Selasa, 27 Desember 2016

TNI AL Akan Laksanakan LATMA Multinasional Aman 2017

KRI Fatahillah-36 [def.pk]

TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat ini akan melaksanakan Latihan Bersama (Latma) Multinasional Aman 2017 dengan puluhan negara dari seluruh Dunia. Hal ini disampaikan Komandan KRI Fatahillah-361 Letkol Laut (P) Rio H.M. Yumm dalam pemaparan tentang kesiapannya didepan Pangarmatim Laksamana Muda TNI Darwanto, SH. M.A.P.

Latma Multinasional Aman 2017 akan melibatkan 18 Negara diantaranya adalah Australia, China, Mesir, Indonesia, Italia, Iran, Jepang, Kuwait, Malaysia, Maldives, Nigeria, Rusia. Korsel, Sri Lanka, Pakistan, United Kingdom (UK) dan United States (US) Navy.” Letkol Laut (P) Rio H.M. Yumm, di ruang rapat Pangarmatim, Koarmatim, Ujung Surabaya. Selasa, (27/12).

Latma Multinasional Aman 2017 yang diselenggarakan 2 tahun sekali oleh Pakistan Navy rencana akan dilaksanakan mulai tanggal 10 s.d. 14 Februari 2017 dan diikuti oleh 20 kapal permukaan, 10 unsur udara, pasukan khusus dan observer dari 18 negara. Sedangkan TNI AL akan mengirimkan Satgas terdiri dari KRI SIM-367 Jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmatim, 1 tim Kopaska, dan 2 Observer.

Sementara Kadispenarmatim Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman menyampaikan bahwa, kegiatan Latma ini sangat penting, selain guna meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL, juga untuk meningkatkan kemampuan personel dalam beradaptasi dengan cepat, baik terhadap lingkungan fisik maupun nonfisik.

Kemampuan adaptasi ini sangat penting dimiliki setiap prajurit untuk melatih ketajaman analisa, pengambilan keputusan dan melakukan tindakan dengan cepat dalam situasi pertempuran, serta sebagai sarana Memperkenalkan Indonesia Kepada Dunia Internasional.” ujarnya.

Selain paparan tentang persiapan Latma Multinasional Aman 2017, Perwira Operasi (Pasops) Satkor Koarmatim Letkol Laut (P) Seno Ario Wibowo, S.T., menyampaikan paparan Rencana Garis Besar Kegiatan Latpratugas Operasi Satgas Pamtas Laut Koarmatim Tahun 2017 Malindo dan Philindo yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 9-23 Januari 2017 mendatang.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Staf Armada RI Kawasan Timur (Kasarmatim) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Ing. Ariawan, SE., MM., para pejabat utama Koarmatim, Para Komandan Satuan Koarmatim dan seluruh Komandan Unsur yang terlibat Latma. (ips)

  Jurnalpatrolinews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...