Sabtu, 29 Juni 2024

[Global] Taiwan Luncurkan Ranpur D2 8x8

 Dengan meriam kaliber 105 mmTaiwan meluncurkan ranpur D2 dilengkapi dengan meriam 105 mm, diperlihatkan kepada media selama demonstrasi di Kabupaten Nantou. (I-Hwa Cheng/AFP melalui Getty Images) ♞

K
ementerian Pertahanan Nasional (MND) Taiwan telah meluncurkan prototipe kendaraan lapis baja beroda 8x8 Cloud Leopard ('Yunpao') dinamai D2 yang dilengkapi dengan meriam 105 mm yang dikembangkan secara lokal.

Kendaraan tersebut, yang ditujukan untuk operasi dukungan tembakan langsung Angkatan Darat Republik Tiongkok (RoCA), ditampilkan kepada media untuk pertama kalinya di Gudang Senjata Biro Persenjataan MND ke-209 di pusat Kabupaten Nantou pada tanggal 25 Juni.

MND mengatakan kendaraan baru tersebut dijadwalkan menyelesaikan pengujian pada tahun 2025 sebelum memasuki tahap produksi massal.

MND mengatakan bahwa dalam demonstrasi 'D2' di hadapan media, menunjukkan kemampuan mobilitas dan kinerja dalam berbagai latihan di jalan raya. Kendaraan ini juga menembakkan peluru sabot penusuk lapis baja 105 mm ke sasaran statis dari jarak 2 km.

Prototipe tersebut adalah yang kedua dari dua yang diproduksi oleh Biro Persenjataan pada tahun 2023. Kendaraan ini juga menjalani pengujian senjata awal dan pengujian kesiapan tempur pada tahun tersebut. Produksi prototipe ketiga sedang berlangsung dengan biaya TWD290 juta (USD 8,9 juta), menurut laporan Central News Agency (CNA) yang dikelola pemerintah Taiwan.

Kendaraan ini dikembangkan bekerja sama dengan Institut Sains dan Teknologi Nasional Chung-Shan (NCSIST) milik negara, yang juga bertanggung jawab untuk mengembangkan meriam 105 mm pada kendaraan tersebut. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan senapan mesin koaksial 7,62 mm dan stasiun senjata jarak jauh yang dilengkapi dengan senapan mesin 12,7 mm.

 
Jane's  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...