Produksi Dalam Negeri Patkamla Posa ★
Danlantamal XIII TRK Laksma TNI Fauzi baru saja mengukuhkan satu alutsista baru TNI AL produksi Dalam Negeri (DN) yang akan memperkuat Lanal Balikpapan dalam melaksanakan operasi pengamanan jalur logistik laut IKN dan juga laut di wilayah kerja Lanal Balikpapan sepanjang garis pantai Kalimantan Timur (Kaltim).
Alutsista tersebut berupa Combat Boat yang diberi nama Patkamla Posa yang mampu beroperasi membawa 18 pasukan dengan laju 50 knots.
Laksma Fauzi berharap kehadiran Combat Boat ini akan mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Lanal Balikpapan.(*/1AL23)
✈ Pertama di Dunia ✈ Simulator Casa NC-212i (Dok. Dispenau)
Kapabilitas dan profesionalisme para penerbang TNI Angkatan Udara (TNI AU) kini dapat semakin terasah dengan keberadaan gedung simulator pesawat Casa NC-212i. TNI AU patut berbangga. Pasalnya, gedung ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di dunia.
Gedung simulator ini diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Jumat (13/1) dan diberi nama “Agung Priantoro”. Agung merupakan sosok penerbang Skadron Udara 4 yang gugur dalam insiden jatuhnya pesawat Casa 212 di Gunung Salak beberapa tahun silam. Untuk mengenang pengabdiannya, maka nama Agung diabadikan sebagai nama gedung simulator ini.
Fasilitas gedung simulator Casa NC-212i Agung Priantoro. (Dok. Dispenau)
Sebagai sarana pendidikan dan pelatihan, KSAU berpesan agar Wing 2 Lanud Abd dapat menyusun silabus, menyiapkan teknik mengajar serta menyiapkan instruktur yang berkompeten serta paham tentang sistem pesawat.
“Dengan dibangunnya gedung simulator pesawat NC-212i Agung Priantoro ini akan menunjang peningkatan profesionalisme dan kemampuan awak pesawat NC212i TNI AU secara signifikan, sekaligus meningkatkan keamanan dalam misi penerbangan para awak udara Skadron Udara 4,” tambah Fadjar seperti dikutip dari keterangan Dispenau.
Keberadaan gedung simulator ini sejatinya menjadi wujud kemandirian industri pertahanan nasional karena fasilitas Flight Training Device (FTD) yang terdapat di dalamnya merupakan hasil kreasi anak bangsa. (yas)
Setelah 47 tahun mengabdiHercules A-1312 [TNI AU] ✈️
Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., CSFA., menghadiri Tradisi Penghentian Operasi Pesawat C-130B Hercules A-1312, di Lanud Abdurrachman Saleh, Malang, Jumat (13/1/2023).
Dalam sambutannya Kasau mengatakan bahwa setelah 47 tahun pengabdian-nya, pesawat A-1312 telah berjasa besar bagi negeri ini melalui TNI Angkatan Udara, dalam mendukung berbagai operasi militer perang maupun operasi militer selain perang, di berbagai penjuru nusantara dengan aman dan selamat.
Kasau memberikan apresiasi kepada seluruh crew, teknisi, pendukung dan segenap jajaran, yang telah terlibat dalam menghantarkan pesawat Hercules A-1312 ini, sampai pada penghujung darma bakti-nya, dengan catatan yang sangat baik dan dengan sukses.
Kasau juga menyatakan bahwa TNI Angkatan Udara akan terus diperkuat dengan berbagai alutsista modern, salah satunya dalam waktu dekat akan hadir C-130J, Hercules type terbaru memperkuat TNI AU, menggantikan C-130B yg sudah habis usia pakainya.
Dalam catatan sejarah, kedatangan A-1312 adalah gelombang kedua armada C-130 Hercules yang diterima TNI AU pada bulan April 1975.
A-1312 sebelumnya memiliki nomer registrasi 60-0306 dan digunakan USAF dalam perang Vietnam yang kemudian dihibahkan ke Indonesia bersama A-1311 dan A-1313.
Yang Jatuh di Papua tahun 2019Ilustrasi SS1 Pindad ☆
Komandan Korem 172/Praja Wira Yakthi Brigadir Jenderal Juinta Omboh Sembiring mengatakan persenjataan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Pegunungan Bintang, Papua saat ini sebagian besar dari helikopter MI-17 yang jatuh pada 2019.
Reruntuhan helikopter MI-17 beserta jenazah kru dan penumpangnya ditemukan di Pegunungan Mandala, Distrik Oksop, Kabupaten Pegunungan Bintang, pada Februari 2020.
"Senjata yang diambil dari reruntuhan helikopter beserta amunisinya itu digunakan untuk menyerang warga sipil dan aparat keamanan," kata Sembiring, Jumat (13/1) dikutip dari Antara.
Oleh karena itu, katanya, pihaknya bekerja sama dengan Pemkab Pegunungan Bintang, tokoh masyarakat, dan tokoh agama untuk pendekatan pada KKB agar tak lagi mengganggu masyarakat.
"Segera menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan perbuatan yang telah dilakukan karena bila tidak maka TNI-Polri akan melakukan pengejaran dan penangkapan yang dilakukan secara terukur," ujarnya.
Sejak 7 Januari 2023, KKB melakukan sejumlah aksi teror dengan menembak dan membakar sejumlah fasilitas umum. Bangunan yang dibakar, yaitu gedung SMKN 1 dan Kantor Disdukcapil Pegunungan Bintang, serta menembaki pesawat sipil milik Ikairos.
