Selasa, 18 Agustus 2015

[World] Jalan Terjal MiG 29 Fulcrum

Lahir dari Kegagalan Program Ambisius MiG 29

Mikoyan MiG – 29 ”Fulcrum” adalah salah satu pesawat tempur yang paling penting Uni Soviet pada tahun-tahun terakhir Perang Dingin. Pesawat ini juga tetap menjadi aset militer penting bagi penerus Sovyet, Republik Rusia. Telah banyak diekspor, dan sekarang sedang diperbarui dengan sistem yang lebih baik untuk tetap dalam pelayanan baik ke abad ke-21.

Pesawat ini lahir bermula ketika pada akhir 1960-an, Angkatan Udara AS mulai bekerja pada pengembangan pesawat tempur di bawah program yang disebut ”Fighter Experimental (FX)” yang kemudian pada 1969, McDonnell Douglas memenangkan kompetisi FX dengan apa yang akan menjadi F–15 Eagle. Uni Soviet pun mengikuti program FX dengan dana besar untuk mengejar ketertinggalan tersebut.

Uni Soviet bertekad memiliki pesawat tempur yang sebanding untuk melawan mereka. Dan pada tahun 1969, pemerintah Soviet memulai program untuk melawan F-15 dengan sebuah program yang disebut Prospective Frontal Fighter atau yang juga dikenal dengan (Perspektivnyi Frontovoi Istrebitel / PFI).

Baik Mikoyan dan biro desain Sukhoi (OKB) mulai bekerja pada konsep PFI. Tidak mudah, karena PFI mengajukan syarat yang sangat ambisius. Pesawat ini harus memiliki daya jangkau tinggi, senjata canggih dan sistem kontrol tinggi, unggul dalam kelincahan, mampu dalam operasi pendek dan mampu mendarat di landasan pendek bahkan kasar.

Ternyata, persyaratan yang begitu ambisius mereka tidak bisa dirangkum dalam satu pesawat. Menyadari masalah Direktur Artem Mikoyan berhasil melobi untuk membagi spesifikasi PFI menjadi dua sehingga pada tahun 1970 spesifikasi dibagi menjadi dua yakni pesawat tempur berat dan ringan. Di sisi lain, Angkatan Udara AS juga telah membuat kesimpulan yang sama untuk membuat pesawat tempur ringan yang kemudian lahirlah F-16 Falcon.

Mikoyan terpaksa mundur sebagai direktur jenderal MiG OKB setelah serangan jantung, dan kemudian meninggal dunia pada tanggal 9 Desember 1970. Tempatnya diambil oleh Rostislav Belyakov. Di bawah arahan Belyakov itu, biro MiG maju ke tahapan dua dari proyek TPFI (tempur berat) dan desain LPFI (tempur ringan).

Beberapa konsep desain MiG TPFI dikembangkan. Beberapa menyerupai MiG–25 “Foxbat” tetapi dengan perbaikan aerodinamis seperti blending sayap – tubuh. Beberapa menyerupai pesawat tempur angkatan laut AS di Amerika Utara A-5 Vigilante.

Sukhoi akhirnya memenangkan kompetisi untuk kebutuhan TPFI yang kemudian melahirkan Sukhoi Su–27. Sedangkan MiG desain tempur berat tidak pernah dibangun.

Di kelas tempur ringan MiG membuat desain dengan code number biro ”9-11” yang menjadi pemenang proyek. Lahirlah MiG–29 seperti yang dikenal saat ini. MiG–29 untuk menggantikan MiG–21, MiG–23, Su–7, dan Su–17 sebagai alat tempur taktis bagi Red Army.

Misi utama dari MiG–29 adalah untuk menjadi superioritas udara medan pertempuran, meskipun itu akan memiliki peran serangan sekunder. Pekerjaan pembangunan maju ke depan di bawah tim di bawah Mikhail Waldenburg. Angkatan Udara Red Army cukup percaya diri dengan desain MiG–29 dan menyetujui untuk memulai memproduksi.

