Jumat, 31 Mei 2024

Prancis Menawarkan Fregat FDI ke Indonesia dengan Opsi Produksi Lokal

⚓ Pembuat kapal Prancis, Naval Group menawarkan fregat  (FDI) ke Indonesia. Proposal ini mencakup kemungkinan produksi lokal, rudal Aster 15 dan 30, Sistem Manajemen Tempur SETIS®, Radar AESA, Jaminan Bebas ITAR, dan jangka waktu 36 bulan.Fregat FDI (Naval Group)

Dari 20 hingga 24 Mei, fregat FREMM kelas Aquitaine, FS Bretagne (D655), melakukan kunjungan pelabuhan ke pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Indonesia, sebagai bagian dari penempatannya ke wilayah Indo-Pacifi. Pada 22 Mei, kapal itu dikunjungi lusinan pejabat pertahanan Indonesia, akademisi, jurnalis, dan pemangku kepentingan utama lainnya, termasuk perwakilan dari beberapa perusahaan pertahanan Indonesia.

 Menumbuhkan Kemitraan AL Prancis dan Indonesia.

Dalam sambutan mereka, duta besar Prancis untuk Indonesia, Fabien Penone, dan komandan FS Bretagne, Kapten Gwenegan le Bourhis, menyoroti kemitraan strategis yang berkembang antara Indonesia dan Prancis. Kapten Gwenegan juga menyebutkan keinginan Angkatan Laut Prancis untuk meningkatkan kerja sama dan interoperabilitasnya dengan Angkatan Laut Indonesia (TNI AL).

Selain itu, ia menjelaskan kemampuan FS Bretagne dan bagaimana pada bulan April FREMM Angkatan Laut Prancis lainnya, FS Alsace (D656), berhasil menembak jatuh tiga rudal balistik di Laut Merah, sehingga menunjukkan kinerja pertempuran kelas yang terbukti.

  Proposal Frigate FDI ke IndonesiaPresentasi FDI di FS Bretagne Hangar. (Naval Group)

Delegasi Indonesia yang naik ke FS Bretagne, yang mencakup wakil kepala staf, wakil laksamana Erwin S. Aldedharma, juga menerima presentasi pada fregat FDI. Dinyatakan bahwa FDI diselaraskan dengan sempurna dengan kebutuhan TNI AL untuk konstruksi pejuang permukaan yang cepat dan operasi armada tempur kolaboratif, serta kekhawatirannya yang semakin meningkat terhadap ancaman dunia maya dan elektronik dalam perang angkatan laut.

Salah satu fitur utama dari FDI yang ditunjukkan oleh perwakilan kelompok angkatan laut adalah statusnya sebagai "fregat digital" pertama. Penunjukan ini menggarisbawahi penggabungan kapal dari pertimbangan digital dan keamanan siber dari fase desain awal. Karakteristik kunci lain dari FDI yang disajikan kepada para pejabat TNI adalah reduksi penampang radar (RCS) dan tanda elektronik magnetik, inframerah, dan elektronik rendah.

Selain itu, FDI ditawarkan dalam konfigurasi multi-misi penuh, yang berarti bahwa TNI AL bisa mendapatkan semua misi anti-udara, anti-kapal selam, anti-permukaan, asimetris, dan sensor perang elektronik dan senjata. Ini termasuk 32x Sylver VLS untuk Aster 15 dan 30 rudal, umpan akustik canto, radar multi-fungsi AESA Sea Fire 4D AESA, serta sonar array yang dipasang di lamban, kedalaman variabel, dan array yang ditarik.

  FDI IndonesiaKonfigurasi FDI yang ditawarkan ke Indonesia. (Naval Group)

Selain itu, mirip dengan FDI yang saat ini sedang dibangun untuk angkatan laut Prancis dan Hellenic, FDI Indonesia akan dilengkapi dengan dua pusat data, sistem manajemen cybersecurity terpusat, dan pusat perang asimetris khusus yang mencakup Optronic hari dan malam 360 ⁰ malam dan malam malam dan malam malam 360 ⁰ Sistem pengawasan dengan tampilan resolusi tinggi dan augmented reality.