Buru dua pimpinan KKB
Lebih lanjut, Sembiring menyatakan pasukan TNI-Polri tengah memburu dua pimpinan KKB, Ananias Mimin dan Nason Mimin yang kerap melakukan aksi teror.
"TNI-Polri akan melakukan pengejaran dan penangkapan dua pimpinan KKB yang selama ini melakukan aksi teror terhadap masyarakat," katanya.
Ananias Mimin merupakan Pimpinan Kodap XXXV Bintang Timur dan rekannya Nason Mimin saat ini yang melakukan aksi teror, baik itu pembakaran maupun penembakan di sekitar Oksibil.
"Saya sudah perintahkan kepada anggota untuk melakukan pengejaran dan menangkap mereka dengan terukur agar tak menimbulkan korban di masyarakat," ujarnya.
Pada 2019, sebuah helikopter MI-17 milik TNI yang membawa 12 penumpang dan kru mengalami kecelakaan dan jatuh saat penerbangan dari Oksibil ke Sentani, Papua.
Penumpang yang berasal dari Batalion Yonif 725/WRG berjumlah lima orang dan kru helikopter MI-17 sebanyak tujuh orang. Helikopter itu membawa 11 pucuk senjata terdiri atas tujuh jenis senapan serbu SS-1, tiga pistol, dan satu pelontar granat alias GLM beserta amunisinya. (Antara/fra)
Kapal Penjaga Pantai Terbesar di Dunia CCG 5901, Kapal 'Monster' Patroli China di ZEE Indonesia. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat) ★
China lagi-lagi melancarkan manuver agresif di Laut China Selatan dengan dilaporkan mengirim sejumlah kapal patroli terbesarnya ke perairan Natuna, Kepulauan Riau, pada 30 Desember lalu.
Laporan media Radio Free Asia dan BenarNews menuturkan kapal-kapal patroli China itu berlalu-lalang di zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia di perairan Natuna.
Menurut penelusuran Marine Traffic, CCG 5901 meninggalkan Pelabuhan Sanya di Hainan pada 16 Desember dan tiba di ZEE Indonesia di Natuna pada 30 Desember.
Kepada This Week Asia, Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Aan Kurnia, mengatakan bahwa pihaknya mengetahui keberadaan kapal-kapal China di Laut Natuna Utara.
"Bakamla telah memonitor informasi dan telah menyebarkan kabar itu ke sejumlah badan dan kementerian terkait jadi kementerian-kementerian tersebut akan memantau situasinya secara langsung," kata Aan.
"Bakamla sendiri berupaya mengerahkan kapal ke lokasi untuk menunjukkan integritas (wilayah RI) dengan kehadirannya di kawasan itu," paparnya lagi seperti dikutip The South China Morning Post.
Kapal China Coast Guard (CCG) 5901 menjadi kapal patroli terbesar di dunia mengalahkan kapal cruiser kelas Ticonderoga milik Angkatan Laut Amerika Serikat. CCG 5901 juga lebih besar dari kapal penghancur rudal Arleigh Burke AS.
Menurut Vessel Finder, kapal ini memiliki berat hampir 12 ribu ton dengan panjang 165 meter dan lebar 22 meter.
Kapal CCG 5901 bisa menempuh kecepatan maksimal sampai 25 knots. Kapal ini juga dilengkapi dengan senapan mesin 76 milimeter, dua senjata berat, dan dua senapan mesin anti-pesawat.
Kapal CCG 5901 juga memiliki landasan helikopter dan hanggar di buritan yang cukup besar untuk menampung pesawat sayap putar yang lebih besar.
Selain senjata berat, yang membuat CCG 5901 "menakutkan" adalah ukurannya yang raksasa jika dibandingkan dengan kapal-kapal patroli laut lainnya.
"Ukuran kapal memainkan peran besar saat ada konfrontasi antara pasukan penjaga pantai di lautan, terutama di Laut China Selatan. Banyak contoh "aksi saling seruduk" antara kapal yang mencoba menakuti kapal lainnya saat berpatroli," menurut laporkan The Diplomat. (rds/bac)
Divonis Hukuman Mati
Iran telah menjatuhkan hukuman mati kepada Alireza Akbari, mantan wakil menteri pertahanan, karena diduga menjadi mata-mata bagi Inggris. [Foto/Telegraph] ★
Iran telah menjatuhkan hukuman mati kepada seorang mantan pejabat kementerian pertahanan karena diduga menjadi mata-mata untuk Inggris. Demikian laporan kantor berita resmi Iran, IRNA.
"Alireza Akbari dinyatakan bersalah atas korupsi di bumi dan tindakan ekstensif terhadap keamanan internal serta eksternal Iran melalui transmisi informasi (ke Inggris),” menurut laporan IRNA seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (12/1/2023).
Untuk diketahui, Alireza Akbari menjabat sebagai wakil menteri pertahanan selama masa jabatan mantan presiden Mohammad Khatami (1997-2005).
Dilaporan oleh Iran bahwa Akbari, yang berkewarganegaraan Inggris, mengajukan banding atas hukuman tersebut tetapi banding tersebut ditolak oleh mahkamah agung Iran. Ini menunjukkan bahwa eksekusinya dapat terjadi dalam waktu dekat.
Dalam sebuah pernyataan, Kementerian intelijen Iran menggambarkan Akbari sebagai salah satu agen terpenting MI6. Dikataka bawah ia telah memberikan informasi berharga tentang Iran kepada badan intelijen Inggris.
IRNA tidak merinci tanggal penangkapan Akbari, tetapi BBC melaporkan bahwa dia ditangkap antara 2019 dan 2020.
