Kamis, 11 Februari 2016

[Dunia] Kastaf Militer Korut Dieksekusi Mati

Jenderal Ri saat memberikan sambutan Agustus 2014 lalu. (SkyNews)

Kepala Angkatan Bersenjata Korea Utara Jenderal Ri Yong Gil dieksekusi mati, atas perintah pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-Un.

Jenderal Ri Yong-Gil yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Bersenjata Republik Korea, dieksekusi pekan lalu, setelah dituduh melakukan korupsi dan memperkaya diri, demikian diberitakan kantor berita Yonhap, Rabu 10 Februari 2016.

"Ri Yong-Gil dikenal sebagai orang yang teguh pada prinsipnya, jadi apa yang dituduhkan oleh Korea Utara hanyalah pembenaran untuk eksekusi matinya,” demikian seorang sumer yang dikutip Yonhap.

Waktu hukuman mati yang dikenakan pada sang jenderal diperkirakan berbarengan dengan saat-saat Presiden Korut Kim Jong Un mengepalai pertemuan antara partai berkuasa di Korut, Partai Pekerja dan pihak militer. Jika berita ini benar, hukuman mati terhadap Jenderal Ri dilakukan kurang dari setahun dieksekusinya menteri pertahanan Korut.

"Ini memperlihatkan Kim Jong-Un sangat ketakutan dengan angkatan bersenjata,” ujar sang sumber tadi. “Ini juga menunjukkan berlanjutnya pemerintahan teror yang ia pimpin,” lanjutnya.

Sang sumber memperkirakan, penyebab Jenderal Ri dihukum mati adalah keberatannya atas penunjukkan sejumlah pimpinan partai di posisi kunci militer.

Jenderal Ri ditunjuk sebagai Kepala Staf militer Korut pada tahun 2013 oleh Kim.
 

  Berita Satu  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...