Selasa, 01 Oktober 2024

TNI AL Membutuhkan Kapal Frigate Baru

 💥 Berbagai negara tawarkan kerjasama produksi kapal Pada pameran alutsista di Monas, TNI AL menampilkan pamflet Istif class dari Turkiye (istimewa)

Indonesia membutuhkan bermacam kapal untuk modernisasi dan menjaga kedaulatan tanah air. KSAL Laksamana M. Ali mengatakan TNI AL akan mendatangkan kapal frigate dari berbagai negara, sebagai solusi mempercepat pengadaan kapal di tanah air.

Dari forum militer, diberitakan TNI AL sedang mengincar kapal frigate dari luar negeri. Dibutuhkan kapal frigate yang dapat dengan cepat mengisi kekosongan menunggu produksi kapal FMP (Frigate Merah Putih) yang diketahui akan tuntas dalam waktu yang cukup lama.

Salah satunya yang telah dirilis berbagai media merupakan kapal OPV/PPA dari Italia sebanyak dua unit. Yang ramai diberitakan akan datang memperkuat Armada II di Surabaya. Dengan akan bertambahnya kapal baru ini, Armada II berencana menggeser kapal korvet kelas Parchim ke Armada I sebanyak 4 unit.

Selain itu dari pameran alutsita di Monas, Jakarta, TNI AL menampilakn pamflet kapal frigate Istif class dari Turkiye. Kapal frigate Istambul class ini baru di resmikan Turkiye dalam memperbarui armada kapal perangnya. Diketahui Turkiye saat ini sedang membangun 3 unit kapal Istif class, dan dari rumour yang beredar, salah satu-duanya ditawarkan ke Indonesia. Dan ini menjawab alasan perihal kapal Istif class di pamerkan kemarin. Bila semua sesuai rencana, maka kapal Istif class akan datang memperkuat armada kapal Indonesia kedepan.

 Tawaran berbagai negara 
Diskusi pengembangan kapal frigate di PAL. Nampak samar ada 3 jenis kapal yang didiskusikan diantaranya IFF (Indonesia FIuture Frigate), Type 31 (FMP), dan FREMM. (PAL)

Delegasi MHI (Mitsubishi Heavy Industries) dari Jepang baru baru ini melakukan kunjungan kerja ke galangan kapal nasional PAL Indonesia di Surabaya.

Dalam kunjungannnya selain basa-basi perihal kemajuan dan pengembangan kemampuan galangan kapal PAL, Delegasi MHI juga diskusikan tawaran kapal frigate yang akan memperkuat TNI AL.

Melihat gambar PAL terlihat samar, kapal yang didiskusikan kapal frigate yang akan memperkuat TNI AL, diantaranya IFF (Indonesia Future Frigate), Type 31 (FMP), dan FREMM.

Menariknya kapal IFF ini merupakan desain kapal frigate Mogami class yang pernah ditawarkan Jepang beberapa waktu yang lalu. Dan dari spesifikasinya kapal ini akan mempunyai panjang 140 meter, dimana kapal Mogami class aslinya hanya 133 meter.

Dari benua Eropa, Italia juga menawarkan prospek menambah kapal OPV/PPA yang bisa di produksi lokal seperti dikatakan kepala Naval Group Indonesia. Perancis juga menawarkan kapal FDI yang telah menjalin kesepakatan dengan galangan kapal lokal di Batam.

TNI AL diketahui menginginkan pengadaan kapal yang relatif cepat untuk mengisi kebutuhan kapal frigate untuk menambah dan modernisasi armada kapal yang telah menua. Dari beberapa tawaran diatas, tentunya akan memakan waktu yang cukup lama, seperti layaknya kapal FMP (Frigate Merah Putih) yang di produksi PAL membutuhkan waktu diatas 4 tahun.

  💥
Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.