Istri Akbari menyatakan keprihatinannya kepada outlet berita Inggris itu bahwa eksekusinya mungkin akan segera terjadi, karena dia dipindahkan ke sel isolasi pada Selasa malam, sebuah awal yang khas untuk eksekusi bagi terpidana mati di Iran.
Dia juga mengatakan kepada BBC bahwa seorang pejabat telah memintanya untuk datang ke penjaranya di Teheran untuk "pertemuan terakhir".
Akbari dikatakan sebagai rekan dekat Ali Shamkhani, yang merupakan menteri pertahanan dalam pemerintahan Khatami dan saat ini menjabat sebagai sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi, sebuah badan pembuat keputusan tertinggi.
Beberapa pengamat berpendapat bahwa tuduhan terhadap Akbari mungkin dimotivasi secara politis oleh saingan Shamkhani di dalam rezim.
Inggris Minta Dibebaskan
Inggris mendesak Iran untuk menghentikan eksekusi terhadap mantan pejabatnya, yang berkewarganegaraan ganda Inggris-Iran, yang dituduh menjadi mata-mata bagi London.
Mantan wakil menteri pertahanan Iran selama pemerintahan mantan presiden Mohammad Khatami (1997-2005), Alireza Akbari, ditangkap pada tahun 2019 lalu. Ia divonis hukuman mati oleh pengadilan Iran atas tuduhan korupsi dan memberikan informasi kepada Inggris.
Keluarga pria berkewarganegaraan ganda Inggris-Iran itu mengatakan bahwa pihak berwenang Iran sedang bersiap untuk mengeksekusinya. Istri Akbari, Maryam mengatakan, pihak keluarga telah diminta pergi ke penjara untuk kunjungan terakhir dan dia telah dipindahkan ke sel isolasi.
Menteri Luar Negeri Inggris James Cleverly mengatakan bahwa hukuman mati terhadap Akbari "bermotif politik" dan menyerukan pembebasannya segera.
“Iran harus menghentikan eksekusi warga negara Inggris-Iran Alireza Akbari dan segera membebaskannya,” tulis Cleverly di Twitter.
“Ini adalah tindakan bermotiv politik oleh rezim barbar yang sama sekali mengabaikan kehidupan manusia,” sambungnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (12/1/2023).
Sebelumnya, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan kepada BBC bahwa pihaknya mendukung keluarga Akbari dan telah berulang kali mengangkat kasusnya ke pihak berwenang Iran.
Ia telah meminta akses konsuler mendesak, tetapi pemerintah Iran tidak mengakui kewarganegaraan ganda bagi warga Iran.
Ketua Komite Urusan Luar Negeri House of Commons Inggris, Alicia Kearns, mengatakan berita dari keluarga Akbari "mengerikan".
"Sayangnya, ini adalah contoh mengerikan lainnya dari rezim Iran - karena mereka merasa terpojok, karena ada tekanan signifikan dari sanksi terhadap mereka - mempersenjatai warga negara Inggris dan melakukan industrialisasi penyanderaan," katanya kepada program PM Radio BBC 4 seperti dilansir dari kantor berita yang berbasis di Inggris itu.
Dia berspekulasi bahwa Akbari mungkin dipilih oleh kelompok garis keras untuk melemahkan Shamkhani, yang dia gambarkan sebagai "suara moderat yang telah menyerukan diskusi dan dialog sebagai tanggapan atas aksi protes saat ini. Para pemimpin Iran saat ini menggambarkan aksi itu sebagai "kerusuhan" dan menindak mereka dengan kekuatan mematikan.
BBC Persia pada hari Rabu menyiarkan pesan audio dari Akbari di mana dia mengatakan dia disiksa dan dipaksa untuk mengaku di depan kamera atas kejahatan yang tidak dia lakukan.
Dia mengatakan bahwa dia tinggal di luar negeri beberapa tahun yang lalu ketika dia diundang untuk mengunjungi Iran atas permintaan seorang diplomat top Iran yang terlibat dalam pembicaraan nuklir dengan kekuatan dunia.
Sesampai di sana, tambahnya, dia dituduh membeli informasi intelijen rahasia dari sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, Ali Shamkhani, dengan imbalan sebotol parfum dan kemeja.
Akbari bertugas di bawah Shamkhani ketika yang nama terakhir menjadi menteri pertahanan selama kepresidenan Mohammad Khatami, seorang reformis yang menjabat selama dua periode antara tahun 1997 dan 2005.
Beberapa jam setelah pesan audio disiarkan, kantor berita kejaksaan Iran Mizan mengkonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa Akbari dinyatakan bersalah melakukan spionase, dan Mahkamah Agung (MA) Iran telah menolak bandingnya.
MA Iran mengutip kementerian intelijen Iran yang mengatakan bahwa Akbari telah menjadi salah satu penyusup paling penting dari pusat-pusat sensitif dan strategis negara untuk Badan Intelijen Rahasia Inggris, yang lebih dikenal sebagai MI6, dan ia telah menyusun dan secara sadar mentransfer informasi sensitif.
Kementerian Iran mengklaim bahwa agennya mengungkap mata-mata Akbari dengan memberinya informasi palsu.
Pada akhir November, media pemerintah Iran melaporkan bahwa pihak berwenang telah menggantung empat orang yang dihukum karena "bekerja sama" dengan intelijen Israel.
Empat lainnya telah dieksekusi sejak Desember setelah dijatuhi hukuman mati sehubungan dengan protes anti-pemerintah yang melanda negara itu.
Iran telah menangkap puluhan warga Iran dengan kewarganegaraan ganda atau bertempat tinggal permanen di luar negeri dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar atas tuduhan mata-mata dan keamanan nasional.
