Kamis, 04 Mei 2023

[Global] Saling Sita Kapal Tanker

Iran Kembali Sita Kapal Tanker Minyak di Selat HormuzPenampakan Tentara Iran Terjun dan Rebut Kapal Tanker Minyak Tujuan AS (Angkatan Laut Iran)

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan pasukan Iran telah menyita sebuah kapal tanker minyak di Selat Hormuz. Ini adalah insiden kedua dalam waktu kurang dari seminggu.

Angkatan Laut AS mengatakan kapal tanker berbendera Panama, Niovi, sedang berlayar di sekitar pantai Uni Emirat Arab (UEA), dari Dubai menuju Fujairah, ketika dihentikan oleh pasukan angkatan laut Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC).

"Selusin kapal serang cepat mengerumuni kapal di tengah selat," bunyi sebuah pernyataan dari Armada Kelima AS yang berbasis di Bahrain.

(IRGC) kemudian memaksa kapal tanker minyak untuk berbalik arah dan menuju perairan teritorial Iran di lepas pantai Bandar Abbas,” sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (3/5/2023).

Kantor berita Iran Tasnim melaporkan penyitaan kapal yang disebut "pelanggar," tetapi tidak menjelaskan alasan penangkapan tersebut.

Ada serentetan insiden penyitaan kapal sejak 2018, ketika presiden AS saat itu Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir dan menerapkan kembali sanksi yang melumpuhkan terhadap Iran. Keputusan ini membuat ketegangan melonjak.

Iran menyita sebuah kapal tanker minyak tujuan AS di lepas pantai Oman Kamis lalu, dengan mengatakan kapal itu menabrak sebuah kapal Iran sehingga dua awaknya hilang.

Angkatan Laut AS menuntut pembebasan segera kapal tanker berbendera Kepulauan Marshall tersebut, dengan mengatakan kapal itu sedang transit di perairan internasional di Teluk Oman dan mengecam "pelecehan berkelanjutan terhadap kapal" oleh Iran.

The Financial Times melaporkan bahwa penyitaan tersebut tampaknya sebagai pembalasan atas penyitaan minyak Iran oleh AS sebelumnya, yang baru-baru ini tidak berhasil dilobi oleh Iran untuk diambil kembali.

Pekan lalu, anggota Kaukasus Abraham Accords Senat dan DPR AS memperkenalkan undang-undang yang dirancang untuk melawan ancaman maritim yang berasal dari Iran, pada hari yang sama ketika Teheran menyita sebuah kapal tanker tujuan AS.

Jika disahkan, tindakan tersebut akan mengharuskan Departemen Pertahanan AS untuk mengembangkan strategi dengan mitra dan sekutu di Timur Tengah untuk melawan ancaman maritim yang ditimbulkan oleh Iran, organisasi kekerasan militan, dan jaringan kriminal.

 AS Sita Kapal Tanker Minyak Iran

Sejumlah sumber mengatakan Amerika Serikat (AS) menyita minyak Iran dari sebuah kapal tanker di tengah laut dalam beberapa hari terakhir dalam operasi penegakan sanksi. Menurut sebuah perusahaan keamanan maritim penyitaan ini dilakukan sebelum Iran menyita kapal tanker bermuatan minyak lain dan menyebut tindakan Teheran sebagai aksi balasan.

Karena pasar minyak tetap gelisah, penyitaan kargo adalah eskalasi terbaru antara Washington dan Teheran setelah bertahun-tahun tekanan sanksi oleh AS atas program nuklir Iran. Iran tidak mengakui sanksi tersebut, dan ekspor minyaknya telah meningkat.

Teheran mengatakan program nuklirnya untuk tujuan sipil sementara Washington mencurigai Iran ingin mengembangkan bom nuklir.

Perusahaan keamanan maritim Ambrey mengatakan penyitaan yang dilakukan oleh AS terjadi setidaknya lima hari sebelum tindakan Iran pada Kamis lalu.

"Ambrey telah menilai penyitaan oleh Angkatan Laut Iran sebagai tanggapan atas tindakan AS," katanya dalam laporan kepada klien.

"Kedua kapal tanker itu berukuran Suezmax. Iran sebelumnya membalas setelah penyitaan kargo minyak itu," sambung laporan itu seperti dilansir dari Reuters, Minggu (30/4/2023).

Sumber yang mengetahui masalah tersebut, yang menolak untuk diidentifikasi karena sensitivitas masalah tersebut, mengatakan Washington mengambil alih kargo minyak di atas kapal tanker Kepulauan Marshall Suez Rajan setelah mendapatkan perintah pengadilan sebelumnya.

Menurut data pelacakan kapal, posisi terakhir kapal tanker itu dilaporkan berada di dekat Afrika selatan pada 22 April.

Manajer kapal yang berbasis di Yunani, Empire Navigation, dan Departemen Kehakiman AS tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sebelumnya Angkatan Laut AS mengatakan Iran menyita sebuah kapal tanker berbendera Kepulauan Marshall di Teluk Oman pada hari Kamis. Ini adalah penyitaan atau serangan terbaru oleh Teheran terhadap kapal komersial di perairan Teluk yang sensitif.

Stasiun TV pemerintah Iran pada hari Jumat melaporkan bahwa kapal tanker itu mengabaikan panggilan radio selama delapan jam setelah tabrakan dengan kapal Iran, yang menyebabkan beberapa awak terluka dan tiga hilang.

"Sebelum menggunakan kekuatan, kami mencoba memanggil kapal itu ... untuk berhenti tetapi mereka tidak bekerja sama," kata wakil komandan angkatan laut Iran Laksamana Muda Mostafa Tajodini kepada stasiun TV.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah mengetahui penyitaan kapal di Teluk Oman dan menegaskan kembali dukungan untuk hukum maritim internasional, kata juru bicara PBB pada hari Jumat.

Tahun lalu AS mencoba menyita kargo minyak Iran di dekat Yunani, yang mendorong Teheran menyita dua kapal tanker Yunani di Teluk. Mahkamah Agung Yunani memerintahkan kargo itu dikembalikan ke Iran. Kedua kapal tanker Yunani itu kemudian dibebaskan.

Dalam langkah yang kemungkinan akan memperburuk ketegangan, 12 senator AS pada hari Kamis mendesak Presiden Joe Biden untuk menghapus hambatan kebijakan Departemen Keuangan yang telah mencegah Departemen Keamanan Dalam Negeri menyita pengiriman minyak Iran selama lebih dari setahun.

Pada tahun 2020, Washington menyita empat kargo bahan bakar Iran di atas kapal asing yang menuju Venezuela dan memindahkannya dengan bantuan mitra asing yang dirahasiakan ke dua kapal lain yang kemudian berlayar ke AS. (ian)

  💂 sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...