Prototipe awal dengan angka ”901”, melakukan penerbangan pertamanya pada tanggal 6 Oktober 1977. Tiga prototip mengikuti dengan nomor ”902” meskipun ”904” dengan moncong lebih pendek dan sejumlah perubahan lainnya. Prototip ”903” jatuh ketika mesinnya terbakar dalam penerbangan pada tanggal 15 Juni 1978. Pilot, Valerii Menitskii selamat setelah melontarkan diri dengan kursi pelontar. Ironisnya prototip pengganti yakni ”908” juga jatuh pada tanggal 31 Oktober 1980, pilot, Alexander Fedotov, juga selamat.
Terus Berevolusi MiG–29 sebagian besar dibangun dari aluminium, dengan beberapa penggunaan bahan komposit. Memiliki sayap tinggi, tailplanes, dan tailfins kembar. Kontrol penerbangan hidrolik. Sayap menyatu ke badan pesawat Di bagian depan sayap terdapat flaps yang berfungsi untuk bermanuver. Sedang sebuah rem dipasang ke bagian belakang pesawat ditambah dengan parasut. Selanjutnya Fulcrum melakukan sejumlah evolusi.

Produksi awal 9-12 MiG–29 memiliki sirip ventral kecil di bagian bawah sayap, langsung di bawah tailplanes vertikal. Sirip ventral telah diperkenalkan selama uji terbang prototipe, namun kemudian dinilai tidak perlu dan akhirnya dihilangkan.

Pada waktu hampir bersamaan dengan penghapusan sirip ventral itu dipasang pelontar flare dalam bentuk yang unik di atas sayap sebagai ekstensi maju dari tailfins. Setiap tabung bisa menampung 30 flare, dengan total 60. Penambahan ini merupakan konsekuensi langsung dari pengalaman tempur Soviet di Afghanistan, di mana Amerika memberi man portabel permukaan-ke–udara rudal (SAM) pencari panas kepada prajurit mujahadin dan terbukti menjadi ancaman berbahaya bagi pesawat Soviet.

Pada akhir 1980-an, perubahan produksi dibuat dengan 9-12 MiG–29 untuk memberikan beberapa perubahan seperti perpanjangan kemudi dan generator sayap vortex. Peningkatan tersebut dipasang ke pesawat sebelumnya, termasuk beberapa pesawat produksi awal dengan sirip ventral.

9-12 MiG–29 ini didukung oleh dua Klimov RD–33 turbofan afterburning, dengan 49,4 kN (5.040 KGP / 11.100 lbf) dan 81,4 kN (8.300 KGP / 18.300 lbf) dorongan afterburning. Dua mesin yang dipilih untuk meningkatkan survivability pesawat. Mesin berada terpisah di bawah badan pesawat.

MiG–29 memiliki built-in meriam tunggal laras GSH-301 30 milimeter dengan 149 putaran menembak keluar meninggalkan LERX, untuk close-in dogfighting dan serangan darat. Prototipe awal telah menampilkan meriam dua laras GSH-23-2 23 milimeter tapi senjata berat diadopsi untuk MiG–29 seri berikutnya.

Pesawat ini memiliki tiga cantelan senjata di bawah sayap masing-masing. Dalam peran superioritas udara, ia membawa dua rudal yang mampu membidik target di luar jangkauan visual yakni R–27R / AKU–470 dan Rudal udara-ke–udara rudal (AAMs). Selain itu juga mengusung empat R–60, AAM atau R–73 yang merupakan rudal jarak pendek pencari panas. Selain itu juga membawa rudal AA–11 yang saat melesatkan tidak perlu menghadap target. Dalam teknologi ini Soviet memang jauh lebih dulu dibanding Barat. AA–11 adalah senjata yang sangat lincah dan pencari yang memiliki bidang pandang lebar, dengan kemampuan mengabaikan penggganggu panas atau flare. AA–11 jauh lebih unggul dari AA–8 dan menggantinya dalam pelayanan Soviet – Rusia. Tetapi AA–11 hanya diekspor dalam jumlah yang relatif terbatas, dan penggunanya pun hanya pada MiG–29.

MiG–29 kadang-kadang juga membawa rudal jarak jauh R–27B yang juga merupakan rudal pencari panas. Dengan senjata-senjata canggih ini kekuatan MiG-29 benar-benar menjadi mengerikan.

MiG–29 dilengkapi dengan dua sensor, termasuk Phazotron ”N–019” pulsa – Doppler radar multimode, dan radar dengan infra red (IRST). Dalam sistem radar MiG harus mengakui berada di belakang barat. Rusia dianggap kurang software canggih untuk memberikan fleksibilitas operasional dan kemudahan penggunaan sehingga meningkatkan beban kerja pilot. Mereka juga kurang dapat diandalkan.