Warga negara Inggris-Iran Nazanin Zaghari-Ratcliffe dan Anoosheh Ashoori dibebaskan dan diizinkan meninggalkan Iran tahun lalu setelah Inggris melunasi hutang lama ke Iran.
Namun, setidaknya dua warga Inggris-Iran lainnya tetap ditahan di samping Akbari, termasuk Morad Tahbaz, yang juga memegang kewarganegaraan AS. (ian)
Meningkat dibanding tahun sebelumnyaMedium Tank Harimau [Pindad] ★
Sepanjang tahun 2022, pencapaian kontrak on-hand holding DEFEND ID sebanyak Rp 83 triliun. Direktur Utama DEFEND ID, Bobby Rasyidin, mengatakan bahwa pihaknya telah menghasilkan peningkatan lebih dari 60% dibandingkan tahun 2021.
"Pencapaian DEFEND ID sangat luar biasa, di mana PT Pindad, PT Dirgantara Indonesia, dan PT Dahana memberikan kontribusi besar dalam pencapaian tersebut," kata Bobby dalam keterangan resminya, Selasa (3/1/2022).
Sebelumnya, kata Boby, DEFEND ID identik dengan warna merah yang memiliki makna power, peaceful, dan prosperity. "Diharapkan tahun 2023 dapat membawa prosperity untuk DEFEND ID dan di tahun 2024 DEFEND ID dapat menjadi Top 50 Global Defence Company," ungkapnya.
Adapun Direktur Keuangan dan SDM Indarto Pamoengkas juga mengungkapkan peran DEFEND ID bagi anggota holding ke depannya. DEFEND ID selaku strategic holding akan men-support resources yang ada, mendorong kolaborasi dan koordinasi holding, serta akan melakukan monitoring dan kontrol holding.
"Customer engagement DEFEND ID juga harus diperkuat," tegasnya.
Sementara itu, Direktur Bisnis dan Kerjasama holding, Wahyu Sofiadi, mengatakan, DEFEND ID harus meningkatkan dan mengembangkan strategic global partnership, meningkatkan kompetensi dan inovasi teknologi, meningkatkan TKDN, serta mengajak partner bisnis untuk melakukan investasi peningkatan produksi.
Senada, Tazar Marta Kurniawan selaku Direktur Teknologi Holding menilai, kemandirian perusahaan diawali dengan kemandirian teknologi yang dapat dicapai melalui inovasi teknologi.
Terkait kolaborasi Indhan pascaterbentuknya holding agar tidak menjadi kompetitor dalam berbisnis karena memiliki kemampuan bisnis yang sama, Indarto Pamoengkas mengatakan DEFEND ID sudah memiliki charter yang mengatur akan hal ini. Wahyu Sofiadi juga menambahkan ke depannya yang ada hanya kolaborasi dan sinergi antar anggota holding.
Jawaban kedua direksi PT Len Industri (Persero) sekaligus direksi holding ini sejalan dengan harapan dari Menteri BUMN Erick Thohir saat peresmian holding DEFEND ID. "Pak Erick mengatakan pembentukan DEFEND ID diharapkan dapat meminimalisasi terjadinya tumpang tindih fokus bisnis masing-masing anggota holding," pungkasnya.
♞ Warta Ekonomi
Berikut Spesifikasinya
Demo alat bidik optik dan senapan terbaru buatan PT Pindad, perusahaan industri pertahanan dalam negeri. (Dok. PT Pindad) ★
PT Pindad, perusahaan industri pertahanan dalam negeri resmi melaksanakan demo produk alat baru buatan mereka.
Dilansir dari website resminya, Rabu, (11/1) produk baru tersebut yaitu alat bidik optik hasil kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan EOS-T, senapan serbu AM-1, PC-816 V1 dan senapan penembak mahir DMR SPM-1.
“Produk alat bidik optik yang diuji terdiri dari Red Dot Sight, Laser Aiming Device, Magnifier, serta Teleskop Bidik yang diujikan pada beberapa produk senjata PT Pindad yaitu Pistol G2 Combat A1, Senapan Serbu PC-816 V1, Senapan Serbu AM-1, Senapan Serbu SS2-V4 A1, Senapan Penembak Mahir DMR SPM – 1 dan Senapan Penembak Runduk SPR-3,” tulis keterangan PT Pindad.
Sementara itu, untuk senapan serbu terbaru yaitu AM-1 dijelaskan memiliki spesifikasi kaliber 5.56 x 45 mm NATO dengan prinsip kerja Gas Operated dan Piston. Senapan ini memiliki Panjang laras 14,5 Inchi dilengkapi dengan popor teleskopik yang bisa direntangkan ke belakang (ditarik). Dan memiliki panjang total 881 mm pada keadaan popor terentang penuh dan 797 mm pada kondisi popor posisi normal. Sedangkan bobot senapan AM-1 adalah 3,25 kg, tergolong ringan dan memudahkan pengguna untuk mobilisasi dan mengoperasikan senjata. Dari segi desain, AM-1 menggunakan aim lock pada bagian hand guard untuk pengaplikasian aksesoris dan alat optic tambahan. Selain itu, AM-1 memiliki vertical grip untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan senapan serbu ini.
Untuk senapan PC 816 V1 memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan AM-1 dengan kaliber 5.56 x 45 mm NATO dan juga memiliki prinsip kerja Gas Operated dan Piston. Mode penembakan pada senapan serbu ini terdiri dari Semi dan Auto dengan bobot 3,3 kg. PC 816 V1 juga memiliki kapasitas magasin sebanyak 30 butir peluru dan memiliki Panjang total 802 mm pada kondisi popor normal dan 887 mm pada kondisi popor terentang penuh. Dilengkapi picatinny rail pada bagian handguard, PC 816 V1 memudahkan pengguna untuk mengaplikasikan berbagai aksesoris dan alat optik tambahan. Untuk versi standar, PC 816 V1 mengaplikasikan pisir dan pijera mekanis – flip up sebagai alat bidik.
