Rabu, 20 Maret 2019

[RIP] Baku Tembak dengan Kelompok Bersenjata di Nduga

Anggota Brimob Gugur http://cdn2.tstatic.net/kalteng/foto/bank/images/tribunkalteng-brimob-terluka-saat-memburu-kkb-di-papua.jpgSeorang anggota Brimob terluka saat memburu KKB di Papua. [tribunnews]

B
aku tembak dengan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) di Nduga kembali terjadi. Kali ini antara KKSB dan pasukan Brimob. Satu anggota Brimob gugur akibat insiden ini.

Peristiwa baku tembak itu terjadi pada Rabu (20/3/2019) pagi sekitar pukul 07.30 WIT. Baku tembak telah terjadi antara Pasukan Brimob Nemangkawi tim Belukar dan KKSB di Bandara Mugi Distrik Mugi, Kab. Nduga.

Insiden baku tembak itu terjadi saat aparat mengamankan bandara dalam rangka pendorongan logistik. Berdasarkan informasi yang didapatkan, 3 anggota tim Belukar terkena tembak dan satu di antaranya tewas.

"Benar, satu orang anggota gugur," ujar Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin, Rabu (20/3/2019).

Saat ini ketiga anggota tim Belukar yang terkena tembak sudah dievakuasi dari Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, ke Timika menggunakan Helly Penerbad. (fjp/aud)

 Bharada Aldy yang Gugur Diberi Kenaikan Pangkat 

Bhayangkara Dua (Bharada) Muhammad Aldy, anggota Brimob yang gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua, merupakan anak kebanggaan keluarga. Ayah Aldy sehari-hari bekerja sebagai buruh di Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

"Korban adalah putra yang dibanggakan keluarganya. Duka mendalam keluarga korban tentu menjadi duka mendalam Polri. Korban adalah putra dari seorang buruh di Nunukan, Kalimnatan Utara," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2019).

Dedi menuturkan kepergian Bharada Aldy tak menyusutkan semangat Polri untuk mengejar KKB. Gugurnya Aldy justru memotivasi pasukan untuk lebih semangat mengejar KKB.

"Polri berduka, salah satu prajurit terbaik kami gugur dalam tugas di Papua. Gugurnya korban bukan berarti memupuskan semangat kami untuk mengejar KKB, tapi justru memotivasi kami dalam rangka melindungi masyarakat Papua dan mengejar kelompok kriminal bersenjata di sana," tegas Dedi.

Dedi mengatakan Aldy mendapat kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) dari bharada menjadi bhayangkara satu (bharatu). Dedi menerangkan Aldy baru saja lulus pendidikan Tamtama 2018 lalu. Dia baru mendapat penugasan di Papua pada Februari lalu.

"Korban otomatis langsung mendapatkan penghargaan kenaikan pangkat dari Bapak Kapolri. Tiap anggota Polri yang gugur dalam tugas, berhadapan atau kontak langsung dengan pelaku tindak pidana atau kejahatan, diproses untuk KPLB. Baru lulus Tamtama 2018 lalu," terang Dedi.

Peristiwa baku tembak yang mengakibatkan Bharada Aldy gugur terjadi pada Rabu (20/3), sekitar pukul 07.30 WIT. Baku tembak antara Pasukan Brimob Nemangkawi Tim Belukar dan KKSB terjadi di Bandara Mugi, Distrik Mugi, Kabupaten Nduga.

Insiden terjadi saat petugas mengamankan bandara untuk pendorongan logistik. "Benar, satu orang anggota gugur," ujar Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin, pagi tadi.

Setelah terjadi baku tembak, ketiga anggota Tim Belukar yang tertembak langsung dievakuasi menggunakan helikopter Penerbad. (aud/jbr)

 2 Anggota Brimob yang Tertembak KKSB di Nduga Dirawat di RS 

Baku tembak dengan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) di Nduga, Papua, menyebabkan seorang anggota Brimob gugur dan dua lainnya terluka. Dua anggota Brimob yang luka tengah menjalani perawatan.

"Yang meninggal sudah divisum, kami hanya visum luar saja, sementara dua korban lain yang selamat tengah menjalani perawatan," kata Kabag humas RSUD Mimika Lucky Mahakena saat ditemui di RSUD Mimika, Rabu (20/3/2019).

Peristiwa baku tembak ini terjadi pada Rabu (20/3), sekitar pukul 07.30 WIT. Baku tembak antara Pasukan Brimob Nemangkawi Tim Belukar dan KKSB terjadi di Bandara Mugi, Distrik Mugi, Kabupaten Nduga.

Insiden terjadi saat petugas mengamankan bandara untuk pendorongan logistik. "Benar, satu orang anggota gugur," ujar Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin, Rabu (20/3).

Setelah terjadi baku tembak, ketiga anggota Tim Belukar yang tertembak langsung dievakuasi menggunakan helikopter Penerbad. (jbr/hri)

  detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...