Rabu, 16 Mei 2012

2.075 Personel Gabungan TNI AL-US Navy Latihan Perang Bareng

Latma Marinir - USMC (foto Antara)
Surabaya - TNI AL dan US Navy (Angkatan Laut Amerika Serikat) akan melakukan latihan perang di Pantai Banongan Situbondo. Latihan yang melibatkan ribuan personel serta heli, pesawat Cassa dan tank amfibi diberi nama sandi cooperation of afloat readiness and training (CARAT).

Latihan bersama antara TNI AL dan US Navy itu akan berlangsung selama 3 hari mulai 5-7 Juni 2012.

"Latihan pendaratan di Pantai Banongan, Situbondo. Latihan bersama ini untuk saling menimba ilmu," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Armatim, Letkol (Laut) Yayan Sugiana, Rabu (16/5/2012).

Dalam latihan bersama itu, pihak Angkatan Laut Amerika Serikat menurunkan 3 kapal perang dari Amerika Serikat yakni kapal US CG WAESCHE, kapal perang US Navy USS Vandegrift FFG-48 dan kapal USS GPN LSD 42. Serta sekitar 831 personel.

Sedangkan dari TNI AL, juga mengerahkan 3 kapal yakni KRI Banjarmasin 592, KRI Sutedi Senaputra 378 dan KRI Diponegoro 365. Kemudian 1 unit pesawat cassa, 1 heli Bell serta 7 tank amfibi BTR-50.

"Kalau dari TNI AL ada 1.244 personel dari Marinir, Armatim, Pasmar, Kobangdikal. Ya ada pelaut dan Marinir," ujarnya.

Yayan menambahkan, selain mengikuti latihan bersama, personel US Navy yang diangkut dengan 3 kapal perang dan tiba di Pelabuhan Tanjung Perak sekitar 26 Mei 2012 itu, juga akan menggelar kegiatan kemanusiaan di Madura. Kegiatan bakti sosial itu seperti operasi bibir sumbing, perbaikan sarana dan prasarana di lingkungan setempat.

"Kegiatan baksos ini rencananya digelar pada 30 Mei sampai 1 Juni," jelasnya.(roi/bdh)(detik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...