Kamis, 01 Desember 2016

Kerjasama dengan Angkatan Bersenjata Jepang Perlu Ditingkatkan

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Laksamana Katsutoshi Kawano

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan, hubungan kerjasama pertahanan dan keamanan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Angkatan Bersenjata Jepang telah berjalan cukup lama, khususnya dalam hal pendidikan maupun bantuan kemanusian perlu ditingkatkan.

"Terutama menghadapi situasi regional yang berkembang dengan cepat," kata Gatot saat menerima kunjungan kerja Kepala Staf Gabungan Pasukan Bela Diri Jepang Laksamana Katsutoshi Kawano di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (30/11/2016).

Dalam kesempatan itu Gatot juga menyampaikan bahwa, Jepang merupakan negara maritim sama seperti Indonesia, oleh karena itu TNI perlu menjalin kerjasama dengan Angkatan Bersenjata Jepang.

"Terhadap keamanan maritim, terdapat kesamaan antara Indonesia dan Jepang sehingga atas dasar tersebut, TNI dengan senang hati bekerja sama dengan Angkatan Bersenjata Jepang," katanya.

Lebih lanjut Panglima TNI menuturkan sejak 1998 telah dilaksanakan kerjasama di bidang Pendidikan, dengan mengirimkan para prajurit dan taruna Akademi Militer untuk mengikuti pendidikan di Universitas Pertahanan Nasional Jepang (Boeidagaku).

"TNI mengikutsertakan Taruna Akmil untuk mengambil program sarjana dan pasca sarjana di Universitas Pertahanan Nasional yang berada di Yokosuka Jepang dan banyak memperoleh predikat lulusan terbaik, kerjasama ini perlu ditingkatkan," kata Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Terkait terjadinya gempa dengan kekuatan 7,3 skala Richter (SR) yang mengguncang wilayah Fukushima dan Koriyama Jepang beberapa waktu yang lalu, Panglima TNI menyampaikan rasa duka yang mendalam.

"Pada peristiwa terjadinya gempa tersebut secara pribadi saya turut berduka, kemudian saya juga mengucapkan terima kasih atas bantuan Pemerintah Jepang yang mengirimkan Helikopter, Kapal dan lainnya saat tsunami di Aceh 2004. Ke depan TNI akan menjalin dan meningkatkan kerjasama di bidang humanitarian assistance and disaster relief (HA/DR) dengan Jepang," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Laksamana Katsutoshi Kawano menyampaikan bahwa kerjasama kemaritiman sangat penting bagi Jepang terutama hubungan kerjasama dan persahabatan dengan negara-negara di Asean.

"Kerjasama dengan Indonesia sebagai negara maritim dan negara terbesar di Asean, saya harap semakin berkembang di masa mendatang khususnya di bidang pendidikan dan kemanusiaan," katanya.

Usai melaksanakan pertemuan, Panglima TNI secara khusus merayakan hari ulang tahun Laksamana Katsutoshi Kawano ke-62, yang dikemas dalam suatu jamuan makan siang di ruang VIP padang golf Mabes TNI Cilangkap.
 

  Tribunnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...