Rabu, 22 Maret 2017

Exercise Garuda Shakti

Latihan Rutin Kostrad Bersama AD IndiaTNI tak hanya mengadakan latihan militer bersama negara-negara ASEAN ataupun Amerika Serikat, tetapi juga secara rutin juga membina kerjasama militer dengan negara-negara regional seperti India, Australia ataupun Tiongkok.

Dengan India, TNI AD sudah rutin melaksanakan latihan militer bersandi Exercise Garuda Shakti yang diadakan setiap tahun sejak 2012.

Tempat pelaksanaan latihan dilakukan secara bergantian. Latihan pertama dilaksanakan di India, tepatnya di CIJWS (Counter Insurgenct & Jungle Warfare School), Vairengte, Mizoram pada bulan Maret 2012.

AD India diwakili oleh 19th Madras Infantry Battalion dari 21st Mountain Division dari Komando Timur, AD India. Anggota satuan ini sebagian besar sedang menjalankan operasi tempur di Sektor Utara.

Kontingen TNI AD diwakili oleh Brigade Infantri 13/ Galuh yang dipimpin Letkol Heru Puana. Kontingen terdiri dari lima orang perwira, enam bintara dan 14 tamtama. Latihan pertama ini mencakup operasi mobud dengan dukungan helikopter Mi-17 dari AU India yang berpangkalan di Kumbhirgam, Assam.

Garuda Shakti II/2013 dilaksanakan Indonesia, sedangkan Garuda Shakti III/2014 kembali dilaksanakan di Counter Insurgency & Jungle Warfare School di Vairengte, Mizoram di India pada 9-21 Februari 2015.

Latihan Garuda Shakti IV/2016 dilaksanakan di Magelang oleh Peleton AD India dari Komando Selatan. Indonesia sendiri mengerahkan prajurit dari Batalyon Linud 503/ Mayangkara.

Exercise Garuda Shakti difokuskan pada operasi dan taktik kelompok kecil setingkat peleton. Silabi pelatihan mencakup pelaksanaan operasi anti terorisme di wilayah urban ataupun rural.

Harapannya, dengan latihan bersama ini kedua angkatan bersenjata bisa bertukar ilmu dan pengalaman serta keahlian, apalagi kedua negara sama-sama menghadapi ancaman yang sama dalam hal operasi anti teror.

India dan Indonesia sama-sama berharap bahwa latihan ini akan meningkatkan kemampuan interoperabilitas dan kesepahaman dalam skala internasional terutama selaku pasukan penjaga perdamaian, sesuai dengan mandat PBB.

Tahun ini Exercise Garuda Shakti V/2017 akan diadakan di Kamp Nhan, India, antara 20 Maret sampai 2 April 2017. TNI AD mengirimkan kontingen yang terdiri dari 29 prajurit Batalyon Infantri Para Raider 501/ Bajra Yudha, 13 prajurit Kopassus, dan tiga orang personil dari Dinas Penerbangan TNI AD (Penerbad).

Sebelum berangkat, prajurit yang sudah ditunjuk untuk berangkat ke India menjalankan pembekalan Pra-Latma di Cilodong, Depok selama satu minggu mulai tanggal 9-15 Maret 2017.

Pembekalan ini dipimpin oleh Danyon Para Raider 501 Letkol Inf. Edy Widyanto, S.Sos yang bertindak sebagai Danlat. Para prajurit menjalankan materi tembak reaksi, pertempuran jarak dekat, demolisi, sanjak, survival, patroli, dan mobil udara melalui teknik fastroping dan juga rapelling.

Operasi Garuda Shakti V/2017 akan ditutup melalui upacara resmi pada 2 April 2017 dengan dihadiri para perwira dari kedua negara.

Author: Aryo Nugroho

   angkasa  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...