Senin, 16 September 2024

[Global] Venezuela Tangkap Anggota Navy SEAL dan Agen CIA

 Gagalkan Upaya Pembunuhan Presiden Maduro 
https://pict.sindonews.net/webp/732/pena/news/2024/09/15/42/1455865/gagalkan-upaya-pembunuhan-presiden-maduro-venezuela-tangkap-anggota-navy-seal-dan-agen-cia-lia.webpAparat keamanan Venezuela menangkap anggota Navy SEAL dan Agen CIA yang berniat membunuh presiden Nicolas Maduro. (Foto/AP)

V
enezuela mengatakan menangkap enam orang asing, termasuk seorang US Navy SEAL, atas dugaan rencana untuk "mengacaukan" negara yang telah dilanda krisis sejak pemilihan umum yang disengketakan awal tahun ini.

Menteri Dalam Negeri Diosdado Cabello mengklaim bahwa dugaan rencana tersebut dipimpin oleh CIA, dan ditujukan untuk membunuh pemimpin negara tersebut Nicolás Maduro. Departemen Luar Negeri AS menolak klaim tersebut sebagai "salah kategoris."

Tuduhan itu muncul saat oposisi Venezuela, sejumlah pemimpin Amerika Latin, dan Amerika Serikat menolak mengakui kemenangan Maduro dalam pemilu yang disengketakan, yang kemudian diikuti oleh protes berdarah yang menyebabkan ribuan orang ditangkap.

Dalam konferensi pers pada Sabtu, Cabello mengidentifikasi anggota Navy SEAL yang diduga sebagai William Joseph Castañeda Gómez, dan mengklaim bahwa dia adalah pemimpin operasi tersebut. Menteri tersebut juga menyebut dua warga Amerika lainnya yang ditahan: David Estrella dan Aaron Barrett Logan.

Menteri tersebut mengatakan bahwa selain warga Amerika tersebut, dua warga negara Spanyol – José María Basoa Valdovinos dan Andrés Martínez Adasme – dan seorang warga negara Ceko, Jan Darmovzal, ditangkap. Pihak berwenang Venezuela juga telah menyita 400 senapan AS yang terkait dengan dugaan rencana tersebut.

"CIA berada di garis depan operasi ini," kata Cabello dalam konferensi pers tersebut, mengklaim bahwa Pusat Intelijen Nasional Spanyol juga terlibat. "Itu sama sekali tidak mengejutkan kami," katanya, dilansir CNN.

Ia menuduh bahwa operasi itu memiliki "tujuan yang sangat jelas untuk membunuh Presiden Nicolás Maduro" dan politisi Venezuela tingkat tinggi lainnya termasuk dirinya dan wakil presiden.

Departemen Luar Negeri membantah klaim tersebut. Seorang juru bicara mengonfirmasi pada hari Sabtu bahwa seorang anggota militer AS telah ditangkap di Venezuela, dan bahwa departemen tersebut "mengetahui laporan yang belum dikonfirmasi tentang dua warga negara AS tambahan yang ditahan" di negara itu.

"Setiap klaim keterlibatan AS dalam rencana untuk menggulingkan Maduro secara kategoris salah," tambah juru bicara tersebut. "Amerika Serikat terus mendukung solusi demokratis untuk krisis politik di Venezuela."

Kementerian tersebut tengah mencari informasi tambahan, kata juru bicara tersebut.

Sumber kementerian luar negeri Spanyol mengatakan kepada Reuters bahwa mereka meminta informasi lebih lanjut dari Venezuela.

"Kedutaan Besar Spanyol telah mengirim nota lisan kepada pemerintah Venezuela untuk meminta akses kepada warga negara yang ditahan guna memverifikasi identitas dan kewarganegaraan mereka serta untuk mengetahui tuduhan apa yang sebenarnya mereka terima," kata sumber tersebut kepada Reuters, yang berbicara dengan syarat anonim.

Kementerian Luar Negeri Republik Ceko mengonfirmasi kepada CNN bahwa seorang warga negara Ceko telah ditahan di Venezuela. Mereka menambahkan bahwa kedutaan besar Ceko di Bogotá sedang menghubungi keluarga tersebut karena negara tersebut tidak memiliki kedutaan besar di Venezuela.

Venezuela masih bergulat dengan dampak dari pemilihan presidennya pada bulan Juli, yang membuat Maduro mengklaim masa jabatan ketiga meskipun ada skeptisisme global tentang hasil tersebut dan protes dari gerakan oposisi negara tersebut.

Koalisi yang mendukung pemimpin oposisi Edmundo Gonzalez bersikeras bahwa suara itu dicuri, dengan menerbitkan lembar penghitungan suara daring yang menurut para ahli mengindikasikan Maduro sebenarnya kalah dalam pemilihan presiden dengan selisih yang signifikan.

AS telah mengakui Gonzalez sebagai kandidat yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan itu, tetapi belum secara resmi mengakuinya sebagai presiden terpilih Venezuela.

Minggu lalu, Gonzalez terbang ke Spanyol, melarikan diri dari Venezuela setelah surat perintah penangkapan dikeluarkan yang menuduhnya melakukan terorisme, konspirasi, dan kejahatan lainnya.

Pada hari Kamis, AS menjatuhkan sanksi kepada pejabat Venezuela yang bersekutu dengan Maduro karena diduga menghalangi pemilihan.

AS juga mengumumkan bahwa sebuah pesawat Venezuela yang digunakan oleh Maduro untuk perjalanan internasional disita di Republik Dominika; pesawat kedua yang terkait dengan Maduro berada di bawah pengawasan 24 jam oleh pihak berwenang di Republik Dominika, seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada CNN.

Sementara itu di dalam negeri, pemerintah Maduro telah menindak tegas perbedaan pendapat – tindakan keras paling keras dalam beberapa tahun, menurut Human Rights Watch. Protes telah ditindak dengan kejam, sekitar 2.400 orang telah ditangkap, dan banyak lainnya kini meninggalkan negara tersebut. (ahm)

  💂 sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...