Rabu, 04 November 2020

TNI AD Latihan Perang Besar-besaran

Kerahkan 3000 prajurit dan 163 Alat Tempurhttps://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/10/30/5f9bbb5247c25-viva-militer-latihan-militer-tni-ad_665_374.jpgLatihan militer TNI AD [penkostrad]

TNI Angkatan Darat dalam beberapa hari kedepan akan melaksanakan latihan militer yang dinamakan Latihan Taktis Antar Kecabangan (Lattis Ancab) Kartika Yudha TA 2020. Latihan militer kali ini akan dilaksanakan di Baturaja, Lampung, Sumatera Selatan.

Tidak tanggung-tanggung, hampir 3000 prajurit dari berbagai satuan tempur TNI AD akan ikut terlibat dalam latihan besar-besaran bulan November ini.

Tidak hanya itu, latihan tempur di bawah komando Komandan Kodiklat TNI Angkatan Darat (Kodiklatad) Letjen TNI AM.Putranto ini akan mengerahkan 163 alat perang TNI dari berbagai jenis persenjataan.

"Alutsista TNI AD yang dikerahkan dalam latihan ini yaitu Tank Leopard, Tank AVLB, Tank ARV, Ranpur Marder, Ranpur M 113 A1, Ranpur Anoa, Meriam 23mm/GB, Meriam 76 mm, Meriam 105 mm, Meriam 155 mm, Roket Astros, Heli MI 35, Heli MI 17, Heli Bell 412, dan Mortir 81," kata Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi yang bertanggung jawab atas embarkasi ranpur pendukung Lattis Ancab TNI AD dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Militer, Selasa malam, 3 November 2020.

Bahkan, lanjutnya, Kolinlamil sebagai Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin) telah melibatkan sejumlah kapal perang atau KRI dari Koarmada I, Koarmada II, pasukan Marinir dan Puspenerbal dari TNI AL sebagai pendukung dalam dalam latihan operasi pendaratan kali ini.

Sarana pendukung yang akan diturunkan diantaranya adalah 8 KRI unsur Angkut, 5 KRI unsur Lindung, 1 KRI penyapu ranjau, 1 heli bell dan 1 heli Panther.

"Kesemuanya melaksanakan operasi dukungan angkutan laut militer yang merupakan bagian dari tugas pokok Kolinlamil, yaitu pergeseran personel dan material untuk operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP)," ujarnya.

Sebagaimana telah diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam acara Rapat Paparan Lattis Ancab Tahun 2020 di Mabesad pekan lalu menyatakan, Latihan Taktis Antar Cabang TNI AD tahun 2020 yang akan dilaksanakan bulan November ini akan meliputi tiga kegiatan besar.

Pertama, Latihan posko 1 yang akan dilaksanakan selama lima hari di Mabrigrif Raider 9 Jember. Kedua, materi posko dengan menggunakan dengan alat pendukung Simpur.

"Ketiga, Tri tempur Baturaja dengan waktu total 33 hari dengan rincian serpas berangkat 8 hari, pelaksanaan 16 hari, serpas kembali 9 hari," kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

 Kolinlamil Kerahkan 4 Kapal Perang 
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2020/10/23/5f9243c40dcb4-viva-militer-kapal-perang-tni-al-latihan-embarkasi-dan-debarkasi-ranpur-tni-ad_663_372.jpg[Dispen TNI AL]

Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) akan mengerahkan empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk mendukung kegiatan Latihan Militer Taktis Antar Kecabangan (Lattis Ancab) TNI AD Kartika Yudha tahun 2020 yang akan berlangsung beberapa hari kedepan di Baturaja, Lampung Sumatera Selatan.

Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Irwan Achmadi menyatakan, hari ini empat kapal perang TNI AL itu sudah melaksanakan proses embarkasi pasukan Brigade Infanteri 9/2 Kostrad TNI AD yang akan mengikuti Lattis TNI AD di Baturaja, Sumatera Selatan. Embarkasi pasukan dilakukan di Dermaga Semampir, Koarmada II, Surabaya.

Lebih jauh dia menjelaskan, empat kapal perang yang akan dikerahkan berasal dari Satlinlamil 1 Jakarta dan Satlinlamil 2 Surabaya.

"Kapal – kapal perang tersebut berjenis angkut tank dan angkut personel yang terdiri dari KRI Tanjung Kambani 971, KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Lampung dan KRI Teluk Bintuni," kata Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA Militer, Selasa, 3 November 2020.

Laksda TNI Irwan Achmadi menambahkan, dukungan Kolinlamil ini merupakan bagian dari tugas pokoknya yaitu melaksanakan angkutan laut TNI yang meliputi personel, peralatan dan perbekalan, baik yang bersifat administratif maupun taktis strategis.

Rencananya kapal-kapal perang yang akan diterjunkan dalam latihan militer TNI AD (Lattis Ancab) itu, esok hari Rabu, 4 November 2020 selesai apel kesiapan Latihan Operasi Pendaratan Administrasi 2020 akan menuju Lampung untuk melaksanakan pendaratan tempur dan admnistrasi.

 ♖ Vivanews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...