

Pesawat N219 juga telah memenuhi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 44,69 persen, sesuai Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Sebagai bekal menghadapi persaingan pasar global, pesawat N219 juga telah mengantongi sertifikasi dari Kementerian Perindustrian.

"PT DI dan Airbus sepakat, bagaimana kita menguatkan kerja sama strategis. Tidak hanya menempatkan Indonesia sebagai pasar, tetapi juga bagaimana PT DI secara signifikan turut menjadi pelaku industri penerbangan," kata Gita.

  Kompas  

Pesawat TNI AL Hilang Kontak di Selat Madura

✈ Setelah 10 Menit Take Off ✈ Pesawat G-36 Bonanza Penerbal [Penerbal]

Pesawat G-36 Bonanza milik TNI AL mengalami kecelakaan di Perairan Laut Selat Madura. Pesawat yang tengah melaksanakan latihan Air Defence Exercise (ADEX) atau antiserangan udara ini jatuh sekitar pukul 09.30 WIB.

Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan menjelaskan kronologi jatuhnya pesawat TNI AL tersebut. Menurut dia, pesawat tersebut diawaki dua orang pilot yakni, Lettu Laut (P) Judistira Eka Permady dan Copilot Letda Laut (P) Dendy Khresna Bakti.

Saat itu, pesawat lepas landas atau take off dari Bandara Juanda, Surabaya, Jawa Timur pada pukul 08.45 WIB. “Pada pukul 08.45 WIB pesawat latih milik TNI AL jenis Bonanza G-36 take off dari bandara Juanda dengan rute Sub (Armada) Loc Area-Sub,” kata Dwika, Rabu (7/9/2022).

Sepuluh menit setelah take off, pesawat dikabarkan hilang kontak. Adapun lokasinya saat itu berada di Laut Selat Madura di antara Bangkalan Madura dan Gresik. “Pukul 08.55 WIB pesawat latih milik TNI AL jenis Bonanza G-36 lost contact di Perairan Laut Selat Madura,” ucapnya.

  Cuaca Dalam Kondisi Baik 

Pesawat TNI AL jenis G-36 Bonanza mengalami kecelakaan dan terjatuh di Laut Selat Madura. Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan turut memastikan cuaca saat latihan dalam kondisi baik.

Untuk kondisi cuaca saat kejadian di lokasi cukup baik,” kata Dwika, Rabu (7/9/2022).

Meski demikian, Dwika belum dapat memastikan penyebab kejadian insiden tersebut. Menurutnya sejauh ini kondisi teknis alutsista tersebut sudah sangat layak. “Sehingga kita tidak tahu apakah ini teknis atau pun yang lain, karena kita belum menurunkan tim investigasi. Tapi kondisi saat itu, cuaca cukup baik,” ucapnya.

Kini, pencarian terus dilakukan setelah lokasi jatuhnya pesawat sudah ditemukan. Hanya saja, ada kendala sedikit terkait cuaca selama proses pencarian. “Proses ini tidak bisa kita tentukan, seperti sekarang di lokasi masih hujan sehingga tim kesulitan. Tapi sesuai perintah Bapak KSAL, secepat mungkin kita akan melakukan evakuasi,” tegasnya.

Perlu diketahui titik jatuhnya pesawat didapatkan dari sonar Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Gambar tersebut diduga menampilkan siluet pesawat tanpa menampilkan kondisi seutuhnya. “Jadi, kembali saya sampaikan bahwa hasil yang dilihat di layar monitor tentunya hanyalah siluet dari pesawat. Jadi, kita tidak bisa detail melihat kru, kondisinya seperti apa, kita tidak bisa melihat,” tukasnya.

  Berada di Kedalaman 10-15 Meter 

Tim SAR telah menemukan lokasi jatuhnya pesawat G-36 Bonanza milik TNI AL di Selat Madura. Pesawat diperkirakan berada di kedalaman 10-15 meter di perairan tersebut.

Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Dwika Tjahja Setiawan mengatakan, dugaan keberadaan titik jatuh telah didapatkan di Selat Madura. Adapun, dugaan lokasi jatuh didapatkan dari gambar sonar yang ditampilkan dari Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

"Memang secara gambar yang ada di sonar itu bentuknya hanya siluet (pesawat). Masih terlihat bentuk pesawatnya di kedalaman antara 10-15 meter," ucap Dwika dalam konferensi pers, Rabu (7/9/2022).

