Jelas Banyak ManfaatF16 dengan CFT
Bahan bakar adalah momok yang selalu ada yang membayangi setiap pilot. Terutama untuk jet tempur taktis yang dikenal boros dan tidak banyak membawa bahan bakar banyak. Conformal Fuel Tank (CFT) atau tanki tambahan yang dipasang menyatu dengan pesawat telah menjadi cara yang semakin populer untuk menambahkan kemampuan bahan bakar. Salah satunya telah digunakan pada F-16. Penambahan CFT tidak lantas menjadikan pesawat tempur kehilangan kecepatan dan kelincahan. Banyak operator memanfaatkan CFT di F-16 blok 50/52. Tetapi anehnya kenapa justru Amerika tidak menggunakan teknologi ini di F-16 model terakhir?
Conformal Fuel Tank tidak hanya domain dari model akhir F-16. F-15 juga telah lama diuntungkan dengan CFT. Teknologi ini juga tengah dalam pembangunan untuk Gripen, Super Hornet, Rafale, Ching Kuo dan Eurofighter. Versi lanjutan dari MiG-29 juga telah dilengkapi dengan tangki bahan bakar konformal punggung dan J-10 China memiliki opsi untuk memiliki CFT.
CFT di F-16 memiliki berat hanya 900 pounds per set dan dapat membawa 450 galon atau sekitar 3,050 pounds, bahan bakar jet. Untuk diketahui F-16 memiliki bahan bakar internal sebesar 7.000 pon. Artinya CFT akan menambah kenaikan bahan bakar hingga 43,5 persen. Di samping CFT tidak perlu mengambil tempat di bawah sayap sehingga tidak mengurangi jumlah senjata yang bisa dibawa.
Pilot secara eksplisit telah menyatakan CFT hanya memiliki dampak kecil pada kemampuan tempur Viper yang dikenal kinerja tinggi. Mayor Timothy McDonald, pilot uji Angkatan Udara AS yang menguji F-16 dengan CFT di Eglin AFB mengatakan:
”CFT memiliki sedikit efek buruk pada kinerja F-16. Satu set CFT membawa bahan bakar 50 persen lebih dari tangki bahan bakar eksternal centerline [yang dibawa di bawah sayap], tetapi hanya 12 persen dari drag. Pesawat mempertahankan kemampuan 9-G dan kemampuan penerbangan penuh dengan CFT. Dampak tarik sangat kecil, kurang dari satu persen dalam konfigurasi tempur pada kondisi pelayaran.”
Stephen Barter, Lockheed pilot proyek CFT pada saat mereka dikembangkan juga menyatakan: “Kualitas terbang dari F-16 dengan CFT dasarnya tidak berubah jika dibandingkan dengan pesawat non-CFT. Ketika dalam kondisi penerbangan tempur, seolah-olah CFT bahkan tidak ada.”
CFT F-16 dirancang untuk menambah kemampuan penerbangan jet, hingga 9 G, sudut maksimum serangan, menukik dan tingkat roll maksimum dan mereka hampir tidak memiliki dampak pada manuver atau kecepatan di bawah satu mach, di mana jet tempur menghabiskan sebagian besar mereka waktu. Bahkan di atas mach satu, mereka juga tidak terpengaruh.
Israel, Turki, Polandia, Yunani, Maroko, Pakistan, Oman, Singapura dan UEA semua aktif menggunakan CFT pada armada F-16 mereka, AS justru melewati pilihan ini. Padahal F-16 USAF tidak pernah terbang dalam pertempuran tanpa beberapa tangki bahan bakar eksternal, yang sangat menghambat kinerja jet. Lalu kenapa tidak memilih CFT?Logika USAFF-16 Amerika tanpa CFT
Tampaknya USAF menggunakan beberapa logika ketika pengadaan armada F-16 Blok 50/52 mereka, yang merupakan top-of-the-line, F-16 termuda di persediaan Angkatan Udara.
Sebagaimana ditulis Foxtrot Alpha USAF memilih tidak menggunakan CFT karena sudah memiliki begitu banyak pesawat tanker. Selain itu, dalam pertempuran udara utama mereka tidak perlu stasiun senjata tambahan yang dibebaskan ketika menggunakna CFT. Mereka hanya dapat menetapkan F-16 untuk menyerang objek yang memang sudah ditargetkan sejak awal. Untuk misi serang jarak jauh mereka dapat menggunakan F-15E atau bahkan bomber.
