Rabu, 01 Agustus 2018

Antasena, Tank Boat Pertama di Dunia Buatan Indonesia

⚓️ Dipesan Rusia Tank Boat Antasena

Kemampuan Indonesia dalam merancang alat pertahanan atau persenjataan semakin tidak diragukan lagi. Terbaru, PT Pindad memproduksi Kapal Antasena. Kapal itu tidak cuma bisa dioperasikan di laut, tetapi juga di sungai, muara, bahkan rawa.

Antasena ini memadukan teknologi tank dan boat. Kapal dengan spesifikasi seperti itu belum pernah diproduksi sebelumnya oleh industri kapal dunia.

Antasena juga multifungsi. Di antaranya, untuk berpatroli dan mengangkut pasukan serta logistik. Ia juga bisa lincah mengejar perompak yang melarikan diri dari laut menuju sungai atau rawa-rawa.

Seperti dilansir Jawa Pos Radar Banyuwangi, tank boat made in Banyuwangi, persisnya di PT Lundin Industry Invest, itu telah dipesan Kemenhan. PT Lundin berkolaborasi dengan PT Pindad serta industri pertahanan asal Belgia CMI Defence.

Kemarin Menteri Pertahanan (Menhan) Jenderal TNI (pur) Ryamizard Ryacudu meninjau langsung produksi kapal dan meresmikan prototipe kapal tersebut di PT Lundin, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Ryamizard didampingi Bupati Abdullah Azwar Anas.

"Hasilnya sangat baik, sangat membanggakan. Bangsa kita mampu membuat kapal bagus, bahkan sudah banyak dipesan negara lain," ujarnya.

Salah satu pemesannya, kata Ryamizard, adalah Rusia. "Kami targetkan tahun depan kapal sudah bisa dioperasikan. Kapal ini nanti dioperasikan di wilayah yang daerahnya memiliki banyak sungai dan rawa, seperti Kalimantan dan Papua," imbuhnya.

Ryamizard menambahkan, program pengembangan tank boat tersebut sudah dimulai setahun lalu. Industri kapal di Banyuwangi dipercaya untuk memproduksi kapal bersama PT Pindad karena dinilai telah berpengalaman membuat kapal berteknologi canggih.

Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan industri perkapalan Banyuwangi berdasar rekomendasi Kemenhan. Industri Banyuwangi memproduksi kapalnya, sedangkan Pindad membangun persenjataannya.

"Jadi, ini memang produk baru yang belum pernah ada di dunia. Kapal tank ini dilengkapi canon kaliber 105 mm yang pas diajak berakselerasi dan menghancurkan kapal musuh," ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Lundin Liza Lundin mengatakan, tank boat tersebut dibuat dengan hull ganda atau disebut sebagai catamaran. Dimensi bagian bawah kapal dibuat hanya setinggi 1 meter sehingga bisa masuk ke perairan kecil seperti sungai dan rawa.

"Ini tank, tapi bentuknya boat (kapal) sehingga menjadi kapal tempur yang fleksibel," katanya.

Dia memberi contoh, kalau dulu ketika mengejar perompak, kapal patroli mengalami kesulitan saat perompaknya dari laut masuk ke sungai. Sebab, kapal patroli terlalu besar. "Nah, tank boat ini bisa mengejar hingga ke sungai," terangnya.

Bupati Azwar Anas menyampaikan terima kasih kepada Kemenhan yang telah memercayakan produksi alutsista negara di Banyuwangi. "Produksi tank boat ini membuktikan industri kapal dalam negeri punya daya saing tinggi di kompetisi global sekaligus mendukung visi kemaritiman Presiden Jokowi," katanya.

  ⚓️ Jawa Pos  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...