Kamis, 22 Oktober 2015

[World] Arab Saudi Akan Beli 4 Kapal Perang AS Senilai Rp 150 T

Kapal LCS US Navy

P
emerintah Amerika Serikat telah menyetujui kesepakatan penjualan empat kapal perang canggih senilai US$ 11 miliar (setara Rp 150 triliun) dengan Arab Saudi. Kesepakatan ini tercapai di tengah meningkatnya ketegangan di wilayah Timur Tengah.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (21/10/2015), keempat kapal perang tersebut relatif kecil, namun dirancang untuk bergerak cepat dan mampu bermanuver di perairan dangkal. Kapal-kapal itu mengangkut puluhan rudal antipesawat Sea Sparrow dan rudal antikapal Harpoon.

Jika disetujui Kongres AS, penjualan ini akan dilakukan di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Seperti diketahui, Rusia saat ini tengah melancarkan serangan-serangan udara di Suriah, yang merupakan seteru Saudi. Ditambah lagi dengan ketegangan antara Saudi dan Iran, yang kian memanas setelah Saudi dan koalisi Arab melancarkan serangan udara terhadap pemberontak Houthi di Yaman.

Lewat statemennya, Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan menyatakan telah memberitahu Kongres AS mengenai keputusan Departemen Luar Negeri AS untuk melakukan penjualan tersebut. Saat ini kesepakatan tersebut masih menunggu persetujuan Kongres.

Dikatakan Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan, penjualan itu akan "meningkatkan keamanan mitra regional strategis, yang telah dan terus menjadi kekuatan penting untuk stabilitas politik dan kemajuan ekonomi di Timur Tengah." (ita/ita)

  ♆
detik  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...