Rabu, 26 Juni 2024

Panglima TN Bahas Kerja Sama di Bidang Operasi Hingga Siber

https://asset.kompas.com/crops/S1CKkZsCP2OVB0AK5uN97yUNf1I=/0x0:0x0/750x500/data/photo/2024/06/25/667aa028dacd1.jpegPanglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan pertemuan bilateral dengan Kepala Staf Pertahanan Italia atau Chief of Defence Staff, Admiral Giuseppe Cavo Dragone di Markas Besar Angkatan Bersenjata Italia, Senin (24/6/2024) waktu setempat.(Dok. Puspen TNI)

T
entara Nasional Indonesia (TNI) dan militer Italia membuka kemungkinan kerja sama di bidang siber.

Kerja sama itu dibahas saat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melakukan pertemuan bilateral dengan Kepala Staf Pertahanan Italia atau Chief of Defence Staff, Admiral Giuseppe Cavo Dragone di Markas Besar Angkatan Bersenjata Italia, Senin (24/6/2024) waktu setempat.

Siber merupakan salah satu topik khusus yang akan ditindaklanjuti ke depannya,” kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen R Nugraha Gumilar melalui pesan tertulis, Selasa (25/6/2024).

Gumilar menyebutkan, Agus dan Dragone memiliki kesamaan pandangan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang seperti pendidikan, latihan, dan operasi.

Dalam pertemuan itu, Agus juga menyinggung rencana kunjungan muhibah kapal kadet Angkatan Laut Italia, ITS Amerigo Vespucci yang akan berlabuh di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Kepada Dragone, Agus berharap kadet dari Indonesia dapat on board di ITS Amerigo Vespucci ketika kapal latih tersebut singgah.

Sehingga kadet dari Indonesia dapat berinteraksi dengan kadet Italia,” kata Agus.

Panglima Agus mengatakan bahwa TNI menyambut baik kehadiran kapal-kapal AL Italia di kawasan perairan Indonesia.

TNI lewat Kapal Perang RI (KRI) juga akan melakukan passing exercice (passex) dengan kapal-kapal perang Italia.

Hal tersebut merupakan bentuk persaudaraan AL seluruh dunia atau naval brotherhood dan upaya untuk meningkatkan kerja sama bilateral antara AL Indonesia dan Italia,” ujar Agus.

Kunjungan Agus juga bertepatan dengan momentum peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Italia.

  ★ Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...