Selasa, 15 Oktober 2024

[Global] Singapura Pesan Empat Kapal OPV Fassmer

⚓ Direncanakan dikirim tahun 2028 menggantikan kapal Sentinel classKapal OPV Fasmer Polisi Jerman (Kepolisian Federal Jerman)

Kementerian Pertahanan Singapura mengumumkan pada tanggal 20 November bahwa mereka telah menandatangani kontrak dengan Fr. Fassmer GmbH & Co. KG dari Jerman untuk memperoleh empat Kapal Patroli Lepas Pantai baru.

Keempat Kapal Patroli Lepas Pantai tersebut dibeli untuk menggantikan empat Kapal Respon Keamanan Maritim kelas Sentinel milik Angkatan Laut Republik Singapura. Pengiriman kapal-kapal baru tersebut akan dilakukan mulai tahun 2028 dan seterusnya, dengan Kapal Respon Keamanan Maritim tersebut akan tetap beroperasi hingga kapal-kapal baru tersebut dikirim dan beroperasi penuh.

Menurut kementerian, Kapal Patroli Lepas Pantai akan didasarkan pada desain OPV 80 Fassmer seperti yang digunakan oleh Bundespolizei (Kepolisian Federal) Jerman untuk kapal patroli lepas pantai kelas Potsdam. Kapal-kapal tersebut akan dirancang dengan "kemampuan manuver tinggi untuk beroperasi di perairan Singapura yang padat, dan dilengkapi dengan serangkaian kemampuan mematikan dan kurang mematikan untuk memberikan fleksibilitas dan respons yang terukur terhadap berbagai macam ancaman maritim."

Naval News mengetahui selama IMDEX Asia 2023 bahwa tiga perusahaan bersaing: Fassmer, Luerssen dan ST Engineering dengan desain OPV domestik. Ketika dihubungi oleh Naval News, Fassmer menolak berkomentar tentang pemberian kontrak ini.

 Kapal Patroli Lepas Pantai Kelas Potsdam

Kapal patroli lepas pantai Kepolisian Federal Jerman Bamberg (depan) dan Bad Düben (belakang) selama Latihan Maritim di Laut Lepas – ATLAS SEAL 2021 (Kepolisian Federal Jerman)
Kapal patroli lepas pantai kelas Potsdam saat ini terdiri dari empat kapal, Potsdam, Bamberg, Bad Düben, dan Neustadt. Neustadt adalah kapal terakhir yang mulai beroperasi, dan akan mulai bertugas pada bulan Juni 2023.

Kapal-kapal tersebut memiliki panjang 86,02 meter dan lebar 13,42 meter. Semuanya ditenagai oleh dua mesin diesel Wartsila yang masing-masing menghasilkan daya 4.080 kilowatt, ditambah dengan dua motor listrik 600 kW, yang menggerakkan baling-baling yang dapat dikendalikan hingga kecepatan tertinggi 21 knot.

Semua kapal dilengkapi dengan satu meriam BAE Systems Bofors 57 Mk3 57mm sebagai persenjataan utama, dengan dua senapan mesin kaliber .50 sebagai persenjataan tambahan.

Kapal kelas Potsdam dilengkapi dengan dek pendaratan helikopter yang dapat menampung Helikopter Airbus H215 Super Puma milik Kepolisian Federal, dan memiliki ruang internal untuk lima kontainer misi.

 Kapal Keamanan dan Respons Maritim Kelas Sentinel

MSRV Protector (57) dan MSRV Bastion (58) selama masa komisioningnya pada Januari 2022 (Angkatan Laut Republik Singapura)
Kelas Sentinel terdiri dari MSRV Sentinel, MSRV Guardian, MSRV Protector, dan MSRV Bastion. Keempat kapal tersebut merupakan kapal patroli kelas Fearless yang telah diperbarui dan berganti nama menjadi kapal patroli kelas Fearless yang sebelumnya bertugas di Angkatan Laut Republik Singapura, bertugas dengan Armada Keamanan dan Respons Maritimnya setelah diperbarui.

Kapal sepanjang 55 meter ini mempertahankan persenjataan utama kelas Fearless, yaitu meriam angkatan laut OTO Melara 76 mm. Sebagai bagian dari perbaikannya, kelas Sentinel menerima sistem meriam angkatan laut Typhoon 25 mm di buritan dan posisi senapan mesin 7,62 mm di dekat sayap anjungan.

Kelas Sentinel dilengkapi dengan perangkat akustik jarak jauh (LRAD) dan sistem laser dazzler untuk opsi yang tidak mematikan. Struktur atas kapal telah ditingkatkan dengan sistem perlindungan balistik modular, sementara lambungnya telah diperkuat dengan spatbor sehingga dapat berdampingan dengan kapal yang menarik.

Dua saudara kelas Sentinel yang tidak diperbarui, bekas RSS Brave dan RSS Gallant, dipindahkan sebagai hadiah kepada Angkatan Laut Kerajaan Brunei pada bulan Maret tahun ini. Dalam dinas di Brunei, RSS Brave sekarang menjadi KDB As-Siddiq, sedangkan RSS Gallant menjadi KDB Al-Faruq.
 

  ⚓
Naval News  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...