Pembenaran ini, dan fakta bahwa meskipun CFT tidak menghambat line maintenance harian dan inspeksi ketika dipasang ke pesawat mereka mengambil beberapa jam untuk menghapus tugas berat servis dan fase inspeksi, tampaknya seluruh alasan di balik tidak dipasangnya CFT di Viper mereka.
Secara logika memang benar bahwa AS memiliki jumlah pesawat tanker yang sangat banyak. Jumlahnya sekitar 450, dengan 59 adalah KC-10 Extender dan sisanya KC-135R Stratotankers. Pesawat ini juga dapat digunakan untuk misi kargo tetapi terutama mereka menyediakan pengisian bahan bakar untuk pesawat militer AS dan sekutu.
Tetapi juga harus diingat F-16 masih merupakan tulang punggung kemampuan tempur udara taktis Angkatan Udara, dengan lebih dari 900 unit masih dalam pelayanan bahkan setelah banyak skuadron ditutup karena pemotongan anggaran.
Lebih dari 250 armada ini adalah F-16CJ Blok 50/52 yang disampaikan dengan opsional pemasangan CFT. Dengan kata lain, sekitar 30 persen dari F-16 paling canggih USAF bisa dengan mudah dipasang dengan CFT. Dan mereka memiliki misi berat seperti “Wild Weasel” yakni untuk masuk ke medan pertempuran pertama guna membunuh sistem pertahanan udara lawan sebelum pesawat lain masuk dengan aman. Misi ini menuntut kemampuan dukungan penting yang diperlukan untuk menjamin keamanan kedua pesawat pendek berkisar dan panjang berkisar melawan musuh bahkan dengan sistem pertahanan udara yang belum sempurna.
Sebenarnya F-16, dengan jangkauan yang terbatas “bekerja dalam proses” Harm Targeting System (HTS), tidak pernah cocok untuk misi ini. Dan mereka dipilih untuk misi tersebut setelah upgrade avionik dan senjata selama dekade terakhir. Penambahan 40 persen atau lebih bahan bakar internal akan membantu membuat jet mampu melakukan misi Wild Weasel.
Menambahkan hampir 50 persen bahan bakar internal untuk 25 persen armada F-16 USAF menawarkan manfaat, baik taktis dan strategis. Pertama, sangat meningkatkan waktu berkeliaran dan jangkauan. Hal ini akan memungkinkan ini F-16 untuk tidak selalu dekat dengan kapal tanker udara seperti sekarang. Apalagi pesawat tanker harus berangkat setiap jam untuk mengisi bahan bakar sementara atas area pertempuran, yang sangat mempersulit perencanaan dan dapat meninggalkan lubang di daerah kunci dari medan perang. Hal ini sangat penting ketika menjalankan misi dukungan udara (CAS) dan Wild Weasel.
Pada misi jarak pendek dan menengah, dengan CFT berarti bisa lebih manuver, kurang dan lebih banyak senjata yang tersedia pesawat bila dibandingkan dengan menerbangkan F-16 dengan tanki eksternal di bawah sayap. Pada misi jangka panjang, di mana underwing tank drop dipasangkan dengan CFT, itu berarti juga meningkatkan rentang terbang.Bunuh Tanker dan Semua SelesaiTanpa CFT sangat tergantung pada tanker
Adapun gagasan bahwa kekuatan tanker besar Angkatan Udara membuat CFT kurang relevan, ini tampak seperti tampilan yang sangat dekat terlihat di peningkatan kemampuan CFT yang ditawarkan, dan itu terlihat agak kuno di realitas saat pertempuran udara.
Armada tanker Amerika akan mengikis dalam jumlah dari waktu ke waktu. KC-135, banyak yang berusia lebih dari 50 tahun, tidak bisa terbang selamanya, dan mencari dana untuk mengganti mereka dengan KC-46 sepertinya tidak akan sampai pada jumlah yang sama. Bahkan pengadaan KC-10 Extender telah berada di bawah anggaran akhir-akhir ini hanya karena biaya operasi mereka.
Untuk diketahui USAF sedang dalam jalur untuk mendapatkan lebih dari 1700 F-35A yang masing-masing membawa lebih dari dua setengah kali bahan bakar internal F-16. Ini tidak akan menjadi masalah jika jet siluman ini akan lebih dua kali lipat juga dalam jangkauan atau radius tempur. Tetapi yang terjadi tidak demikian. Pesawat tempur F-35 juga akan sangat tergantung pada gas tanker untuk mencapai misi mereka seperti F-16, Bahkan mereka akan lebih mudah haus. Hal ini akan memberikan tekanan lebih besar pada armada tanker untuk semakin cepat menyusut selama konflik di masa depan.
