Rabu, 16 September 2015

★ Menawarkan Kemandirian Teknologi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhMzb4bn9EUHlqDX3f7cXQWNCdj5A6ILEUab69VppCoL51mHdm0CqoV3bXmjyeHRp0GSY68IdjVNIWHOf3hb1xtuXDElJC8Cos2eePebEA-onr9kyvFOVzR1ku-wyHY1Nx0pW3HP6W7feo/s400/kompas_2.pngAwak PT Technology and Engineering Simulation (TES) melakukan simulasi terbang menggunakan simulator pesawat tempur F-16 di bandung, Jawa Barat, awal September 2015. PT TES menjadi salah satu perusahaan swasta di bidang pertahanan yang memproduksi simulator dan produknya telah digunakan di dalam dan luar negeri (Kompas)

Di dalam kokpit pesawat tempur bertuliskan F-16, mata minus Ricky Wiradisurya (40) tajam menghadap angkasa di atas kota tanpa nama, awal September 2015. Kedua tangannya sibuk mengendalikan alat kontrol pesawat. "Kontrol pesawat ini sangat responsif. Cara mengemudikannya harus cermat apabila ingin memaksimalkan kekuatan pesawat ini," katanya.

Ricky bukan pilot pesawat tempur sebenarnya. Bagian pesawat F-16 yang dikemudikannya hanya setengah moncong dan ruang kemudi. Pemandangan kota juga adalah rupa digital yang terpampang dalam layar lebar cembung.

"Ini simulator pesawat tempur F-16. Karena dibuat mirip aslinya, secara teknis saya mungkin bisa mengemudikan pesawat sebenarnya. Namun, tentu tidak diizinkan karena tidak punya lisensi dan jam terbang khusus," katanya.

Simulator F-16 adalah satu dari beberapa simulator alat tempur yang dibuat PT Technology and Engineering Simulation (PT TES) Bandung, Jawa Barat. Ricky adalah satu dari beberapa tim pembuat simulator F-16 dari perusahaan industri pertahanan di Lembang ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwsFa6ghkdSDqZroVi0A0OgyWxPa0kksqh4kUC8iOfvnMd-HwHSpawIXcVuLZpqMs10osr_yRmdoSOjuUlm3DN7lUYxWvyGC4Iky8xVunAyUfePpCf_u1xRKUWjJv3dyR6nfVYY7LAVFQ/s400/211951_simulatortank1.jpgSimulator multi ranpur (Detik)

"Simulator F-16 ini sedang dalam tahap pengujian sebelum nantinya akan diserahkan kepada TNI Angkatan Udara. Kami juga tengah mendalami penjajakan konten lokal untuk Sukhoi," ujar Direktur PT TES Deny Isnanto.

Deny yakin simulator buatan anak negeri memiliki masa depan cerah. Negara pengguna bisa menghemat biaya pengadaan alat tempur, menjamin keamanan personel tempur saat melatih, hingga mengurangi ketergantungan teknologi dari negara lain. "Negara yang kuat di sektor pertahanan tempurnya jarang menggunakan alat tempur sebenarnya untuk latihan. Simulator jadi solusi menyiapkan diri lebih tangguh," katanya.

PT TES didirikan tahun 2004 oleh beberapa mantan karyawan PT Dirgantara Indonesia (DI), jejak PT TES lebih dulu dikenal di Malaysia. Saat banyak kalangan dalam negeri belum percaya, Pemerintah Malaysia menyediakan dana riset meningkatkan kualitas simulator pesawat tempur Hawk tahun 2006 dan diikuti simulator tank ACV300.

"Malaysia mengenal keunggulan produk Indonesia lewat simulator CN-235 buatan PT Dirgantara Indonesia tahun 2004," kata Deny yang pernah menjabat Manager Simulation Technology PT DI.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg3lVtwpUNXP4DDNqjW-8Gozuv9XVYSz11pTg0hlGPJd6Ut8ABYjHXeFKnOd_aJmCG3qud9HADBSLlD46Jcx0rg0H2RoxQ_dTEmoX5TAGeZhsAG0BtLv86YNdWjfW-KDnEVLQKjoSCutAk/s400/simulator_bell_412.jpgSimulator Bell 412 TNI AD (pusdikpenerbad)

Kepercayaan itu memicu TNI menggunakan teknologi yang sama beberapa tahun kemudian. PT TES diminta membuat simulator bagi Hawk, simulator helikopter Super Puma NAS 332, serta helikopter Bell 412. Selain itu ada juga simulator multi kendaraan tempur (multiranpur) untuk tank FV101 Scorpion dan AMX 13. "Keberadaan simulator multiranpur ini lebih hemat biaya. Satu simulator bisa digunakan untuk dua kendaraan tempur," katanya.

Deny yakin kualitas teknologi simulator buatan Bandung ini tak kalah dari produsen Kanada, Inggris, Perancis, dan Rusia. Satu-satunya perbedaan hanya dalam besaran omzet perusahaan. "Kami siap bersaing. Dengan kualitas seimbang, harganya 25 persen lebih murah," katanya.