Sementara itu untuk produk senapan penembak mahir DMR SPM-1 yang telah diperkenalkan kepada Presiden RI, Joko Widodo dan Menhan RI, Prabowo Subianto pada kegiatan Indo Defence 2022 lalu. Senapan ini menggunakan sistem kerja gas dengan kaliber 5.56 x 45 mm NATO dan panjang laras 500 mm. Berbeda dengan AM-1 dan PC 816, DMR SPM-1 memiliki ukuran yang lebih panjang, yaitu 1026 mm pada keadaan popor terentang dan 782 mm pada keadaan popor terlipat serta kapasitas magasen sebanyak 20 butir.
Sedangkan bobot DMR SPM-1 adalah 4,91 kg pada keadaan terisi dan 4,55 kg pada keadaan kosong. Secara performa, DMR SPM-1 mampu menembak 780 butir peluru per menit dengan jarak efektif 600 meter dengan menggunakan alat optik dan 400 meter menggunakan alat optik mekanik. (rr)
Strategi Aparat Tangkap Lukas EnembeInfografis [antara]
Menko Polhukam Mahfud MD mengungkap pendukung Lukas Enembe di Papua kian turun. Massa pendukung yang kian susut dijadikan strategi bagi aparat melakukan penjemputan paksa.
Hal ini diungkapkan Mahfud dengan mengukur transaksi pesanan nasi bungkus oleh Lukas untuk massa yang kerap berjaga di depan rumahnya.
"Kita punya juga catatan dari catering untuk makanan yang suka duduk-duduk di depan rumah itu sehari turun, sehari turun, kita menghitung tiap hari ada catatannya sehingga nangkapnya lebih gampang," kata Mahfud di Kompleks Kemenko Polhukam, Rabu (11/1).
Meskipun begitu, Mahfud menerangkan pengamanan yang maksimal di sana tetap dibutuhkan.
"Kita jelaskan makin hari makin berkurang sampai akhirnya juga tidak ada kecuali masyarakat adat kan gitu aja, berkurang-berkurang tapi kita tetap harus pengamanan maksimal," tegas Mahfud.
Selain itu, Mahfud juga menyampaikan pihaknya tidak menutup kemungkinan akan menangkap pihak lainnya yang terlibat dalam kasus ini.
"Kalau orang lain ya, ya mungkin aja kan namanya korupsi, kolusi kalau kolusi itu pasti melibatkan lebih dari satu orang, bisa lima, bisa tujuh, bisa macam-macam, sekarang kan baru dua," kata dia.
Sebelumnya, penangkapan terhadap Lukas berujung kericuhan di Papua. Massa pendukung Lukas menyerang markas Mako Brimob Kotaraja, Papua, dengan turut membawa panah dan senjata tajam.
Seorang simpatisan Lukas dilaporkan tewas tertembak usai terlibat kericuhan di area Bandara Sentani. KPK menetapkan Lukas sebagai tersangka bersama dengan Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka.
Lukas diduga menerima suap dari Direktur PT Tabi Bangun Papua (TBP) Rijatono Lakka terkait proyek infrastruktur di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua.
Atas perbuatannya, Rijatono disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) atau Pasal 5 ayat (2) dan Pasal 13 Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor). Sedangkan Lukas disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 dan Pasal 12B UU Tipikor. (nfl/ain)
♖ CNN
Bawa 2 Koper Senjata saat Melintas di Pos Penjagaan Terpadu PNP2 koper senjata api di sita polisi Filipina ☠
Seorang warga Indonesia ditangkap polisi Filipina membawa senjata api ilegal saat melintas di Pos penjagaan PNP Filipina Selatan, Sabtu, 7 Januari 2023.
Informasi yang beredar terkait penangkapan 1 WNI asal Papua Anton Gobay (29) dan 2 WN Filipina yaitu Michael Tino (25 thn) dan Jimmy Desales Abolde (53 thn) oleh kepolisian Filipina karena membawa senjata api ilegal berkekuatan tinggi di Barangay Nalus, Kabupaten Kiamba Sarangani, Filipina Selatan.
Ketiganya ditangkap saat sedang berusaha melintasi pos penjagaan terpadu PNP dengan menaiki tricyle (sejenis becak) oleh personel 1204th Mobile Company, Regional Mobile Force Battalion (MC, RMFB).
Dari 2 buah koper atau tas troli yang diperiksa ditemukan 10 pucuk senapan api laras panjang tipe Colt AR-15 kaliber 9mm PARA (5 buah di masing-masing koper); 20 buah magasin; dan 10 buah detachable riffle butt yang dipegang oleh Anton Gobay (WNI) dan Michael Tino (WN Filipina).
Ketika ditanya mengenai kelengkapan dokumen pendukung berupa surat kepemilikan senjata api tersebut dan dokumen lainnya tidak dapat menunjukkan.
Ketiganya lalu dibawa ke Kantor Polisi Kiamba untuk dilakukan pemeriksaan dan investigasi lebih lanjut.
Saat ini kasus tersebut dalam monitoring KBRI Manila dan KJRI Davao untuk dilakukan pendalaman tentang dugaan keterkaitannya dengan aktivitas kelompok Papua Merdeka.