Apalagi jika Amerika meningkatkan kehadirannya di poros Pasifik di mana penerbangan jarak jauh adalah tantangan terbesar untuk diatasi. Membiarkan F-16C / D Block 50/52 untuk beroperasi lebih mandiri tanpa tanker di wilayah yang sangat luas jelas bukan keputusan logis.
Tetapi juga ada masalah kerentanan tanker, karena mereka adalah target besar yang tidak mampu membela diri, dan bertugas dengan operasi dalam beberapa ratus mil dari wilayah tempur. Selama perang melawan musuh dengan kemampuan tinggi ini bisa berarti jet tempur harus terbang jauh keluar medan pertempuran untuk mengisi bahan bakar sebelum kembali ke wilayah perang. Banyak hal yang terjadi dalam perjalanan panjang itu termasuk situasi pertempuran yang berubah, dan target yang bergerak cepat.
Juga perlu diingat bahwa untuk melayani Pasifik yang luas ketika terjadi pertempuran maka sebenarnya mudah bagi musuh untuk mengalahkan Amerika. Cukup bunuh pesawat tanker maka pesawat tempur yang sedang terbang otomatis akan terbunuh karena kehabisan bahan bakar di udara.Padahal Lebih MurahDari sisi biaya. Biaya untuk mengisi bahan bakar di udara sekitar dari US$ 25 - US$ 35 per galon (beberapa mengklaim itu adalah lebih dekat ke $ 50). Sementara jika mengisi bahan bakar di darat hanya sekitar sekitar US$ 5 sampai US$ 6. Selama operasi perang intensitas rendah berkelanjutan atau selama pelatihan, pesawat lebih mengandalkan bahan bakar berbasis darat dari pada kapal tanker karena memang jauh lebih ekonomis. Hal ini juga akan menawarkan lebih banyak waktu per sortie selama pelatihan ketika aset pengisian bahan bakar udara tidak digunakan. Ini berarti kurang pesawat “bergiliran” dan efisiensi yang jauh lebih besar ketika pilot mendapatkan jam pelatihan mereka dibutuhkan. Sorties kurang, tetapi yang lebih panjang, juga lebih mudah pada perangkat keras.
Dengan berbagai fakta itu memang memunculkan pertanyaan apakah alasan Amerika untuk tidak menggunakan CFT adalah masuk akal? Apalagi CFT bersifat bisa dilepas. Untuk operasi tertentu, jika memang dianggap tidak perlu, CFT dapat dilucuti dan dipasang kembali untuk misi yang memang membutuhkan bahan bakar lebih banyak.
Misalnya, di Afghanistan, di mana misi CAS adalah kunci dan tidak ada ancaman rudal udara ke udara atau darat ke udara dari musuh. Dengan mengangkut bahan bakar 40 persen lebih banyak dan bisa membawa lebih banyak senjata jelas menjadi kelebihan yang masuk akal. Bahkan jika operasi tempur, di mana ada rudal permukaan ke udara dan udara ke udara dari lawan, hanya sedikit pengaruh CFT terhadap kelincahan dan kinerja pesawat.
Selain itu saat ini ada di zaman ketika rudal udara ke udara bisa diluncurkan dari jarak sehingga pertarungan jarak dekat yang membunuhkan manuver gila semakin tidak diperlukan.
Klaim bahwa USAF hanya akan menggunakan F-16 untuk mengambil target yang telah ditetapkan dan memenuhi sejumlah set patroli dinilai Foxtrot Alpha sangat ceroboh. Hanya karena aset yang tersedia itu tidak berarti penggunaannya diperlukan. Mengapa menempatkan lebih kru dan bahan beresiko daripada yang Anda benar-benar harus selama waktu perang? Terutama mengingat bahwa kehilangan satu F-16 akan berakhir dengan proses yang makin berisiko karena harus menggelar operasi pencarian dan penyelamatan.
