Sabtu, 26 Januari 2013

Polri Beli Anjing dan Kuda Seharga Rp 16,5 Miliar

mabes-polriJakarta | Mabes Polri beberkan soal pembelian kuda dan anjing yang harganya mencapai Rp 16,650 miliar. Hewan-hewan tersebut rencananya dibeli dari Belanda maupun negera lainnya yang kwalistasnya mumpuni untuk kebutuhan reserse.

Menurut, Asisten Perencanaan Polri (Asrena) Irjen Sulistyo Ishak, pembelian hewan tersebut diambil dari pos sarana prasarana sebesar Rp 1,356 triliun. Selain untuk kebutuhan hewan satwa juga dianggarkan untuk alat komunikasi dan transportasi.

“Untuk anjing, Polri menganggar dana Rp 13,5 miliar untuk pembelian 90 ekor anjing. Dengan estimasi satu ekornya dihargai USD 8-9 ribu. Namun itu tidak hanya dilihat harganya akan tetapi kebutuhan dan manfaatnya,” jelas Irjen Sulistyo Ishak.

Hewan tersebut memang dibeli di luar negeri sehingga ada biaya tambahan dalam anggaran ini. Seperti PPh, PPn, biaya akomodasi, biaya transportasi pengiriman dari lokasi pembelian ke Indonesia, biaya karantina, biaya pajak masuk, serta biaya transportasi lokal untuk pengiriman ke satuan wilayah yang akan disalurkan.

“Anjing-anjing tersebut untuk didistribusikan ke 31 Polda dalam rangka pengamanan Pemilu 2014,” ungkapnya.

Sedangkan masalah pembelian kuda, Polri mengganggarkan Rp 3 miliar untuk pembelian tujuh ekor kuda yang dihargai masing-masingnya mencapai USD 20 ribu.

“Anggaran tersebut sudah transparan dan boleh dilihat diinternet harga hewan tersebut,” bebernya.

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Suhardi Alius, menambahkan, spesifikasi anjing dan kuda ini juga bukan sembarangan. Menurut Suhardi, 90 anjing ini akan didatangkan dari Belanda dan memiliki kualifikasi berbeda.

“Anjing tersebut mampu mengendus adanya bahan peledak atau narkotika. Memang hewan tersebut spesifikasinya khusus tidak sembarangan,” sambungnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Kepolisian rencananya mengalokasikan dana untuk pembelian satwa anjing dan kuda sebear Rp 16,650 miliar. Jumlah tersebut digunakan untuk membeli 90 ekor anjing dengan anggaran Rp 13,5 miliar, dengan kisaran harga anjing dunia di harga USD 8-9 ribu.

Sementara sisanya sebesar Rp 3 miliar, Polri akan membelanjakan untuk pembelian 7 ekor kuda yang masing-masing seharga sekitar Rp 450 juta.(Adin)

Poskota

3 komentar:

  1. Buang2 duit aj, cr yg bermamfaat donk

    BalasHapus
  2. Anjing pelacak memang dibutuhkan polri, tapi kuda buat apa?
    Kalau hanya untuk kerenkerenan saja buat jaga istana negara buat apa?

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...