Menurut Deny, produk yang dibuat tidak semata-mata bicara seputar keuntungan finansial. Pemerintah bisa menyelamatkan masa depan apabila mendukung produksi dalam negeri. Dia mencontohkan kemampuan anak-anak muda Indonesia yang bekerja di PT TES. Saat ini, sebanyak 50 orang dari 70 karyawan berusia di bawah 40 tahun. Ketimbang menerima tawaran dari luar negeri, anak muda itu memilih berkarya di Tanah Air sendiri.

 Mandiri 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj3yiimXCLkKJGGDxrpi_ksnfm3HBPCkHMQzW1oErG9BGWg4Tj6yl02jJsS1usPXP5_egeL4WvreyFWxhDl0l8vrnEfPqb7LRufmbbw1xlLXum-DbZqM60gvx8MFJKgbu25-KoxLWNP7BQ/s400/uavindo.pngOctorotor Surveillance System buatan PT Uavindo (Uavindo)

Semangat yang sama ditunjukkan Robert Bessie (35) dan Ricardo Pandiangan (27) saat menguji kemampuan pesawat terbang nirawak (UAV) baling-baling yang dibuat PT. UAVINDO, perusahaan swasta bidang pertahanan di Bandung, tempat keduanya bekerja.

Empat baling-balingnya diperiksa satu per satu. Perangkat lunak hingga sambungan antarkabel yang dipasang melilit tubuh UAV yang masuk kategori berteknologi menengah hingga tinggi itu. Dengan kecepatan 15 meter per detik, banyak hal bisa dilakukan, mulai dari pemetaan kawasan hingga pemantauan beragam kondisi dari udara.

Direktur Uavindo Djoko Sardjadi mengatakan, UAV baling-baling adalah satu dari beberapa UAV yang dibuat Uavindo. Mirip dengan PT TES, produk Uavindo lebih dikenal di luar negeri. Di Jepang, Uavindo ikut membantu Josaphat Microwave Remote Sensing Laboratory (JMRSL) Universitas Chiba di Jepang membangun pesawat tanpa awak JX-1. Pesawat ini ikut membantu JMRSL melakukan penginderaan jarak berbasis gelombang mikro.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg87dBUHIlfx0gMX6B1cl7L9RorkbC2arMj_Lw6APehvehcX4NJ7yKcCNjj86Qd8rNYcTd5a9Q4Ys4mbXQpskVkPFUIjL3krPvB3L83_s0uVr-alLE38VCLNpzyvDdgcCAaI22Ts5tMKS4/s400/UAVTestFlight1.pngJX-1 UAV JMRSL (Liputan6)

"Alat ini juga bisa dikembangkan untuk pemetaan di Indonesia, mulai dari potensi sumber daya alam, kewilayahan, hingga pemetaan areal rawan kebakaran hutan," katanya.

Di Universitas King Fahd, Arab Saudi, karya Uavindo berupa terowongan angin (wind tunnel) untuk pengujian aerodinamika juga digunakan. Kini, Uavindo diajak memperbarui terowongan udara di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Terowongan ini diproyeksikan menguji pesawat buatan PT DI, N-219.

Produk buatan anak negeri itu juga bisa menghemat pengeluaran negara. Ronald Bessie, Direktur Operasional Uavindo, mengatakan, pihaknya sudah dibuktikan lewat mobil Mata Garuda yang kini dimanfaatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Mata Garuda dijejali teknologi mutakhir, mulai dari sensor topografi dan inersial hingga kamera resolusi tinggi. "Teknologi ini akurat menentukan titik mana yang rusak dan perbaikan apa yang harus dilakukan. Cara ini jelas menghemat anggaran perbaikan jalan," ujarnya.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgaJwejBnTwFN89_6xuVT1Ba-eP5GwYxtvOvKWVgcNKqm19cVA-O2dKnqhv5B5PxDKpBmeW0osguxfVL8UsNs3lcwg6i8mFzj7z2r-BDor87x3kfrCCYg2J9gNrAtdMjwyCGLOKyv_rix8/s400/MTD25.pngMTD-25 target drone (Uavindo)

Seperti belum cukup, sektor pengembangan minat pendidikan dunia penerbangan yang terinspirasi dari teknologi pertahanan juga bisa coba direbut lewat penerapan simulator terjun bebas (skydiving tunnel).

Teknologi itu sudah diterapkan di Australia dan Singapura. Di balik penyediaan wahana itu untuk rekreasi, kemungkinan besar ada misi besar yang ingin dicapai, memupuk kecintaan pada pengembangan teknologi penerbangan ke depan. "Kami sudah memulainya dengan membuat teknologi simulator terjun bebas untuk Komando Pasukan Khusus di Batujajar, Bandung Barat," katanya.

Indonesia punya anak-anak bangsa yang piawai menguasainya. Giliran pemerintah yang menentukan pilihan, berdiri bersama mereka atau bergantung kepada bangsa lain. (Kompas)

  defense studies  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.