Persoalan semakin aneh karena F-16 termuda Amerika masih akan terus melayani selama beberapa dekade yang akan datang. Bahkan kemungkinan akan mengambil sebagian besar peran F-35 demi alasan efisiensi. Jadi apakah Amerika tetap tidak akan menggunakan CFT di Viper-nya? Mari kita tunggu. [Foxtrot Alpha]
Bahan bakar adalah momok yang selalu ada yang membayangi setiap pilot. Terutama untuk jet tempur taktis yang dikenal boros dan tidak banyak membawa bahan bakar banyak. Conformal Fuel Tank (CFT) atau tanki tambahan yang dipasang menyatu dengan pesawat telah menjadi cara yang semakin populer untuk menambahkan kemampuan bahan bakar. Salah satunya telah digunakan pada F-16. Penambahan CFT tidak lantas menjadikan pesawat tempur kehilangan kecepatan dan kelincahan. Banyak operator memanfaatkan CFT di F-16 blok 50/52. Tetapi anehnya kenapa justru Amerika tidak menggunakan teknologi ini di F-16 model terakhir?
Conformal Fuel Tank tidak hanya domain dari model akhir F-16. F-15 juga telah lama diuntungkan dengan CFT. Teknologi ini juga tengah dalam pembangunan untuk Gripen, Super Hornet, Rafale, Ching Kuo dan Eurofighter. Versi lanjutan dari MiG-29 juga telah dilengkapi dengan tangki bahan bakar konformal punggung dan J-10 China memiliki opsi untuk memiliki CFT.
CFT di F-16 memiliki berat hanya 900 pounds per set dan dapat membawa 450 galon atau sekitar 3,050 pounds, bahan bakar jet. Untuk diketahui F-16 memiliki bahan bakar internal sebesar 7.000 pon. Artinya CFT akan menambah kenaikan bahan bakar hingga 43,5 persen. Di samping CFT tidak perlu mengambil tempat di bawah sayap sehingga tidak mengurangi jumlah senjata yang bisa dibawa.
Pilot secara eksplisit telah menyatakan CFT hanya memiliki dampak kecil pada kemampuan tempur Viper yang dikenal kinerja tinggi. Mayor Timothy McDonald, pilot uji Angkatan Udara AS yang menguji F-16 dengan CFT di Eglin AFB mengatakan:
”CFT memiliki sedikit efek buruk pada kinerja F-16. Satu set CFT membawa bahan bakar 50 persen lebih dari tangki bahan bakar eksternal centerline [yang dibawa di bawah sayap], tetapi hanya 12 persen dari drag. Pesawat mempertahankan kemampuan 9-G dan kemampuan penerbangan penuh dengan CFT. Dampak tarik sangat kecil, kurang dari satu persen dalam konfigurasi tempur pada kondisi pelayaran.”
Stephen Barter, Lockheed pilot proyek CFT pada saat mereka dikembangkan juga menyatakan: “Kualitas terbang dari F-16 dengan CFT dasarnya tidak berubah jika dibandingkan dengan pesawat non-CFT. Ketika dalam kondisi penerbangan tempur, seolah-olah CFT bahkan tidak ada.”
CFT F-16 dirancang untuk menambah kemampuan penerbangan jet, hingga 9 G, sudut maksimum serangan, menukik dan tingkat roll maksimum dan mereka hampir tidak memiliki dampak pada manuver atau kecepatan di bawah satu mach, di mana jet tempur menghabiskan sebagian besar mereka waktu. Bahkan di atas mach satu, mereka juga tidak terpengaruh.
Israel, Turki, Polandia, Yunani, Maroko, Pakistan, Oman, Singapura dan UEA semua aktif menggunakan CFT pada armada F-16 mereka, AS justru melewati pilihan ini. Padahal F-16 USAF tidak pernah terbang dalam pertempuran tanpa beberapa tangki bahan bakar eksternal, yang sangat menghambat kinerja jet. Lalu kenapa tidak memilih CFT?Logika USAFF-16 Amerika tanpa CFT
Tampaknya USAF menggunakan beberapa logika ketika pengadaan armada F-16 Blok 50/52 mereka, yang merupakan top-of-the-line, F-16 termuda di persediaan Angkatan Udara.
Sebagaimana ditulis Foxtrot Alpha USAF memilih tidak menggunakan CFT karena sudah memiliki begitu banyak pesawat tanker. Selain itu, dalam pertempuran udara utama mereka tidak perlu stasiun senjata tambahan yang dibebaskan ketika menggunakna CFT. Mereka hanya dapat menetapkan F-16 untuk menyerang objek yang memang sudah ditargetkan sejak awal. Untuk misi serang jarak jauh mereka dapat menggunakan F-15E atau bahkan bomber.