Bagi pilot Barat memang mungkin melelahkan terbang MiG–29 dan mampu mengunci target. Tetapi bagi pilot sovyet belum tentu. Dalam praktiknya pilot Soviet tidak akan bergantung pada sensor pesawat sendiri untuk melakukan intercept. MiG–29 memiliki datalink untuk memungkinkan menerima masukan dari ground control (GCI) yang berada di tanah dan sistem kontrol pesawat (AWACS). Hal ini sesuai dengan doktrin pertahanan udara Soviet, yang sangat menekankan kontrol terpusat. Sedangkan untuk kokpit, MiG – 29 umumnya sangat sederhana di era itu. Tata kopkit MiG–29 memang memiliki hubungan evolusi yang jelas dengan MiG–21 dan MiG–23. Namun dalam soal kursi pilot, pesawat ini memiliki kursi injeksi terbaik di dunia. Zvezda ”K–36D“, adalah kursi injeksi bertenaga roket dengan menggunakan twin pop-out booming untuk menstabilkan pesawat kursi itu. Barat sempat terkagum-kagum ketika melihat demonstrasi mengesankan dari K–36D di Paris Air Show pada tahun 1989. Ketika Anatoly Kvotchur melakukan simulasi harus keluar dari MiG–29 karena persoalan mesin kursi melesat cepat dan terarah.

 Spesifikasi MiG – 29 (Fulcrum – A) : 

Lebar sayap 11,36 meter
Rentang sayap 38,0 meters
Panjang 17.32 meter
Tinggi 4.73 meter
Berat kosong 10.900 kilogram
Berat mautan 18.500 kilogram
Kecepatan maks di ketinggian 2.450 Mdpl 1.520 MPH / 1.320 knot
Ketinggian maksimal 17.000 meter 55.775 kaki
Daya jalajah (bahan bakar internal) 1.500 kilometer 930 MI / 810 NMI
Varian dan Pengkhianatan Tolkachev Salah satu kelebihan MiG–29 adalah kelincahannya, aerodinamis sangat canggih tetapi belum menggunakan teknologi fly–by-wire (FBW) yang sudah diadopsi barat. Artinya kemampuan pesawat ini sangat tergantung pada kualitas pilot.

MiG–29 memiliki kemampuan baik pada kecepatan rendah dan tetap terkendali pada sudut serangan yang sangat tinggi. MiG–29 dianggap lebih lincah daripada saingan dari barat F-16A, dan merupakan musuh yang sangat berbahaya di balik pertarungan kecepatan rendah. Tetapi akan sangat kesulitan dalam soal jangkauan. Pembuatnya menyadari hal itu karena sejak awal desain MiG–29 memang dirancang sebagai pencegat jarak pendek atau pertempuran udara cepat dan singkat.

Dua subvariants dari MiG–29 kemudian dilahirkan yakni MiG–29A yang dibuat untuk ekspor ke sekutu di Pakta Warsawa. Hampir identik dengan standar MiG–29 tetapi tidak memiliki kemampuan nuklir dan sistem radar yang disederhanakan. Varian lain adalah MiG–29B yang ditujukan untuk ekspor ke negara-negara di luar Pakta Warsawa yang kemampuannya lebih sederhana di bawah standar MiG–29 dengan sistem IFF dan datalink dihapus dan radar disederhanakan diinstal. Sedangkan total jumlah produksi MiG–29 tidak jelas. Diperkirakan sekitar 840 MiG–29 dan subvariants dibangun untuk digunakan sendiri dan untuk ekspor.

Meskipun MiG–29 pada dasarnya mudah dikendalikan namun pesawat ini akan memiliki kemampuan maksimal jika dipegang oleh pilot terlatih. Untuk itu MiG OKB mengembangkan varian dengan dua kursi dengan sebutan 9-51 MiG–29UB.

