Selasa, 03 September 2019

KRI Kujang-642 Ikuti SEACAT 2019

KRI Kujang 642 TNI AL ★

KRI
Kujang-642 ikuti Latihan Bersama (Latma) Multilateral South East Asia Cooperation and Training (SEACAT) yang diselenggarakan mulai tanggal 19 s.d. 31 Agustus 2019.

Latihan ini merupakan salah satu bentuk latihan multilateral yang dilaksanakan setiap tahun antara US Indopacom dalam hal ini dilaksanakan oleh US COMLOG WESTPAC dan 8 angkatan laut negara-negara kawasan Asia Tenggara selama 2 minggu.

Seacat dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan latihan untuk mempererat hubungan kerja sama dan latihan angkatan laut di kawasan dalam mengatasi tantangan keamanan maritim secara efektif seperti tindak kekerasan bersenjata di laut, perompakan, penyelundupan dan penangkapan ikan ilegal.

Laksamana Muda Joey Tynch US COMLOG WESTPAC dalam sambutannya mengatakan bahwa kami tidak bisa memberikan contoh yang lebih baik jika negara-negara melaksanakan kerja sama dalam tujuan tertentu, dan hal itu adalah apa yang kita lihat saat ini.

Dalam Latihan Seacat 2019 ini yang dikedepankan adalah pertukaran dan mengumpulkan informasi dari negara-negara kawasan yang mengarah kepada peningkatan maritime domine awarness negara-negara Kawasan Asia Tenggara.

Seacat melaksanakan latihan di Filipina, Singapura, Perairan Malaysia, Perairan Thailand, dan Perairan Utara Pulau Bintan dalam rangka meningkatkan kerja sama militer.

Latihan Seacat 2019 ini juga diisi dengan kegiatan workshop dan latihan VBSS yang melibatkan US, Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam dan Bangladesh.

VBSS workshop dilaksanakan di Manila Filipina, seluruh peserta bertukar pengalaman dalam pelaksanaan operasi VBSS serta melaksanakan diskusi study kasus pada operasi VBSS.

Kegiatan Workshops dan seminar maritime security dan maritime domain awarness diikuti oleh LO IFC negara- negara peserta, dengan tujuan meningkatkan sharing informasi dan pengolahan data informasi dari berbagai sumber dalam menjamin kemanan laut.

Latihan manouver lapangan dilaksanakan 15 kali operasi VBSS yang bertujuan untuk melatih peserta latihan kedalam situasi yang sebenarnya dengan skenario tantangan layaknya menghadapi kondisi sebenarnya. skenario tersebut memanfaatkan sharing informasi dari pengelolaan data informasi LO IFC di Singapura.

Setelah latihan dinyatakan selesai selanjutnya akan dilaksanakan kaji ulang di Changi Singapura.

  TNI AL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...