Sabtu, 05 Oktober 2024

[Global] Damen Bangun Kapal Serbaguna Untuk AL Portugis

 💥 Multi Purpose Support Ship (MPSS) Ilustrasi Multi Purpose Support Ship (MPSS) Damen (Damen)

Damen Shipyards telah memulai pembangunan Kapal Serbaguna untuk Angkatan Laut Portugis, yang ditandai dengan upacara pemotongan baja dan peletakan lunas bersama di Damen Shipyards Galati di Rumania.

Kapal yang diberi nama NRP Dom João II ini dijadwalkan akan dikirim pada tahun 2026, bergabung dengan dua kapal buatan Damen lainnya, NRP Bartolomeu Dias sepanjang 122 meter dan NRP D. Francisco de Almeida.

Kapal Serbaguna ini akan memiliki berat antara 7.000 dan 9.000 ton. Kapal ini dirancang untuk beroperasi di berbagai domain, termasuk operasi udara, permukaan, dan bawah permukaan.

Kapal ini akan menjalankan berbagai misi, seperti penelitian ilmiah yang melibatkan pesawat nirawak dan robotika, serta memberikan dukungan dalam situasi darurat dan bencana.

NRP Dom João II dilengkapi dengan kemampuan untuk penelitian ilmiah dan teknologi, operasi pencarian dan penyelamatan, bantuan darurat, keselamatan maritim, serta pemantauan lingkungan dan meteorologi.

Menyadari semakin pentingnya pesawat nirawak dan teknologi otonom dalam respons darurat dan pengawasan, Kapal Serbaguna ini dapat mengangkut dan menyebarkan Kendaraan Bawah Air Nirawak (UUV), Kendaraan Permukaan Nirawak (USV), dan Kendaraan Udara Nirawak (UAV). Kapal ini memiliki dek penerbangan berukuran 94 x 11 meter yang dirancang untuk operasi UAV.

Dengan panjang 107 meter, kapal ini menyediakan ruang dek seluas 650 meter persegi, menampung hingga dua belas unit setara dua puluh kaki (TEU) untuk sistem modular khusus misi, termasuk rumah sakit, ruang hiperbarik, dan peralatan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV).

Selain itu, Kapal Serbaguna akan dilengkapi dengan fasilitas laboratorium canggih dan akomodasi untuk personel ilmiah, yang memungkinkan peningkatan eksplorasi dan penelitian kelautan.

 ⚓️ 
Defense Mirror.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...