Pembenaran ini, dan fakta bahwa meskipun CFT tidak menghambat line maintenance harian dan inspeksi ketika dipasang ke pesawat mereka mengambil beberapa jam untuk menghapus tugas berat servis dan fase inspeksi, tampaknya seluruh alasan di balik tidak dipasangnya CFT di Viper mereka.
Secara logika memang benar bahwa AS memiliki jumlah pesawat tanker yang sangat banyak. Jumlahnya sekitar 450, dengan 59 adalah KC-10 Extender dan sisanya KC-135R Stratotankers. Pesawat ini juga dapat digunakan untuk misi kargo tetapi terutama mereka menyediakan pengisian bahan bakar untuk pesawat militer AS dan sekutu.
Tetapi juga harus diingat F-16 masih merupakan tulang punggung kemampuan tempur udara taktis Angkatan Udara, dengan lebih dari 900 unit masih dalam pelayanan bahkan setelah banyak skuadron ditutup karena pemotongan anggaran.
Lebih dari 250 armada ini adalah F-16CJ Blok 50/52 yang disampaikan dengan opsional pemasangan CFT. Dengan kata lain, sekitar 30 persen dari F-16 paling canggih USAF bisa dengan mudah dipasang dengan CFT. Dan mereka memiliki misi berat seperti “Wild Weasel” yakni untuk masuk ke medan pertempuran pertama guna membunuh sistem pertahanan udara lawan sebelum pesawat lain masuk dengan aman. Misi ini menuntut kemampuan dukungan penting yang diperlukan untuk menjamin keamanan kedua pesawat pendek berkisar dan panjang berkisar melawan musuh bahkan dengan sistem pertahanan udara yang belum sempurna.
Sebenarnya F-16, dengan jangkauan yang terbatas “bekerja dalam proses” Harm Targeting System (HTS), tidak pernah cocok untuk misi ini. Dan mereka dipilih untuk misi tersebut setelah upgrade avionik dan senjata selama dekade terakhir. Penambahan 40 persen atau lebih bahan bakar internal akan membantu membuat jet mampu melakukan misi Wild Weasel.
Menambahkan hampir 50 persen bahan bakar internal untuk 25 persen armada F-16 USAF menawarkan manfaat, baik taktis dan strategis. Pertama, sangat meningkatkan waktu berkeliaran dan jangkauan. Hal ini akan memungkinkan ini F-16 untuk tidak selalu dekat dengan kapal tanker udara seperti sekarang. Apalagi pesawat tanker harus berangkat setiap jam untuk mengisi bahan bakar sementara atas area pertempuran, yang sangat mempersulit perencanaan dan dapat meninggalkan lubang di daerah kunci dari medan perang. Hal ini sangat penting ketika menjalankan misi dukungan udara (CAS) dan Wild Weasel.
Pada misi jarak pendek dan menengah, dengan CFT berarti bisa lebih manuver, kurang dan lebih banyak senjata yang tersedia pesawat bila dibandingkan dengan menerbangkan F-16 dengan tanki eksternal di bawah sayap. Pada misi jangka panjang, di mana underwing tank drop dipasangkan dengan CFT, itu berarti juga meningkatkan rentang terbang.Bunuh Tanker dan Semua SelesaiTanpa CFT sangat tergantung pada tanker
Adapun gagasan bahwa kekuatan tanker besar Angkatan Udara membuat CFT kurang relevan, ini tampak seperti tampilan yang sangat dekat terlihat di peningkatan kemampuan CFT yang ditawarkan, dan itu terlihat agak kuno di realitas saat pertempuran udara.
Armada tanker Amerika akan mengikis dalam jumlah dari waktu ke waktu. KC-135, banyak yang berusia lebih dari 50 tahun, tidak bisa terbang selamanya, dan mencari dana untuk mengganti mereka dengan KC-46 sepertinya tidak akan sampai pada jumlah yang sama. Bahkan pengadaan KC-10 Extender telah berada di bawah anggaran akhir-akhir ini hanya karena biaya operasi mereka.
Untuk diketahui USAF sedang dalam jalur untuk mendapatkan lebih dari 1700 F-35A yang masing-masing membawa lebih dari dua setengah kali bahan bakar internal F-16. Ini tidak akan menjadi masalah jika jet siluman ini akan lebih dua kali lipat juga dalam jangkauan atau radius tempur. Tetapi yang terjadi tidak demikian. Pesawat tempur F-35 juga akan sangat tergantung pada gas tanker untuk mencapai misi mereka seperti F-16, Bahkan mereka akan lebih mudah haus. Hal ini akan memberikan tekanan lebih besar pada armada tanker untuk semakin cepat menyusut selama konflik di masa depan.
