Jumat, 06 Januari 2017

Bakamla Tinjau Kapal di Palindo

Sestama Bakamla RI Tinjau Alutsista di Zona Barathttp://www.janes.com/images/assets/201/65201/p1651689.jpgDesain kapal Bakamla [IHS Janes]

Sekretaris Utama Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Sestama Bakamla RI) Laksda TNI Agus Setiadji, S.A.P. didampingi Kepala Bagian Kepegawaian Bakamla RI Kolonel Laut Dr. I Wayan Warka, M.M. melakukan inspeksi dan peninjauan terkait kesiapan sumber daya Bakamla RI dari sisi personel dan sarana prasarana di beberapa lokasi di Zona Maritim Wilayah Barat, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (5/1/2017).

Pelaksanaan rangkaian kegiatan yang didampingi pula oleh Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma TNI Prasetyo S.Pi., M. Tr (Han)., M.A.P. tersebut diawali dengan kunjungan ke PT. Palindo Marine Shipyard Tanjung Uncang dan diterima oleh Direktur Palindo Harmanto. Pertemuan berlanjut ke galangan kapal untuk melaksanakan peninjauan terkait pembangunan kapal 110 meter Bakamla RI yang telah dimulai sejak 2015.

Platform yang akan menjadi kapal terbesar yang dioperasikan oleh Bakamla RI ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan Bakamla RI dalam melakukan pengawasan maritim serta pencarian dan penyelamatan (SAR) terutama di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif. Dengan kecepatan maksimal lebih dari 20 knot dan kecepatan jelajah 15 knot kapal ini menampung tiga RIB (Rigid Inflatable Boats) di port kanan, kiri dan di buritan yang dapat diluncurkan melalui small boat recovery system. Kapal patroli lepas pantai (OPV) ini juga memiliki kemampuan untuk mengoperasikan shipborne helicopter atau UAV, dengan kemampuan membawa beban pada platform flight dek hingga 12 ton.

Seusai peninjauan kapal 110 meter, Sestama Bakamla RI beserta rombongan melanjutkan kegiatan peninjauan ke Pangkalan Armada Batam untuk memeriksa kesiapan alutsista di pangkalan, khususnya pembangunan Long Range Camera (LRC), Global Maritime Distress Safety System (GMDSS), ROV dan sarana prasarana di Pangkalan Armada Batam. Dalam kesempatan tersebut, sekaligus Sestama Bakamla RI melakukan inspeksi ke Kapal Negara (KN) 4801 Bintang Laut dan KN. 4806 Belut Laut.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan peninjauan ke Kantor Kamla Zona Maritim Barat. Kegiatan meliputi rapat pelaporan APBN-P 2016, kondisi kantor secara fisik dan SDM beserta permasalahan yang dihadapi melalui presentasi yang disampaikan oleh Kepala Zona Barat dan Kabagum Kombes Hadi Purnomo, serta dihadiri pula oleh jajaran personel Kantor Kamla Zona Maritim Barat.

Kunjungan Sestama ke beberapa titik di wilayah Zona Kamla Maritim Barat ini merupakan kunjungan ke kantor-kantor kamla di daerah yang pertama kalinya sejak dilantik pada 9 Desember 2016. Kunjungan ini perlu dilakukan untuk memeriksa kondisi kesiapan Bakamla RI di daerah, dalam hal ini di wilayah zona kamla maritim barat dalam melaksanakan kegiatan pengawasan perairan Indonesia.
 

  Maritimnews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...