Kokpit kedua tidak dinaikkan secara signifikan, karena itu akan memiliki kinerja terdegradasi. Akibatnya, instruktur kursi belakang memiliki pandangan sempit ke depan, tetapi dilengkapi dengan periskop pop-up untuk mengkompensasi. Beberapa kapasitas bahan bakar telah dihapus untuk membuat ruang untuk kokpit belakang kursi. Tidak ada pemikiran untuk membuat MiG–29UB memiliki kemampuan tempur. N–019 radar digantikan oleh modul simulator kapal. Hal ini memberikan MiG–29UB mempunyai hidung kecil yang menjadikan penampilannya lebih cantik. Selongsong flare juga tidak dipasang.

Varian UB akhirnya menjadi tidak jelas, karena singkatan dari ”Uchebno – Boevoi (Trainer – Tempur). Ketika varian ini benar-benar seorang pelatih murni, NATO menelan informasi yang keliru, menunjuk tipe ”Fulcrum – B” dengan tidak memberi kode “M“ yang biasanya ditempelkan untuk kode pesawat latih, seperti ”Midget” atau ”Mongol”. Sedang Rusia menyebut MiG – 29UB dengan ”Sparka“.

Ketika MiG–29 terus diproduksi, MiG telah mempertimbangkan penyempurnaan dari jenis, ”9-13”, dengan membangun prototipe pertama terbang pada tahun 1986. Hal ini diyakini telah dimodifikasi dan mengalami berbagai perbaikan. Kemudian lahirlah varian diberi sebutan baru ”Fulcrum–C” oleh NATO. Perbedaan utama adalah bagian tulang belakang yang lebih besar yang menyebabkan pilot MiG–29 Soviet untuk memanggil varian "Gorbatyi" (Bongkok).

Analis Barat menafsirkan tulang belakang bengkak sebagai akomodasi untuk meningkatkan kapasitas bahan bakar dalam rangka untuk meningkatkan kisaran daya jangkau MiG–29 yang memang terbatas. Memang benar tetapi analisis itu terlalu sederhana. Karena ruangan baru itu juga digunakan untuk penempatan ”Gardeniya” atau modul jammer aktif. Di varian ini avionik juga diperbarui dan menyebabkan modifikasi ujung sayap dan penambahan antena ke ekor. Perubahan ini dilakukan karena pada saat itu sekitar 200 MiG-29 seri ini dibangun hingga 1986. Namun tidak diekspor karena menjaga kerahasiaan.

MiG terus melakukan pengembangan dengan mengacu pada garis 9-13 yang melahirkan Fulcrum C. Dorongan untuk meningkatkan kualitas pesawat semakin keras ketika pada 1985 KGB menangkap Alexander Tolkachev, kepala desainer dari Phazotron, Biro Desain Radar menjual rahasia organisasi kepada CIA. Dia pun ditangkap dan diesekusi.

Pengkhianatan Tolkachev yang membahayakan sistem radar dari sejumlah pesawat termasuk MiG–25 dan MiG–29 membuat pesawat ini jauh lebih rentan terhadap serangan musuh. Beberapa menyatakan bahwa Tolkachev telah terlalu jauh dalam melakukan sabotase radar MiG–29, N-019. Mau tidak mau perbaikan radar pun harus dilakukan dengan melahirkan sistem radar N–019M yang dengan cepat dipasang pada MiG–29, bersama dengan modifikasi lain seperti jammer aktif ditingkatkan. Hal inilah yang menjadikan varian 9–13S MiG–2 hanya dibuat dalam jumlah kecil. Versi ekspor jenis ini lahir MiG–29SE dibangun dalam bentuk prototipe dan ditawarkan dengan pilihan yang berbeda untuk pembeli asing, tetapi tidak ada peminat.

Satu lagi varian yang lahir adalah MiG–29SD yang memiliki kemampuan angkut bahan bakar lebih tinggi. Varian ini menjadi dasar diproduksinya MiG–29N yang dijual ke Malaysia pada pertengahan 1990-an. MiG–29 Malaysia ini kemudian diberi update dalam pelayanan terutama untuk menyesuaikan mereka dengan perkembangan yang ada.

Seluruh subyek dari seri MiG–29 menjadi begitu banyak. Lahir juga 9-16 MiG–29 BT yang menghasilkan dua prototipe. Namun tidak langsung diproduksi karena akan dihidupkan pada dekade kemudian.

