Kamis, 20 Agustus 2015

[World] China Luncurkan Destroyer Canggih Kedua

⚓️ Diperkirakan memiliki kemampuan yang sama dengan kapal perusak kelas Arleigh Burke Angkatan Laut AS Kapal Perusak type 052D China

Kapal destroyer baru, Changsha, yang merupakan tipe 052D kedua China resmi dioperasikan oleh Armada Laut Selatan Angkatan Laut China pada 17 Agustus 2015.

Peresmian kapal perusak Changsha berlangsung di pelabuhan daerah Sanya provinsi Hainan, China Selatan. Kapal perusak yang bernomor 173 ini diluncurkan pada bulan Desember tahun 2013, dirancang untuk meningkatkan pertahanan udara dan kemampuan anti-kapal Armada Laut Selatan.

China saat ini memiliki delapan kapal perang dilengkapi dengan radar aktif array yang dikenal sebagai kapal perusak Aegis China.

Seperti dilaporkan People’s Navy, saat ini hanya ada dua dari kapal perusak Aegis China, Kunming dan Changsha, yang keduanya dari tipe 052D. Sementara enam kapal perusak lain dari tipe 052C.

Tipe 052D merupakan versi perbaikan dari Type 052C dan diperkirakan memiliki kemampuan yang sama dengan kapal perusak kelas Arleigh Burke Angkatan Laut AS. Selain menggunakan rudal pertahanan udara HQ-9, kapal juga dilengkapi dengan rudal anti-kapal seperti YJ-18 dan YJ-62.

Dengan rudal pertahanan udara HQ-9 memungkinkan kapal perusak tipe 052D untuk mencegat rudal balistik dari jarak sekitar 2.000 kilometer. Kapal ini memang tidak hanya mengemban peran untuk melawan kapal atau pesawat musuh, tetapi juga untuk pertahanan wilayah.

Angkatan Laut China berencana membangun 10 kapal perusak type 052D. [Wantchinatimes]

  ⚓️ Garuda Militer  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...