Rabu, 30 November 2016

Night Flight Exercise Pesawat Boeing

✈ Di Wilayah Kalimantan TimurB737 TNI AU [TNI AU]

Bertempat di Baseops TNI AU Lanud Balikpapan, Komandan Lanud Balikpapan Kolonel Pnb Heddezul S.Sos Beserta Kadisops Letkol Lek Harry Markonery S.T menyambut kedatangan pesawat Boing 737-200 dengan no Reg AI-7302 dan Pilot Mayor Pnb Agung Hartanto yang akan melaksanakan latihan terbang malam (Night Flight Exercise) di wilayah Kalimantan Timur selam dua hari.

Pesawat Intai Strategis AI-7302 dari Skadron Udara 5 landing di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan tepat pukul 14.25 Wita, Pesawat jenis Boeing 737-200 itu terbang dari Lanud Hasanuddin Makasar, Sulawesi selatan.

Sebelum melaksanakan Latihan Terbang malam dilaksanakan breifing di baseops Lanud Balikpapan dipimpin Komandan Lanud Balikpapan dan melibatkan Atsco (Air Nav), BMKG (Meteorologi), kesehatan dan unsur yang terlibat. Terbang malam selama dua hari di wilayah Kalimantan Timur Ini merupakan Latihan operasi pengintaian Skadron Udara 5, Latihan terbang malam (LATERMAL) dalam rangka profesiensi dan transisi penerbang skadron udara 5 Lanud Hasanuddin Makasar. Pesawat ini membawa 14 crew yang terdiri dari captain pilot, co pilot, engineer, operator dan observer. Sesuai namanya “pesawat intai strategis” tentu saja isi kabin pesawat ini didesain khusus bermuatan perlengkapan pengamatan, pemotretan dan pengintaian udara. Semuanya bermuatan instrumen intai strategis.

Adapun route Latermal yang dilaksanakan di wilayah Kaltim meliputi Balikpapan sasaran kembali Balikpapan dengan beberapa sorti antara lain : Sorti pertama berangkat dari Balikpapan pukul 16.40 wita, menuju sasaran dan kembali ke baseops pukul 19.27 wita, sorti kedua berangkat dari Balikpapan pukul 20.46 wita menuju sasaran dan kembali ke Balikpapan pada pukul 21.29 wita.

Operasi pengintaian jalur udara, merupakan tugas yang sangat penting. Bahkan terkadang pengintaian bisa berlangsung selama beberapa jam. Operasi pengintaian dilakukan secara acak. Sehingga di harapkan para siswa penerbang dapat meningkatkan profesional dan menambah pengalaman jam terbang malam.

  TNI AU  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...