Kapolri pun sudah memerintahkan Kadiv Hubinter untuk melakukan koordinasi ketat dengan otoritas setempat. Jika tidak ada kendala cuaca tampaknya kasus ini akan segera selesai.dikutip dari pemberitaan Editornews 9 Januari 2023.***
⚓️ Kapal Perang yang Bisa Jadi Dermaga Kapal perang Yinmahu (834) militer China [insider.com]
Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) kembali memamerkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) terbarunya, kapal perang jenis angkut Yinmahu (834). Kapal perang militer China ini baru saja dikerahkan dalam pelayaran uji coba.
Dalam laporan yang dikutip VIVA Militer dari China Military, kapal ini tak hanya berperan sebagai pengangkut perlengkapan tempur dalam jumlah besar.
Yinmahu (834) juga bisa membawa kapal perang seberat 100.000 ton dan bertindak sebagai kapal penyelamat. Yang lebih gila, Yinmahu bahkan bisa dijadikan dermaga dalam kondisi darurat.
Kapal ini mampu menenggelamkan dek kargon, agar kapal lain dapat mengapung di atasnya. Kemudian menguras pemberat untuk mengapung dan mengangkat beban.
Kapal perang Yinmahu (834)
Dengan begitu, kapal ini sangat memungkinkan untuk membawa kapal. Di ujung lain perjalanan, proses tersebut diulangi untuk menurunkan muatan.
Jika ada kapal perang yang rusak, kapal angkatan laut China ini juga dilengkapi dengan peralatan yang berfungsi sebagai bengkel terapung.
Sementara itu, stasiun televisi pemerintah China, CCTV, melaporkan perjalanan uji coba Yinmahu sejauh 1.000 mil atau sama dengan 1.609,3 kilometer. Sayangnya, rute perjalanan ini dirahasiakan untuk menjaga keamanan.
"Kemampuan pengiriman akurat kapal semi-submersible, dukungan multidimensi dalam kondisi yang mendekati pertempuran nyata," bunyi pernyataan CCTV.
"Itu tidak hanya meningkatkan kapasitas pengiriman jarak jauh kapal, tetapi juga memperluas jangkauan pengiriman laut lepas dari kedekatan ke perairan asing, dari kondisi umum hingga kondisi ekstrem," lanjut pernyataan tersebut.
Operasi Teknologi Modifikasi CuacaPesawat CN-295 yang dikerahkan oleh TNI AU untuk melaksanakan operasi TMC. (Dok. Dispenau)
TNI Angkatan Udara (TNI AU) kembali menggelar operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang bertujuan untuk menekan potensi tingginya curah hujan dan mengurangi dampak cuaca ekstrem yang terjadi di awal tahun 2023.
Dalam operasi ini, TNI AU mengerahkan pesawat CN-295 dengan nomor registrasi A-2901 dari posko TMC di Lanud Adisoemarmo, Solo. Pesawat diterbangkan oleh Captain Pilot Lettu Pnb Rafo, Copilot Lettu Pnb Gentar dan Lettu Pnb Fikry.
TNI AU telah menjalankan operasi TMC sejak 6 Januari 2023 dan menjalin kerja sama dengan BMKG, BRIN, serta BNPB. Selama lima hari beroperasi, mereka sudah berhasil menyemai sebanyak 13.520 kg garam (NaCl).
Persiapan dan koordinasi kru pesawat CN-295 sebelum melaksanakan operasi TMC. (Dok. Dispenau)
“Dalam sehari pesawat CN-295 melaksanakan penerbangan sebanyak 2 sorties dengan membawa 2.000 kg NaCl. Target yang menjadi “buruan” dalam operasi TMC adalah awan-awan hujan cumulus,” demikian dikutip dari keterangan Dispenau.
Dalam implementasinya, garam yang disemai bertujuan untuk mempercepat proses hujan agar segera jatuh di laut atau pantai sebelum memasuki wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Secara khusus, area sasaran TMC meliputi, pesisir pantai selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu samudera Hindia, Cilacap, Wonogiri, Pacitan, Blitar dan Tulungagung. Selain itu, TMC juga dilaksanakan di pesisir pantai utara Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu Brebes, Semarang, Jepara, Pati, Tuban, Gresik, Bondowoso, Blora, Madura, Surabaya, dan Banyuwangi. (yas)
N219N219 PTDI ☆
Industri kedirgantaraan menjadi solusi bagi Indonesia untuk menjadi negara maju ke depannya. Hal itu karena dari hasil kajian dan penelitian, hanya industri pesawat terbang yang bisa memberi nilai tambah terbesar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia secara berkelanjutan.
Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) pun meluncurkan Peta Jalan Pengembangan Ekosistem Industri Kedirgantaraan 2022-2045. Peta Jalan tersebut dapat menjadi panduan pelaksanaan kebijakan pembangunan untuk mewujudkan industri dirgantara nasional yang berdaya saing, serta membawa kemajuan, dan kesejahteraan bersama.
Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas, Amalia Adininggar Widyasanti menjelaskan, jika pemerintah ingin meningkatkan pendapatan per kapita masyarakat Indonesia secara konsisten, solusinya harus bisa mendorong PT Dirgantara Indonesia (PT DI) bersama seluruh pihak untuk mengembangkan pesawat terbang dalam negeri.
Dari kajian yang dilakukan Bappenas dan pemangku kepentingan lainnya, kata dia, Indonesia harus mau belajar dari Amerika Serikat (AS). Hal itu karena industri kedirgantaraan di AS menjadi industri dengan rata-rata upah terbesar kedua setelah sektor informasi dan teknologi (IT).
Atas dasar itu, Indonesia mau tidak mau harus membuat industri pesawat dalam negeri menjadi berjaya. Konsekuensinya, jika langkah itu berhasil maka pertumbuhan ekonomi tinggi bisa terus tercapai selama bertahun-tahun.