MiG OKB memiliki ambisi besar untuk MiG–29 dari sekadar memperbarui dasar pesawat terbang. Mereka ingin lebih memperluas kemampuannya, dan khususnya mengubahnya menjadi pesawat tempur multirole tanpa tanding. Langkah pertama dalam membangun suatu multirole MiG–29 adalah dengan munculnya 9-14 MiG–29M yang terbang pertama kali pada tahun 1985. Kelebihan pesawat ini mampu membawa 13 pod penargetan opsional untuk peran serangan darat.

Namun upaya itu ditinggalkan. Perhatian beralih ke desain ulang yang komprehensif dari pesawat sehingga penerbangan pertama dari prototipe awal ”9-15 MiG–29M” pada tanggal 25 April 1986. Hal ini diikuti oleh lebih representatif MiG–29M prototipe dengan spesifikasi produksi mesin RD–33K, yang pertama terbang pada tanggal 1 November 1989. Mesin RD–33K baru yang disediakan 54.0 kN (5.500 KGP / 12,125 lbf) dorong kering max dan 86,3 kN (8.800 KGP / 19.400 lbf) dorongan afterburning masing-masing. Ternyata mesin juga memiliki mode afterburning darurat yang dapat meningkatkan dorongan untuk 92,2 kN (9.400 KGP / 20725 lbf) untuk waktu yang singkat. Mesin juga menampilkan keandalan yang lebih besar dan pemeliharaan lebih mudah.

MiG–29M memiliki banyak perbedaan dengan MiG–29. Badan pesawat didesain ulang, MiG OKB mengklaim bahwa itu adalah ”berbeda dalam segala hal.” Para LERXs yang didesain ulang dan kisi asupan di atas LERXs dihilangkan, dengan pintu intake padat diganti dengan pintu grille mesh. Hal ini memungkinkan fit dari skema tangki bahan bakar baru dengan peningkatan besar dalam kapasitas yang berakibat daya jangkaunya naik hingga sepertiga.

Tangki bahan bakar yang lebih besar menyebabkan penurunan dalam ukuran kotak amunisi untuk meriam 30 milimeter 149-100 putaran, tetapi ini tidak dirasakan banyak akibatnya. Meriam telah terbukti akurat dalam menembak sehingga tidak butuh banyak amunisi.

MiG–29M juga memiliki tulang belakang yang besar, meski tidak sebongkok 9-13 MiG–29. Tetapi hal ini membuat NATO awalnya berpikir bahwa MiG–29M adalah hanyalah varian Fulcrum – C. Tulang belakang digunakan untuk menampung flare.

Badan MiG–29M merupakan paduan lithium – aluminium dan material komposit untuk mengurangi berat badan, menyederhanakan pembuatan, dan meningkatkan volume internal yang berguna bagi pesawat. Sayangnya, meskipun biaya besar dari paduan aluminium – lithium, mereka tidak memberikan MiG–29M pengurangan berat badan seperti yang diharapkan. MiG–29M masih jauh lebih berat dari 91-2 MiG–29.

Sistem MiG–29M yang secara substansial diperbarui. Itu telah meningkat IFF dan sistem jammer aktif, serta sistem kontrol elektronik FBW. Sistem FBW didasarkan pada analog elektronik, mungkin karena sistem full digital adalah sedikit lebih cepat dari kemampuan Soviet pada saat itu, namun biro MiG dimainkan sampai kesederhanaan, kehandalan, dan ketahanan terhadap interferensi elektromagnetik dari sistem analog.

MiG–29M menggunakan radar Phazotron ”N–010 Zhuk–M yang memiliki kemampuan 25 % lebih besar. Perangkat tambahan sistem sensor membuat MiG–29M benar-benar menjadi pesawat multirole. Dilengkapi dengan delapan cantelan senjata di sayap. Belum lagi berbagai senjata pintar yang diusungnya seperti rudal Kh–29T, Kh–29L, AS–14 Kedge “KAB–500Kr dan R–77. Maka lengkap sudah sebagai sebuah pesawat tempur multifungsi.

Pengembangan MiG–29M bertepatan dengan runtuhnya Uni Soviet. Hingga meskipun prototipe enam MiG–29M diterbangkan, namun tidak masuk produksi untuk Angkatan Udara Rusia, yang lebih terpaku pada Su–27 selama era Yeltsin. Upaya MiG–29M untuk menawarkan pesawat ini gagal hingga 1990-an. Upaya untuk mengembangkan versi ekspor, ”MiG–29ME” juga tidak berhasil.

  ☠ jejaktapak  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...