Apalagi jika Amerika meningkatkan kehadirannya di poros Pasifik di mana penerbangan jarak jauh adalah tantangan terbesar untuk diatasi. Membiarkan F-16C / D Block 50/52 untuk beroperasi lebih mandiri tanpa tanker di wilayah yang sangat luas jelas bukan keputusan logis.
Tetapi juga ada masalah kerentanan tanker, karena mereka adalah target besar yang tidak mampu membela diri, dan bertugas dengan operasi dalam beberapa ratus mil dari wilayah tempur. Selama perang melawan musuh dengan kemampuan tinggi ini bisa berarti jet tempur harus terbang jauh keluar medan pertempuran untuk mengisi bahan bakar sebelum kembali ke wilayah perang. Banyak hal yang terjadi dalam perjalanan panjang itu termasuk situasi pertempuran yang berubah, dan target yang bergerak cepat.
Juga perlu diingat bahwa untuk melayani Pasifik yang luas ketika terjadi pertempuran maka sebenarnya mudah bagi musuh untuk mengalahkan Amerika. Cukup bunuh pesawat tanker maka pesawat tempur yang sedang terbang otomatis akan terbunuh karena kehabisan bahan bakar di udara.Padahal Lebih MurahDari sisi biaya. Biaya untuk mengisi bahan bakar di udara sekitar dari US$ 25 - US$ 35 per galon (beberapa mengklaim itu adalah lebih dekat ke $ 50). Sementara jika mengisi bahan bakar di darat hanya sekitar sekitar US$ 5 sampai US$ 6. Selama operasi perang intensitas rendah berkelanjutan atau selama pelatihan, pesawat lebih mengandalkan bahan bakar berbasis darat dari pada kapal tanker karena memang jauh lebih ekonomis. Hal ini juga akan menawarkan lebih banyak waktu per sortie selama pelatihan ketika aset pengisian bahan bakar udara tidak digunakan. Ini berarti kurang pesawat “bergiliran” dan efisiensi yang jauh lebih besar ketika pilot mendapatkan jam pelatihan mereka dibutuhkan. Sorties kurang, tetapi yang lebih panjang, juga lebih mudah pada perangkat keras.
Dengan berbagai fakta itu memang memunculkan pertanyaan apakah alasan Amerika untuk tidak menggunakan CFT adalah masuk akal? Apalagi CFT bersifat bisa dilepas. Untuk operasi tertentu, jika memang dianggap tidak perlu, CFT dapat dilucuti dan dipasang kembali untuk misi yang memang membutuhkan bahan bakar lebih banyak.
Misalnya, di Afghanistan, di mana misi CAS adalah kunci dan tidak ada ancaman rudal udara ke udara atau darat ke udara dari musuh. Dengan mengangkut bahan bakar 40 persen lebih banyak dan bisa membawa lebih banyak senjata jelas menjadi kelebihan yang masuk akal. Bahkan jika operasi tempur, di mana ada rudal permukaan ke udara dan udara ke udara dari lawan, hanya sedikit pengaruh CFT terhadap kelincahan dan kinerja pesawat.
Selain itu saat ini ada di zaman ketika rudal udara ke udara bisa diluncurkan dari jarak sehingga pertarungan jarak dekat yang membunuhkan manuver gila semakin tidak diperlukan.
Klaim bahwa USAF hanya akan menggunakan F-16 untuk mengambil target yang telah ditetapkan dan memenuhi sejumlah set patroli dinilai Foxtrot Alpha sangat ceroboh. Hanya karena aset yang tersedia itu tidak berarti penggunaannya diperlukan. Mengapa menempatkan lebih kru dan bahan beresiko daripada yang Anda benar-benar harus selama waktu perang? Terutama mengingat bahwa kehilangan satu F-16 akan berakhir dengan proses yang makin berisiko karena harus menggelar operasi pencarian dan penyelamatan.
Persoalan semakin aneh karena F-16 termuda Amerika masih akan terus melayani selama beberapa dekade yang akan datang. Bahkan kemungkinan akan mengambil sebagian besar peran F-35 demi alasan efisiensi. Jadi apakah Amerika tetap tidak akan menggunakan CFT di Viper-nya? Mari kita tunggu. [Foxtrot Alpha]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.