Selasa, 05 Desember 2017

Armed TNI AD Siap Jaga Kedaulatan RI

Pamerkan Alutsista Modern http://www.pikiran-rakyat.com/sites/files/public/styles/medium/public/image/2017/12/Rin041217-HUT%20ARMED2.jpg?itok=POygHKRhPeringatan HUT Korps Artileri Medan (Armed) TNI-AD ke-72 berlangsung meriah di Pusdik Armed Kodiklat TNI AD Jalan Baros Kota Cimahi, Senin, 4 Desember 2017. Selain dihadiri prajurit aktif hingga purnabakti, kehadiran alat utama sistem persenjataan (alutsista) modern yang dipamerkan menyedot perhatian.

Jenis alutsista yang dipamerkan yaitu roket Multiple Launch Rocket System (MLRS) Astros (Artileri Saturation Rocket System) MK II tipe 6 buatan Brazil. Roket tersebut berdaya jangkau ke sasaran hingga 85 km, saat ini roket tersebut dalam pengembangan daya jangkau amunisi hingga 300 km.

Jenis alutsista lain yaitu meriam 155 mm Caesar buatan Perancis. Dengan daya jangkau 40 km, alutsista tersebut merupakan meriam swagerak (self propheler).

Dalam acara tersebut turut dilaksanakan tembakan Meriam Sapu Jagad sebagai penghormatan kepada purnawirawan Armed yang ikut serta membesarkan nama Korps Baret Coklat, serta perwakilan satuan Armed baik Kodam maupun Kostrad ikut hadir untuk memeriahkan HUT Armed yang Ke-72.

Danpussenarmed Brigjen TNI Dwi Jati Utomo,S.I.P.,M.Tr (Han)., didampingi Wadan Pussenarmed Kolonel Arm Julius Jolly Suawa,S.Sos., mengatakan, kekuatan alutsista yang dimiliki saat ini terus diupayakan untuk mewujudkan modernisasi alutsista menuju "World Class Gunner" dengan memanfaatkan kemajuan teknologi sesuai dengan tema "Prajurit Armed Yang Modern, Cerdas dan Tangguh Siap Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

"Beberapa pengembangan dan kemajuan yang dimiliki satuan Armed telah menjadi obsesi kami semua. Menjadi bagian dari kesenjataan dalam menjaga wilayah kedaulatan NKRI," ujarnya.

Menurut Dwi, esensi HUT Armed Ke-72 yaitu untuk evaluasi introspeksi kinerja ke belakang. "Kemudian harapan dan target yang akan kita kerjakan di tahun-tahun mendatang. Harapan kami Armed bisa mengimplementasikan motto dengan optimal," katanya.

Pengadaan alutsista baru itu tentu kian menambah kekuatan pertahanan Indonesia. "Pemerintah sangat mendukung modernisasi alutsista. Hal itu dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan negara," ucapnya.

Kedatangan alutsista yang modern, juga harus ditunjang dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM). "Modernisasi alutsista yang sarat teknologi dan komputerisasi sehingga tidak ada pilihan lain untuk meningkatkan kualitas SDM" katanya.

Alutsista modern yang dimiliki saat ini diharapkan dapat menjawab rencana gelar TNI AD pada daerah strategis baik di pulau terluar dan di daerah perbatasan dalam menghadapi ancaman terhadap NKRI.

 Penghargaan untuk prajurit 
Artileri Medan TNI AD Telah Diperkuat Roket Canggih Buatan Brasil, Daya Jangkaunya Hingga 85 KMPada Ulang Tahun kali ini, Danpussenarmed juga memberikan penghargaan kepada prajurit prajurit Armed yang berprestasi di Sea Games Kuala Lumpur yaitu Serda (k) Nurul Fajar mendapat 2 perak dan Serda (k) Ressa Kania Dewi mendapat 1 perak 1 perunggu dan 8 orang prajurit Armed yang prestasi di bidang renang sampai tingkat PON. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri buat Danpussenarmed dimana beliau merupakan ketua Cabang Olah raga Renang di KOMIAD.

Rangkaian kegitan yang telah dilaksanakan dalam rangka HUT Armed Ke- 72 tahun ini berupa Karya Bhakti pembersihan rumah ibadah baik masjid maupun gereja dan taman Kartini yang ada di depan Mako Pussenarmed sehingga bersih dan asri, bhakti sosial dengan melaksanakan pelayanan kesehatan dan pembagian sembako di daerah Batujajar bekerjasama dengan Yayasan Budha Tzu Chi, melaksanakan anjangsana sebagai wujud kepedulian dan simpati keluarga besar Pussenarmed kepada sejumlah purnawirawan dan anggota yang tengah sakit, olahraga jalan santai, dan melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung yang ditandai dengan tabur bunga di pusara makam para pahlawan.

Acara HUT kali ini turut dimeriahkan kehadiran artis ibukota Tukul Arwana serta artis-artis Kota Bandung membuat suasana semakin meriah. Para prajurit, unsur komandan serta keluarga besar Armed turut larut bersama membuat suasana tambah semarak.***

  Pikiran Rakyat  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...