Jumat, 18 Mei 2012

Tim UNIFIL Buat Film Kebudayaan Indonesia di Lebanon

Tim UNIFIL Buat Film Kebudayaan Indonesia di Lebanon - tari2.jpg
Indobat
TRIBUNNEWS.COM - Tim Unit Video UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) yang dipimpin oleh Francis Asadi selaku produser membuat film khusus UNIFIL tentang kegiatan Satgas Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobat) di Lebanon, bertempat di sekitar Area Operasi Indobatt, Lebanon Selatan, Rabu (16/5/2012). Demikian rilis yang dikirim ke redaksi Tribunnews.com.

Moment syuting di Indobatt difokuskan kepada kegiatan seni kebudayaan Indonesia yang sudah menjadi ciri khas Satgas Kontingen Garuda di Lebanon. Selain itu, kegiatan rutin operasional patroli, medical assistance, nursing, smart car dan sajian masakan khas Indonesia juga menjadi sasaran pelaksanaan syuting.

Ada empat macam kegiatan seni tari budaya Indonesia yang ditampilkan didepan Tim Video UNIFIL, yaitu Tarian Jaran Monel, Tarian Topeng Jatilan yang dipadukan dengan Gamelan Reog, kolaborasi Tarian Pesona Nusantara yang menggabungkan empat tarian yaitu Tari Saman, Rampak Kendang, Sisingaan, Tari Cakalele dan Tari Perang dari Papua, sebagai pengiring tarian yaitu gamelan dari Jawa Timur yang dimainkan oleh Tim Kesenian dari KBRI di Lebanon. 

Tim UNIFIL Buat Film Kebudayaan Indonesia di Lebanon - tari1.jpg
Indobat
Seni kebudayaan yang ditampilkan mendapat apresiasi positif dari Produser video UNIFIl yang tidak mengira akan diberikan sajian seni kebudayaan Indonesia yang menurutnya luar biasa, “It is very extraordinary performance showed by the Indobatt Personnel,” katanya.

Dalam meramaikan gelar tarian nusantara tersebut, reporter video UNIFIL Miss Hadierr turut serta menari bergabung dengan para penari lainnya, setelah beberapa saat sebelumnya belajar singkat menari dengan para Wanita TNI.

Menurut Komandan Satgas Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono yang didampingi Wadansatgas Letkol Mar FJH Pardosi yang ikut bagian dalam pelaksanaan syuting mengatakan, Satgas TNI di Lebanon selain melaksanakan misi menjaga perdamaian, juga membawa misi kebudayaan. Menurutnya, dengan menampilkan seni tari kebudayaan Indonesia di berbagai kegiatan UNIFIL di Lebanon, diharapkan masyarakat internasional lebih banyak mengenal kesenian budaya Indonesia.

Film khusus UNIFIL ini menggambarkan kegiatan masing-masing Kontingen dari masing-masing negara, rencananya diproduksi dengan durasi 25 menit dan akan ditayangkan di YouTube, Facebook, dan Discovery Channel.(tribunnews)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...