Dwika menjelaskan, adanya perkembangan informasi mengenai dugaan jatuhnya pesawat langsung terus dikembangkan. Dwika mengatakan tim penyelam langsung dikerahkan guna memastikan temuan tersebut.

"Tim di lapangan sedang menurunkan dari Kopaska dan penyeleman langsung menuju ke titik kita untuk meyakinkan apakah benar sesuai dengan gambar atau siluet yang tampil di monitor itu adalah rangka pesawat," jelasnya.

Dalam kesempatannya, dia juga mengatakan investigasi terkait penyebab kecelakaan akan dilakukan setelah pesawat yang jatuh itu ditemukan. "Adapun kemungkinan penyebab kecelakaan pesawat itu masih kita dalami karena kita akan menurunkan tim investigasi setelah pesawat itu bisa ditemukan kemudian kita angkat," kata Dwika. (cip)

  sindonews  

KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 Bergabung ke Koarmada III

Penyambutan kedatangan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 [Koarmada III]

Bertempat di Dermaga Lantamal XIV Sorong Papua Barat, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah,S.H.,CHMRP.,M.TR.(Opsla) yang didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny Yuanita Irvansyah, menyambut kedatangan kapal perang baru yaitu KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 dengan Komandannya Letkol Laut (P) Anang Setioko, yang akan menambah kekuatan operasional dan pertahanan TNI Angkatan Laut/ Koarmada III khususnya di wilayah Indonesia Timur. Senin (29/08/22).

KRI dr. Wahidin Sudirohusodo -991 merupakan kapal jenis BRS (Bantu Rumah Sakit) milik TNI Angkatan Laut..

Kapal ini diberi nama sesuai nama Pahlawan Nasional dr Wahidin Soedirohoesodo, dan dirancang oleh Anak Bangsa yang diresmikan pada tanggal 12 Januari 2022 oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

 ⚓️  Koarmada III  

Rabu, 07 September 2022

TNI AL Kirim KRI REM 331 Ke Australia

⚓️ Latihan bersama 34 Negara, Multilateral Naval Exercise Kakadu KRI REM 331 [TNI AL]

KRI RE Martadinata-331 yang dipimpin Komandan Kolonel Laut (P) Nopriadi, bertolak dari dermaga Madura, Ujung Surabaya, Selasa (6/9), menuju Darwin, Australia, untuk mengikuti latihan bersama multilateral Naval Exercise Kakadu.

Dikutip dari keterangan Dispen Koarmada II, Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI TSNB Hutabarat, melepas keberangkatan KRI RE Martadinata-331 yang akan mengikuti latihan bergengsi tersebut dari 6 September-5 Oktober 2022 di Perairan Australia, bersama 34 negara peserta lainnya.

TSNB Hutabarat, dalam sambutannya menyampaikan latihan bersama Kakadu yang diselenggarakan Royal Australian Navy (RAN), bertujuan mempererat kerja sama antara TNI AL dan negara-negara peserta latihan, selain itu juga untuk meningkatkan interoperability dalam Maritime Security Regional pada operasi multilateral.

Manfaatkan kesempatan latihan sebagai komparasi profesionalitas prajurit menguasai berbagai problem latihan serta kemampuan alutsista yang dimiliki dihadapkan pada alutsista peserta lainnya. Jaga citra Indonesia dengan tidak melanggar aturan di negara lain,” jelasnya.

Latihan bersama multilateral Naval Exercise Kakadu dengan negara di Kawasan Asia Pasifik, adalah latihan yang ke-15 sejak 1993. Pada tahun ini, KRI RE Martadinata-331 membawa 130 anak buah kapal (abk) dan dua orang sebagai staf latihan.

KRI RE Martadinata-331 akan berlatih dengan puluhan negara lainnya, seperti Australia, Jepang, Amerika Serikat, Afrika Selatan, Filipina, Inggris, India, Indonesia, Jerman, Malaysia, Prancis, Singapura, Brunei Darussalam, Kamboja, Belanda, Thailand, Belgia, Tonga, Vietnam, Peru, Srilanka, Federasi Mikronesia, Vanuatu, Kepulauan Marshall, Britania Raya, Selandia Baru, Fiji, Pakistan, Kanada, Korea Selatan, dan Papua Nugini. (at)

 ⚓️ 
Indonesia Defense