"Salah satu kunci kita bisa mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang hanya bisa dengan peningkatan produktivitas. Tanpa peningkatan produktivitas, Indonesia tidak bisa tumbuh tinggi secara berkelanjutan untuk jangka panjang," katanya di acara Indonesia Development Forum (IDF) 2022 bertema 'Reviving The Aerospace Industries Through Sustainable Aircraft Project in Indonesia' di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali pada 22 November 2022.
Amalia memaparkan, untuk mengembangkan tahapan industrialisasi di Indonesia, bisa dimulai dengan fokus kepada human capital intensive industry. Dia menyebutkan, jika pemerintah mampu mendorong industri pesawat terbang dalam negeri menggeliat maka industri terkait lainnya pasti ikut bergerak. Akibatnya, hal itu dapat menciptakan efek pengganda bagi perekonomian Indonesia.
Menurut Amalia, terpenting juga adalah, pengembangan pesawat terbang buatan dalam negeri mendukung proses adopsi teknologi untuk meningkatkan produktivitas ekonomi Indonesia. Dia mengungkapkan, pengembangan industri kedirgantaraan sudah masuk ke dalam dalam Visi Indonesia 2045.
Pada satu abad perayaan kemerdekaan RI nanti, sektor industri tersebut ditargetkan menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi dengan kontribusi 26 persen produk domestik bruto (PDB). Amalia menyadari, mengembangkan industri kedirgantaaraan bakal menghadapi besar. Sehingga persoalan itu tidak bisa diserahkan ke PT DI semata.
"Ini harus kita kerjakan secara callaborative effort. Kalau kita ingin meningkatkan daya saing secara cepat dan mendorong pertumbuhan ekonomi secara progresif paling penting, PT DI, pemerintah, akademisi, dan seluruh ekosistem kedirgantaraan harus bekerja sama bahu-membahu," kata Amalia.
Direktur Produksi PT DI Batara Silaban menyampaikan, pihaknya kini sedang mengembangkan pesawat N219 sebagai produk anak bangsa. Dia menegaskan, pesawat berkapasitas 19 penumpang tersebut betul-betul dari mulai proses merancang bangun, menjadi prototipe, hingga sertifikasi, dikerjakan oleh pegawai PT DI selaku putra-putri bangsa.
Rancang bangun pesawat N219 Amphibi (BPPT)
"Sudah jelas N219 ini menjadi satu aircraft project kita me-reviving industri yang ada, menjadikan N219 satu ikon membangun industri kedirgantaraan," kata Batara.
Dia menerangkan, latar belakang PT DI mengembangkan N219 adalah untuk menjangkau daerah-daerah yang memang sulit diakses transportasi lain. Karena itu, desain N219 dikhususkan untuk menjangkau daerah perintis dan area pegunungan yang memiliki bandara minim fasilitas.
"Desain N219 ini sesuai karakteristik kepulauan Indonesia. Selain konektivitas, N219 juga (bisa untuk) logistik di daerah perintis, konfigurasi juga bisa untuk pelayanan kesehatan dan bencana, serta sistem pertahanan, hingga mendukung industri pariwisata, bisa dikonfigurasi sesuai kebutuhan yang ada," ucap Batara.
Dia menyatakan, PT DI sudah mengidentifikasi dan memproyeksikan potensi kebutuhan pasar N219 di dalam negeri mencapai 131 pesawat. Angka itu terdiri 77 pesawat biasa dan 54 pesawat amfibi, yang bisa digunakan untuk pemerintah daerah (pemda), sektor pertahanan, hingga kelembagaan.
Batara bersyukur, PT Karya Logistik Indotama (KLI) sudah meneken kontrak pembelian 11 unit N219 saat perhelatan Indo Defence 2022. Pun TNI AD juga bakal memesan 10 unit dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) tiga unit.
Dengan kontrak di depan mata seperti itu, kata dia, PT DI tentu membutuhkan dukungan sumber pembiayaan agar bisa memenuhi pesanan. Jika masalah finansial terpenuhi, Batara yakin, PT DI dapat segera mengejar penerbangan pertama selama 24 bulan sejak sekarang atau dengan kata lain produk diserahterimakan pada medio 2024.
Dia menegaskan, jika pesawat N219 benar terwujud maka bakal memuat kandungan lokal sekitar 44,96 persen, yang itu melibatkan 19 industri lokal penyuplai komponen. Menurut Batara, apabila produksi N219 sudah berjalan maka pemerintah menargetkan dalam jangka tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) mencapai 60 persen.
Atas dasar itulah, PT DI meminta dukungan agar proyek N219 bisa berjalan lancar. Sehingga, proses pengerjaannya mampu memberi dampak luar biasa bagi perkembangan industri terkait. "Ini bisa memberi value added bagi semua pihak," ucap Batara.
Sementara itu, pakar penerbangan Ilham Habibie menyampaikan, teknologi kedirgantaraan sudah tergolong sebagai high tech. Meski begitu, ia berpesan kepada PT DI sebagai integrator perusahaan industri aviasi untuk mulai memperhatikan datangnya teknologi baru yang sedang dikembangkan di berbagai belahan dunia.
Walaupun belum ada kepastian, kata dia, namun ke depannya, teknologi pesawat tidak hanya mengandalkan avtur. Ilham berpesan agar PT DI bisa mengikuti teknologi terkini untuk mengantisipasi perubahan di kemudian hari. Tujuannya agar Indonesia bisa ikut beradaptasi ketika teknologi terbaru digunakan dalam industri penerbangan dunia.