Satu pusat data sudah cukup untuk mengelola seluruh fungsi FDI, sedangkan pusat data kedua siap untuk mengambil alih segera jika diperlukan, misalnya, jika pusat data pertama lumpuh karena serangan cyber/kinetik. Ini adalah bagian dari kemampuan redundansi digital FDI, menurut perwakilan kelompok angkatan laut.

  CMS dan Tautan Data
Untuk Sistem Manajemen Tempur (CMS), FDI Indonesia juga akan menggunakan Setis®, memungkinkan TNI AL untuk bergabung dengan 'Setis Club' dengan angkatan laut lain di seluruh dunia yang menggunakan CMS. Naval Group menjelaskan bahwa melalui klub ini, TNI AL dapat belajar dari pengalaman Angkatan Laut lain dengan Setis dan, jika diinginkan, berbagi wawasannya sendiri. Selain itu, TNI AL akan memiliki kesempatan untuk meminta peningkatan perangkat lunak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifiknya.

Kemampuan Fregat FDI. (Naval Group)
Perwakilan Grup Angkatan Laut menambahkan bahwa CETIS sepenuhnya dapat dioperasikan dengan Subtics® CMS yang akan dipasang pada dua Scorpène di Indonesia.

Untuk mengakomodasi persyaratan TNI AL untuk armada masa depannya untuk diintegrasikan dengan platform yang tidak diubah, FDI ditawarkan dengan perangkat lunak manajemen/misi I4®Drones dan hanggar UAV yang berdedikasi. Bergantung pada permintaan Indonesia, FDI juga dapat diinstal dengan jaringan tautan data taktis yang berbeda, termasuk Link 11, Link 16, Link 22, dan Link Y.

Menariknya, selama presentasi, ditekankan bahwa FDI adalah kapal perang bebas-ITAR.

  Produksi lokal, pemeliharaan, dan kesiapan
Naval News menerima penjelasan tambahan bahwa FDI pertama untuk Indonesia dapat dibangun di Prancis dalam 36 bulan dan FDI berikutnya akan dibangun secara lokal oleh pembuat kapal milik negara Indonesia, PT PAL Indonesia. Namun, mirip dengan Scorpène Evolved, Prancis juga terbuka untuk gagasan produksi lokal penuh dari kapal pertama.

Program berkelanjutan FDI bebas ITAR dan dapat diproduksi lokal. (Naval Group)
PT PAL Indonesia mengatakan kepada Naval News bahwa mereka juga tertarik pada FDI, terutama dengan aspek "fregat digital", dan akan menyambut ide produksi lokal.

Program pendidikan dan pelatihan yang komprehensif untuk personel TNI yang akan mengoperasikan kapal juga telah diusulkan. Untuk pemeliharaan, FDI akan menampilkan sistem pemeliharaan prediktif terintegrasi, yang dirancang untuk mengantisipasi dan mengatasi masalah potensial sebelum menjadi kritis.

Ketika datang ke kesiapan, FDI dirancang dengan daya tahan 45 hari dan hingga 300 hari ketersediaan teknis per tahun. Kapal juga bisa memiliki umur lebih dari 30 tahun.

  KSAL yang mengunjungi galangan kapal Naval Group
Hanya tiga hari sebelum kunjungan pelabuhan FS Bretagne ke Jakarta, Kepala Staf Angkatan Laut Indonesia, Laksamana Muhammad Ali, melakukan tur galangan kapal Naval Group di Lorient, Prancis. Laksamana Ali naik fregat FDI pertama, Amiral Ronarc'h, untuk Angkatan Laut Prancis (Marine Nationale), dan melihat kemajuan konstruksinya.


 👷
Naval News  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...