Sabtu, 14 Februari 2015

Tank Scorpion Segera Perkuat Alutsista Yonkav Kodam XII/TPR

Satu Batalyon Tank Scorpion tahun akan memperkuat Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) Kodam XII Tanjungpura. Konsekuensinya tahun ini pembangunan Markas Komando (Mako) Yon Kaveleri di Peniti Kabupaten Pontianak dilanjutkan.

Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Toto Rinanto menjelaskan, Tank Scoorpion yang akan memperkuat Alutsista Yonkav Kodam XII TPR ini merupakan Tank Scorpion yang selama ini memperkuat Yonkav Kostrad.

“Pengalihan Tank Scorpion Yonkav Kostrad ke Yonkav Kodam XII Tanjungpura ini, karena disesuaikan dengan struktur tanah dan jalan di Kalbar yang lebih cocok dengan Tank ringan Scorpion dengan berat 8 ton, tidak seperti Main Battle Tank (MBT) atau Tank Tempur Utama Leopard yang merupakan Tank kelas berat.” Tegas Pangdam XII/ TPR Mayjend TNI Toto Rinanto, Kamis (12/02/2015).

Meskipun tank Scorpion tergolong tank ringan dan laras meriamnya hanya berdiamater 76mm sedangkan laras meriam Leopard mencapai 120mm, namun tetap sangat dibutuhkan untuk memperkuat wilayah Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Sarawak Malaysia.

  RRI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...