"Suatu ketika pesawat terbang nanti bisa terbang dan tinggal landas sepenuhnya dari tenaga listrik atau sebagian, apa full elektrik atau hibrida, atau sama sekali berubah konsep menjadi hidrogen sebagai bahan bakar. Membuat industri kita ramah lingkungan dan ramah iklim sebuah keniscayaan, bukan hanya dampak tapi harus kita kembangkan," kata Ilham.
Cegah devisa keluar
N219 (PTDI)
Vice Chairman of CSE Aviation, Samudra Sukardi menjelaskan, Indonesia yang terdiri 270 juta penduduk dengan 17.000-an pulau memiliki sekitar 600 bandara (airport) dan lapangan terbang (airstrip). Dengan kondisi seperti itu maka kehadiran pesawat terbang bisa difungsikan menjadi jembatan udara, karena setiap wilayah tidak terhubung satu sama lain.
"Jembatan udara berarti transportasi udara. Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi provinsi atau daerah itu perlu transportasi udara di seluruh wilayah Indonesia," kata Samudra.
Dia menilai, Indonesia yang merupakan negara kepulauan membutuhkan satu pesawat penghubung (feeder aircraft) yang bertugas mengangkut penumpang dari kota kecil ke kota besar atau kota kecil ke kota kecil untuk dikumpulkan di kota besar. Sehingga, kehadiran pesawat N219 benar-benar menjadi sebuah kebutuhan yang harus segera dipenuhi.
Dengan hadirnya pesawat produksi PT DI maka dapat memasok kebutuhan dalam negeri yang cukup besar. Samudra menganggap, ukuran pesawat N219 yang sedang dikembangkan tersebut adalah hampir tidak memiliki pesaing di luar negeri, sehingga produknya dapat dengan mudah diserap pasar dalam negeri.
"Ini pesawat sulit ditiru. Singapura saja sulit meniru, ini jadi unggulan, karena mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, baik negara maupun provinsi. Ini mencegah keluarnya devisa," kata Samudra.
Dia mencontohkan, pemda di Papua selama ini membeli pesawat buatan luar negeri. Dengan begitu, ada uang yang keluar untuk pembayaran. Untuk itulah, pemda sebaiknya nanti membeli pesawat N219 untuk dioperasikan mengangkut penumpang atau barang di wilayah Papua.
"Dalam rangka membangun jembatan udara diperlukan penyatuan kebijakan dari semua departemen terkait menjadi terintegrasi, mendukung kepentingan ekosistem industri, dan memprioritaskan produk N219 sebagai unggulan sehingga multiplier effect akan terjadi. Marketnya harus didorong Kemenhan, Bakamla, pemda, jangan sampai mereka malah (beli) keluar, karena devisa ya ikut keluar," kata Samudra.
Cocok untuk Papua
Lapangan terbang Werur di Tambrauw, Papua Barat. (Flight Zona)
Direktur PT Aviasi Puncak Papua (APP) Samuel Resoeboen mengatakan, di Papua sebenarnya terdapat 700 airstrip. Hanya saja, baru sebanyak 300 airstrip yang terdatar dan punya sertifikat dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sebagian besar airstrip itu dibangun penduduk setempat, yang lokasinya berada di pegunungan dan panjang landasan di bawah 1.000 meter.
Dia pun membagikan pengalaman ketika harus naik pesawat perintis di beberapa lapangan terbang di Kabupaten Puncak Jaya yang lokasinya sangat menantang. Marome Airstrip, misalnya berada di ketinggian 6.200 kaki dengan panjang landasan 350 meter, Sinokla Airstrip di ketinggian 4.250 kaki dengan panjang landasan 566 meter, dan Hukimo Airtsrip di ketinggian 5.920 kaki dengan panjang landasan cuma 210 meter.
Dia memaparkan, kondisi geografis Kabupaten Puncak Jaya yang terdiri 26 distrik dan 206 kampung berada di ketinggian 2.600-4.000 meter. Akses masuk ke Kabupaten Puncak hanya bisa dilalui dengan pesawat. Jika memang PT DI bisa merampungkan N219 maka pasti pemda di Papua sangat tertarik untuk membelinya.
Dengan begitu, perputaran uang di Papua tetap berada di wilayah NKRI. Pihaknya pun siap untuk mempromosikan pesawat buatan anak bangsa itu ke berbagai pemda di Bumi Cenderawasih. Konsekuensinya, Samuel mengatakan, Kemenhub dan PT DI harus membuat fasilitas maintenance, repair, and overhaul (MRO) di Papua.
Hal itu agar proses perawatan pesawat bisa dilakukan tanpa perlu keluar pulau. Tidak hanya itu, Samuel mengaku, siap juga membantu memasarkan N219 ke negara tetangga yang lokasi geografisnya mirip dengan Papua.
"Negara tetangga kami Papua Nugini juga butuh banyak pesawat kayak N219, kita bisa bantu jualan di sana. Buka MRO (bengkel pesawat), banyak pesawat di Papua Nugini tidak ada apa-apa (bengkel) di sana, bisa datang ke kita untuk perawatan," kata Samuel.
Tidak lupa, Samuel mengingatkan, PT DI harus meminta izin kepada Kemenhub untuk melakukan uji terbang di Papua. Karena kalau N219 bisa berhasil melalui tes approval di Papua, ia meyakini, seluruh dunia akan berbondong-bondong membeli pesawat tersebut. Hal itu karena medan terbang di Papua sangat menantang dan bisa menguji ketangguhan pesawat.
"Karena memang kondisi begini, dia (pesawat) berhasil, semua orang tertarik, ini pesawat unggul. Kami punya tambahan empat provinsi baru dan pembangunan butuh pesawat lebih banyak, butuh pesawat kecil dan pasar N219 itu terbuka lebar," kata Samuel.