Sabtu, 28 April 2012

Mabes TNI Gelar Rakornis Puskodal Jajaran TNI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Kapusdalops) Brigjen TNI Edhy Ryanto membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Pusat Komando Pengendalian (Rakornis Puskodal) Jajaran TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (27/4/2012).

Rakornis Puskodal dengan mengambil tema “Dengan Rakornis Puskodal Jajaran TNI TA 2012, kita optimalkan fungsi Puskodalops jajaran TNI guna tercapainya Kodal TNI secara cepat, tepat, dan aman dalam rangka mendukung Tugas Pokok TNI”, diikuti 83 peserta.

Masing-masing dari Mabes TNI 6 orang, TNI AD 46 orang, TNI AL 8 orang, TNI AU 6 orang, undangan 6 orang, penceramah 5 orang, dan penyelenggara 6 orang.

Dalam keterangan pers yang diterima Tribunnews.com, Kapusdalpos TNI mengatakan bahwa pada tahun 2011-2012 Pusdalops TNI telah melanjutkan optimalisasi sistem informasi dengan menggelar jaringan WAN (Wide Area Network) Pusdalops TNI di beberapa Kotamaops TNI, yang pelaksanaannya lebih dahulu di prioritaskan terhadap Kotamaops TNI yang berbatasan langsung dengan negara tetangga.

Termasuk juga pemasangan maupun pemindahan Unit CCTV untuk pemantauan daerah perbatasan. Sampai saat ini, jaringan WAN Pusdalops TNI yang dilengkapi dengan Encryption System sudah terintegrasi hampir di seluruh Kotamaops TNI, dimaksudkan untuk mempercepat sistem pelaporan yang mengarah kepada real time.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Brigjen TNI Edhy Ryanto memberikan beberapa penekanan kepada Kapuskodal Jajaran TNI, diantaranya, pertama, lakukan koordinasi dan interaksi secara terus menerus antara sesama Puskodal Jajaran TNI dan instansi terkait lainnya (Komando Wilayah, Dinas Penerangan Kotamaops TNI dan Instansi Sipil).

Kedua, tingkatkan kepedulian dan kepekaan terhadap perkembangan situasi yang terjadi akhir-akhir ini di berbagai wilayah terutama kejadian akibat bencana alam (banjir, tanah longsor, gempa bumi dan angin puting beliung).

Ketiga, tingkatkan profesionalisme dengan memahami, mentaati dan mempedomani piranti lunak berupa Bujuklak tentang Hubungan Kerja Pusdalops TNI dan Puskodal Angkatan serta Puskodal Kotamaops TNI, serta protap satuan dalam setiap pelaksanaan tugas.

Keempat, optimalkan pemberdayaan sarana komunikasi dan informasi yang ada dengan sebaik-baiknya untuk kegiatan Kodal, monitoring, koordinasi dan penyampaian laporan kepada Panglima TNI dan Pusdalops TNI, tanpa melihat dari mana asalnya Alpal komunikasi tersebut, baik dari satuan pembina kekuatan maupun satuan pengguna kekuatan.
- tribunnews -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...