Kamis, 16 Mei 2024

Pesawat Super Hercules Terakhir Pesanan Indonesia Tiba di Halim

 Komplit 5 unitHercules terbaru C130J-30 TNI AU (antara) ✈️

Pesawat Super Hercules C-130J unit kelima pesanan Indonesia tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (16/5/2024).

Pesawat angkut dengan tail number A-1342 itu disambut oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya (Marsdya) TNI Andyawan Martono Putra beserta jajaran.

Saat mendarat, C-130J-30 Super Hercules langsung melaksanakan tradisi water salute sebagai tanda ucapan selamat datang di Lanud Halim Perdanakusuma,” kata Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen Edwin Adrian Sumantha dalam keterangan tertulis, Kamis petang.

Selanjutnya, Wakasau yang didampingi sejumlah pejabat TNI AU dan Kepala Pusat Alat Peralatan Pertahanan (Alpalhan) Badan Sarana Pertahan (Baranahan) Kemenhan Marsma TNI Yusran Lubis mengalungkan selempang batik kepada pilot dan kru pesawat.

Penerbangan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1344 itu memiliki rute Marietta-San Diego-Honolulu-Marshal Island-Guam -Lanud Halim Perdanakusuma.

Penerbangan dipimpin oleh Komandan Skadron Udara 31 Lanud Halim Letkol (Pnb) Alfonsus Fatma Astara Duta, didampingi Mayor (Pnb) Ulung P dan Lettu (Tek) Diky.

Berdasarkan keterangan pers Biro Humas Setjen Kemenhan, pesawat berangkat dari pabrikannya, Lockheed Martin di Georgia, Amerika Serikat, pada Jumat (10/5/2024).

Diketahui, Indonesia memesan lima unit pesawat Super Hercules C-130J dari AS.

Sebelumnya, unit keempat telah tiba di Tanah Air pada 22 Januari 2024.

Ketiga pesawat yang sudah tiba sebelumnya juga sudah mulai menjelajahi langit Indonesia dengan ditandai Navigation Exercise pada awal September 2023.

Bahkan, ketiga pesawat Super Hercules itu telah melaksanakan flypast saat perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI di atas Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, 5 Oktober 2023.
 

  ✈️
Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...