Jumat, 04 Januari 2013

T-50 Untuk TNI AU


  T-50 Untuk TNI AU 

TNI Angkatan Udara akan segera diperkuat satu skuadron atau 16 pesawat T50 Golden Eagle dari Korea Selatan.

Pengadaan pesawat tersebut merupakan salah satu program pengembangan kekuatan TNI Angkatan Udara hingga 2024 berdasar kekuatan dasar minimum.

Pesawat latih T50 Golden Eagle rencananya menggantikan Hawk 53 MK buatan Inggris yang segera dipensiunkan, T50 adalah pesawat produksi perusahaan Korea Aerospace Industries (KAI) dimana dalam proses pembuatan pesawat T50 dibantu untuk pembiayaanya 13 persen dibiayai oleh perusahaan dari Amerika yaitu Lockheed Martin, 17 persen oleh Korea Aerospace Industries (KAI) dan sisanya, 70 persen ditanggung oleh pemerintah Korea Selatan.

T50 merupakan Pesawat tempur ringan dimana calon pilot pesawat tempur sukhoi harus melewati tes dengan T50, karena kalau latihan pakai Sukhoi "cost operasional" nya cukup besar. Selain untuk latihan, pesawat ini bisa digunakan untuk operasi penyerangan ringan.

T50 Aerobatik TNI AU selain untuk Tim Aerobatik, digunakan juga untuk pesawat penyerang, dimana terdapat tulisan TT (Tempur Taktis) pada bagian Kode Pesawat dimana kode TT pada versi TNI AU untuk Pesawat Tempur yang role utamanya untuk Air to Ground.

T50 bisa dipasang rudal "air to air" AIM-9 Sidewinder (rudal udara ke udara), rudal "air to ground" AGM-65 Maverick (rudal udara ke darat) serta mampu membawa beberapa Bomb seperti CBU-58 cluster, Mk 82, Mk 83/MK, dan Mk 20.

Khusus untuk Tim Aerobatik, TNI AU memesan camo atau design warna biru kuning, camo ini mirip yang dipakai oleh tim aerobatic Elang Biru. Dimana Tim Elang Biru ini menjadi kebanggaan TNI Angkatan Udara karena tim ini dapat disejajarkan dengan beberapa tim aerobatik kelas dunia seperti tim Red arrow (Inggris), Roulette (Australia), Golden Dreams (Inggris).



Desain pesawat yang dibuat khusus untuk T50 Golden Eagle ini sangat mirip dengan Elang Biru, apakah dengan pesawat T50 ini akan jadi penerus dari Elang Biru. Kita tunggu saja....!!!







All pics post by Kenyot10

Pertahananbangsa

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...