Minggu, 07 Januari 2018

Angkatan Udara Latihan Navigasi di Sumbar

✈️ Ilustrasi Pesawat F16 TNI AU [def.pk]

TNI Angkatan Udara (AU) menggelar latihan navigasi di Sumatera Barat (Sumbar) sekaligus patroli rutin di wilayah pesisir Barat provinsi itu.

Latihan yang digelar Skuadron Udara 16 Tempur (Skadud 16) yang bermarkas di Lapangan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru dengan melintasi wilayah Sumbar,” kata Danlanud Sutan Sjahrir Padang, Kolonel Pnb Eko Sujatmiko ketika dihubungi dari Padang, Kamis (4/1/2018).

Menurut dia, latihan tersebut terdiri dari empat pesawat tempur jenis F-16 yang dimiliki Skadud16 yang melintasi langit Sumbar dan berputar kembali ke Pekanbaru.

Selain itu dalam latihan gabungan tersebut juga diikuti oleh empat jet tempur jenis Hawk MK-53 dari Skuadron Udara 12 (Skadud12) Panther Hitam Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Latihan tersebut dilakukan sejak Kamis pagi, mereka melintasi langit Kota Padang dan wilayah Sumbar kemudian kembali mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin.

Mereka tidak mendarat di Lanud Sutan Sjahrir Padang atau Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Kabupaten Padang Pariaman,” ujar dia.

Menurutnya latihan seperti ini sering dilakukan selain untuk pemetaan wilayah juga bertujuan menjaga keamanan di wilayah pantai Barat Pulau Sumatera.

Lanud kita juga sering kedatangan pesawat latihan seperti Hercules dan lainnya sebagai bentuk dukungan terhadap Pangkalan Udara tipe A Lanud Pekanbaru,” katanya.

Sementara salah seorang warga Eka Riyanto (36) mengaku terkejut dengan kehadiran pesawat tempur di langit Kota Padang ketika dirinya sedang menjalani aktivitasnya.

Saya sedang melakukan pekerjaan dan tiba-tiba langit bergemuruh dilewati oleh pesawat tempur. Biasanya atraksi pesawat tempur ini hanya ada ketika HUT TNI,” tambah dia.

  ✈️ Rilis  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...