Selasa, 04 September 2012

Pertemuan SBY - Hillary

 Inilah Isu yang Dibahas SBY-Clinton

Inilah Isu yang Dibahas SBY-ClintonJakarta – Pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton Selasa (4/9) membahas sejumlah isu.

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa menyampaikan dalam pertemuan selama kurang lebih 45 menit itu sempat menyinggung persoalan Laut Cina Selatan, Suriah, Iran, hingga Semenanjung Korea. 

Amerika Serikat, lanjutnya, kembali menegaskan perannya dalam persoalan Laut Cina Selatan. "Dalam masalah ini, Amerika Serikat mendorong adanya court of conduct dan penekanan agar masalah ini dapat dikelola dengan baik,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Selasa (4/9). Terlebih lagi, sebentar lagi akan digelar KTT ASEAN dan Asia Timur di Pnom Phen pada November 2012.

Clinton pun sempat menyinggung persoalan di Suriah. Ia beranggapan Indonesia telah menunjukkan sikap yang konsisten mengenai persoalan tersebut. Yakni penekanan perlunya segera diakhiri konflik di Suriah yang menimbulkan korban di kalangan masyarakat sipil.

Amerika Serikat menyampaikan keprihatinannya bahwa di Suriah bisa terus berkembang sedemikian rupa sehingga menciptakan ketidakstabilan di kawasan Timur Tengah. “Dalam kaitan ini, Bapak Presiden kembali menekankan antara lain betapa pentingnya kesatuan pandangan DK PBB untuk bisa memastikan dicapainya perdamaian atau diakhirinya konflik di Suriah,” katanya.

Persoalan Iran juga sempat mencuat. Terutama berkaitan dengan penggunaan energi nuklir. Disebutkan, energi nuklir untuk maksud-maksud damai adalah sesuatu yang memang harus dihargai dan dihormati.

"Namun, Iran, seperti halnya negara lain juga, perlu mematuhi segala kewajibannya yang menyangkut nonproliferasi senjata nuklir,” kata Marty.

Selain itu, Clinton juga sempat membahas perkembangan di semenjung Korea. “Menlu Clinton menanyakan pandangan Presiden RI tentang perkembangan di Korea. Kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang situasi di Korea Utara sendiri,” katanya.
 Freeport tak Dibahas Dalam Pertemuan SBY-Clinton

Pertemuan selama 45 menit antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton tak membahas mengenai renegosiasi PT Freeport Indonesia.

“Masalah itu (renegosiasi kontrak karya) sama sekali tidak dibahas, baik dalam pertemuan Presiden dengan Clinton, maupun pembicaraan Clinton dengan kami (Kemenlu),” kata Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa saat memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Selasa (4/9).

Menurut dia tak dibahasnya renegosiasi PT Freeport Indonesia dapat dipahami. Karena, persoalan tersebut tidak menyangkut pemerintah Amerika Serikat dan pemerintah Indonesia.

 “Jadi, itu tidak dibahas,” katanya. Ia juga menambahkan, perkembangan kondisi Papua dan Papua Barat tak disinggung dalam pertemuan selama 45 menit itu. Ditegaskan Marty, pertemuan hanya semata membahas hubungan bilateral, regional, dan global.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...