Senin, 28 September 2015

Kapal Selam Inggris Terlihat di Lepas Pantai Iran

Lewat Google Earth, terlihat kapal selam Inggris tengah bersandar di Fujairah (Daily Mail)

Sebuah citra satelit menunjukkan kapal selam milik Inggris berada di sebuah pelabuhan, kurang dari 100 mil laut dari Iran. Kapal selam milik Inggris itu diduga tengah menjalani perbaikan akibat kerusakan.

Kapal selam bertenaga nuklir itu terlihat tengah merapat di Fujairah, salah satu wilayah Uni Emirat Arab, di sebuah terusan dari Teluk Oman yang secara politis wilayah yang sangat sensitif, seperti dikutip dari laman Daily Mail, Minggu (27/9/2015).

Dari gambar citra satelit itu terlihat sebuah kabel berwarna biru tengah memberikan daya listrik ke kapal selam itu. Gambar juga menunjukkan penghalang sepanjang 650 kaki dibangun untuk melindungi kapal tersebut dari pandangan publik dan melindunginya dari serangan teroris.

Kapal selam nuklir milik Inggris yang 'terdampar' itu dirancang untuk melakukan pengawasan instalasi milik musuh. Kapal tersebut merupakan satu dari empat kapal selam kelas Trafalgar milik Inggris yang telah beroperasi selama 30 tahun.

Kapal selam yang didukung oleh reaktor nuklir ini seharusnya tinggal di laut selama tiga bulan. Mereka dilengkapi dengan rudal jelajah Tomahawk dan peralatan sensor yang dapat mengetahui musuh dari jarak 50 mil. Kemunculannya di duga karena mengalami masalah teknis akibat usia pemakaian yang sudah terlalu tua.

Terkait hal tersebut, seorang pejabat pertahanan Inggris mengatakan bahwa sebuah kapal selam milik Inggris telah mengunjungi Fujairah awal tahun ini. Hal itu rutin dilakukan dalam rangka perawatan kapal selam tersebut.

Kendati begitu, saat dimintai konfirmasi, juru bicara Departemen Pertahanan Inggris enggan memberikan komentarnya. "Kami tidak mengomentari operasi kapal selam," ujarnya. (esn)

  sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...