Sabtu, 15 Agustus 2020

Pesawat NC212i, Produksi PTDI Terbaik di Segmen Pesawat Ringan

✈ Telah memproduksi pesawat NC212 sebanyak 116 unit untuk dalam negeri maupun luar negeri. ✈ PTDI telah mengirimkan 2 unit NC212i pada tanggal 22 Oktober 2019 dan 10 November 2019 kepada Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC) Thailand. [PTDI]

PT Dirgantara Indonesia (Persero), yang sebelumnya bernama Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) ini merupakan salah satu perusahaan aerospace di Asia.

Perusahaan tersebut memiliki kompetensi inti dalam desain dan pengembangan pesawat, pembuatan struktur pesawat, produksi pesawat, dan layanan pesawat untuk sipil dan militer dari pesawat ringan hingga menengah.

Sejak didirikan pada tahun 1976, sebagai perusahaan milik negara di Bandung, Indonesia, PTDI telah berhasil mengembangkan kemampuannya sebagai industri kedirgantaraan.

Dikutip KabarLumajang.com dari laman resmi PT Dirgantara Indonesia, NC212i merupakan salah satu pesawat versi pengembangan dari seri C212-400.

Pengembangan dan produksi NC212i (versi perbaikan NC212-400)) dilakukan dibawah perjanjian kerjasama strategis dengan Airbus Defense & Space, Spanyol.

Pesawat ini dilengkapi performa tinggi dengan berbagai macam konfigurasi yang telah terbukti tangguh digunakan dalam berbagai jenis lingkungan dan misi yang berbeda.

Dengan design yang simple untuk proses perawatan, menjadikan pesawat ini efisien dalam biaya operasional maupun perawatan sehingga mampu menjadikannya pesawat terbaik di segmen pesawat ringan.

PTDI telah mengirimkan 2 unit NC212i pada tanggal 22 Oktober 2019 dan 10 November 2019 kepada Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC) Thailand.

✈ N219, pesawat produksi PT DI merupakan sejenis dengan NC212i.  [PTDI]

Pesawat terbang NC212i yang dibeli oleh Ministry of Agriculture and Cooperatives (MOAC) Thailand, dapat digunakan sebagai passenger transport, VIP, cargo, rain making, troop/paratroop transport dan medical evacuation yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan operasional.

PTDI telah berhasil memproduksi pesawat NC212 sebanyak 116 unit untuk dalam negeri maupun luar negeri, dari total sebanyak 587 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

Beberapa operator dalam negeri yang menggunakan pesawat NC212 series adalah TNI AU, TNI AD, TNI AL, Kepolisian, BPPT.

Pesawat NC212 series tersebut digunakan untuk pesawat angkut sipil, militer dan Maritime Surveillance Aircraft (MSA).

Sementara operator luar negerinya adalah negara Thailand untuk pesawat angkut militer dan modifikasi cuaca (rain making), Filipina, dan Vietnam untuk pesawat angkut militer.

PTDI sampai saat ini telah berhasil melakukan pengiriman pesawat dan helikopter, baik dalam dan luar negeri, sebanyak 450 unit.

Dalam menjaga kompetensi produk yang dimilikinya, PTDI akan terus mengembangkan teknologi dari pesawat-pesawat yang diproduksi.***

  Pikiran Rakyat  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...