Rabu, 18 Juli 2018

PT PAL Fokus Garap Pasar Asia

https://1.bp.blogspot.com/-AWZH2BsCu0s/Wx1QPb7BGzI/AAAAAAAALRo/F00jIRZSbsoEkOfP-a55_Lkb0Mbi9LkbgCPcBGAYYCw/s1600/PT%2BPAL%2BCorvette.jpgPT PAL Indonesia

Produsen peralatan sistem pertahanan laut, PT PAL Indonesia (Persero) makin serius melebarkan sayap bisnisnya ke luar negari. Perusahaan sekarang konsentrasi bikin kapal perang.

Kapal perang yang sedang dirancang oleh perusahaan terse­but adalah kapal jenis Landing Platform Dock (LPD). Direktur Utama PT PAL Indonesia (Per­sero), Budiman Saleh menjelas­kan, usaha menarik pasar luar tidak mulus, karena ada kom­petitor untuk PT PAL.

"Saingan kita Singapura," tutur Direktur Utama PT PAL Indonesia (Per­sero) Budiman Saleh dalam keterangannya, kemarin.

Menurutnya, untuk merebut kepercayaan pasar ekspor tentu yang harus dilakukan perusahaan menjaga kualitas baik, bahkan meningkatkannya. "Kapal yang dirancang memiliki spesifikasi yang berbeda sesuai jenisnya," katanya.

Budiman mengungkapkan, kapal perang jenis LPD menarik minat negara tetangga. Minat itu antara lain datang dari Malaysia, Thailand, dan Filipina. Untuk Malaysia sudah ada kontrak pesanan kapal perang jenis LPD yang dinamakan Multirole Sup­port Ship (MRSS). Kapal MRSS sudah dibuat sejak tahun lalu dengan panjang 163 meter.

"Ada 2 unit LPD MRSS yang dibutuhkan Malaysia, bahannya berkualitas dan lebih panjang yang memiliki kemampuan di antaranya pendaratan pasukan dan melakukan pendaratan pa­sukan helikopter serta tank," jelasnya.

https://4.bp.blogspot.com/-J4D4sCA2W4c/W09R1DRI9_I/AAAAAAAALVI/CPB20FEQE1MA96ctenjCjHFq0uxNL2GgwCLcBGAs/s1600/LPD%2Bke6%2BTNI%2BAL%2BIndonesia%2BDefence%2BForum.pngLPD keenam TNI AL produksi PT PAL Indonesia

Dia menyebutkan bahwa nama besar PT PAL dipertaruhkan dalam produk yang dibuatnya. Untuk itu perusahaan berhati-hati menjaga kualitas produksi. "Dan LPD MRSS ini paling besar di ASEAN, alhamdulillah dalam beberapa putaran ranking 1," katanya.

Budiman berharap proyek kapal terbesar tetap menjadi proyek prioritas pemerintahan Malaysia di bawah Mahathir Mohammad. "Kita berharap pe­merintahan baru, Pak Mahathir masih menganggap project ini project prioritas. Karena ada pergeseran dari Pak Najib ini prioritas dan sekarang ada yang diubah, ada yang dibatalkan. Kita berharap RMSS prioritas nomor 1," harap dia.

PT PAL juga sedang berusaha mendapatkan kontrak kerja pem­buatan kapal perang Pemerintah Thailand dan bersaing dengan negara Singapura. "Thailand butuh 143 meter, saingan kita Singapura. Thailand sedikit ber­beda dari pesanan lain karena dia harus mampu untuk penurunan pasukan, bisa suplai bahan bakar dari air serta kapal selam serta charging baterai dan submarine rescue," ungkapnya.

Untuk Thailand, pihaknya berharap dalam waktu dekat ada kunjungan langsung ke PT PAL. Tujuannya agar negeri Gajah Putih itu bisa melihat langsung produk kapal jenis LPD.

"Kalau kita berharap supaya di September sampai Oktober ada sinyal dari mereka agar mereka berkunjung dan melihat LPD kita langsung, karena see­ing is believing," katanya.

https://3.bp.blogspot.com/-9SNw1BYFE7I/W09QF2qrDsI/AAAAAAAALU8/9ghZE_shTKgcp-tZvdygLNcdlligoDCLACLcBGAs/s1600/PAL95%2B%2Bmilitary_buzz%2B%25E2%2580%25A2%2BInstagram%2Bphotos%2Band%2Bvideos.pngKonsep OPV 95m PT PAL Indonesia [ig@military_buzz]

Budiman bilang jika calon konsumen tidak melihat lang­sung maka peluang untuk mem­beli buatan Indonesia sangat tipis. Kenapa?

Karena negara kompetitor menurutnya akan mengagung­kan buatan negerinya sendiri dan menilai kualitas Indonesia di bawah mereka.

"Kompetitor kita selalu cerita PT PAL belum punya kemam­puan yang multiplatform seperti itu. Padahal, secara engineering kapabiltiti menggunakan soft­ware bisa kita lakukan," ujar Budiman.

Sedangkan di Filipina beren­cana membeli 2 unit kapal jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) dengan spesifikasi sama dengan kapal yang sebelumnya dibuat oleh PT PAL. "Tapi mereka me­nanyakan ke Korea dan Belanda. Tentu kami melakukan peruba­han baik geometrik, desain dan kemampuan spesifikasinya. Teknologi kan berubah dan makin maju," tambah dia.

Ia pun optimistis Filipina akan melakukan pemesanan kapal jenis SSW ke PT PAL. Budiman sudah bertemu dengan Men­teri Pertahanan Filipina yang bangga dengan dua kapal SSV sebelumnya buatan PT PAL. Untuk investasi, anggaran dana talangan sudah ada dan siap digunakan kapan saja dengan nilai Rp 5,7 Triliun.

"Investasi kita sudah ada, modal kerja kita punya dukungan ekspor-impor, Jasindo dan Askrindo Rp 5,7 triliun yang siap dipakai kapanpun," katanya.

  RMOL  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...