Minggu, 19 April 2015

Sekilas Persiapan Konferensi Asia-Afrika 2015

Jelang Kedatangan Delegasi KAA, 2.200 Personel TNI/Polri Amankan Soekarno-Hatta http://images.detik.com/customthumb/2015/04/19/10/090532_pengamanan.jpg?w=460(Yudhis/detikcom)⚓️

TNI dan Polri bekerjasama menerjunkan pasukan untuk pengamanan Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, jelang kedatangan delegasi peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60. Untuk pengamanan tersebut total dari instansi tersebut menerjunkan 2.200 perseonel.

Dandim 0506 Tangerang, Letkol inf Irhamni mengatakan kondisi saat ini di Bandara Soekarno-Hatta masih kondusif. Terkait pengamanan para tamu negara ini, dia menjelaskan telah menyiapkan pengamanan berupa kendaran panser dan anoa.

"Kondisi masih kondusif tapi kami tetap waspada. Kita mengerahkan kendaraan panser 2 unit, anoa 2 unit, dan pasukan ton intai, dan brigade 1," ujar Irhamni di Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Minggu (19/4/2015).

"Kami juga menyiapkan pengamanan rute dari bandara menuju Jakarta Pusat," sambungnya.

Sementara itu kapolres Bandara Soekarno Hatta, Kombes Chuzaini Patoppoi menjelaskan Hari ini tamu peserta KAA setingkat menteri dan ambassador yang akan hadir di Bandara Soekarno Hatta. Waktu kedatangan para peserta KAA masih tentatif.

"Untuk tamu-tamu negara nanti lewat VVIP Room keluarnya, untuk stafnya keluar lewat terminal 2. Untuk rekayasa lalin dari da ke Bandara Soekarno Hatta hanya untuk kendaraan berat," jelasnya.

Adapun untuk pengamanan, TNI menerjunkan 910 personel yang terdiri dari Paskas TNI sejumlah 325 personel, Kodim 0506 TNG sebanyak 560 personel, dan Denpom TNG sebanyak 25 personel.

Kemudian dari pihak kepolisian, menurunkan untuk pengamanan sebanyak 240 personel yang terdiri dari Polresta Bandara Soekarno Hatta sebanyak 150 personel dan Polres Metro tangerang sebanyak 90 personel.(tfn/fdn)
Gelar Simulasi, Tim Escape Kodam Jaya Selamatkan Delegasi KAAhttp://images.detik.com/content/2015/04/19/10/090458_simulasijcc1.jpgPersiapan peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika (KAA) digelar lewat latihan gabungan TNI dan Polri di Jakarta Convention Center (JCC). TNI mengadakan simulasi penyelamatan delegasi KAA.

Simulasi ini digelar di depan halaman Balai Sidang JCC, ‎Senayan, Jakarta, Minggu (19/4/2015).

Ceritanya, ada dua delegasi KAA yang harus diselamatkan dari ancaman. Lantas personel Tim Escape Kodam Jaya TNI meluncur ke titik berbahaya itu.

Lima personel Tim Escape Kodam Jaya TNI yang berseragam hitam-hitam, dengan sigap, keluar dari Panser Anoa. Mereka merunduk sambil mengacungkan senjata serbu.

Tim Escape lantas mendekati dua orang delegasi berkemeja batik itu. Mereka kemudian dimasukkan ke Panser Anoa lewat pintu belakang yang sudah dibuka.

Mobil Ambulans siap mengikuti dari belakang. Akhirnya mereka meninggalkan lokasi berbahaya, delegasi berhasil diselamatkan.

‎Di JCC, memang digelar apel bersama TNI-Polri. Ada empat Panser Anoa dan Mobil Kendaraan Taktis Komodo Brimob Polda Metro Jaya disiagakan.

Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Unggung Cahyono memimpin apel ini. Kini Agus dan Unggung bergerak ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.
Menlu Retno Akan Buka Pameran Kerja Sama di Peringatan KAAhttp://images.detik.com/content/2015/04/19/10/091031_jccbagus2.jpgPeringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) akan dimulai pada hari ini. Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi diagendakan akan membuka acara pada pagi hari ini dan dihadiri para delegasi negara-negara Asia-Afrika.

Menurut agenda yang diperoleh detikcom, Minggu (19/4/2015) acara akan diawali dengan sesi foto pada pukul 09.00 WIB. Acara kemudian dilanjutkan dengan Senior Officer Meeting (SOM) antara para delegasi yang dilakukan secara tertutup di Plenary Hall JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Di waktu yang sama, Menlu Retno akan membuka 'Pameran Kerja Sama Triangular Negara-negara Selatan dengan Indonesia'. Acara akan dihelat di Exhibition Room/Pre Function Hall JCC.

Terdapat sederet gerai pameran yang menunjukkan kerja sama konkrit yang dilakukan Indonesia. Bentuk kerja sama yang ditampilkan pun beragam mulai dari menjadi anggota aktif PBB, hubungan industri, hingga seni budaya.

Setelah itu pada pukul 10.00 WIB akan dilakukan pernyataan bersama antara Indonesia dengan Norwegia. Pembacaan joint statement ini akan dilakukan oleh Dirjen Hubungan Amerika-Eropa dan Dubes Norwegia untuk Indonesia.
Koarmabar Gelar Apel Pasukan Pengamanan VVIP Peringatan Konferensi Asia-Afrikahttp://images.detik.com/content/2015/04/18/10/pangarmabar.jpg(Dispen Koarmabar)⚓️

Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) melakukan apel gelar pasukan pengamanan VVIP Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Afrika ke-60. Apel dipimpin Panglima Koarmabar (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R selaku Komandan Satuan Tugas Laut (Dansatgasla).

Pangarmabar dalam amanatnya antara lain menyampaikan gelar pasukan pengamanan VVIP KAA merupakan cerminan tingkat kesiapsiagaan jajaran Koarmabar untuk menyukseskan pertemuan tingkat internasional tersebut.

Dinas Penerangan Koarmabar dalam keterangan pers tertulis menjelaskan, Pangarmabar menekankan seluruh satuan tugas pengamanan harus melaksanakan tugas denga cerma mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku.

Dalam PAM VVIP KTT Asia-Afrika ini, Pangarmabar selaku Dansatgasla membawahi beberapa Komandan Satuan Tugas (ST) antara lain, Danguspurlaarmabar sebagai Komandan ST Laut, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta selaku Komandan ST Pangkalan.

Selain itu juga, melibatkan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal), Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) dan unsur-unsur Kapal Perang Repubik Indonesia (KRI) baik yang pengendalinya berada langsung di bawah satuan-satuan Koarmabar maupun KRI yang di-BKO-kan kepada Pangarmabar selaku Dansatgasla serta pesawat udara.

Gelar pasukan diikuti 6 kompi, masing-masing 2 kompi gabungan dari personel Saatkopaskaarmabar, Dislambairarmabar dan Lanudal Jakarta, 2 kompi personel gabungan dari Mako Koarmabar, Lantamal III dan Lanal jajarannya serta 2 kompi personel KRI.

Sedangkan KRI yang mendukung kegiatan PAM VVIP KTT-AA 2015 antara lain KRI Jonh Lie-358, KRI Oswald Siahaan-354, KRI KRI Imam Bonjol-383, KRI Pati Unus-384, KRI Beladau-643, KRI Makassar-590, 1 Peswat U-618, 2 Heli dan 2 sea rider.

Turut hadir dalam apel gelar pasukan, Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Octavian, Danguspurlaarmabar Laksamana Pertama TNI Hutabarat, M.M.S., Danlantamal III Jakarta Laksamana Pertama TNI Aguk Dwi Wahyu W.U serta Pejabat Utama Mako Koarmabar.

  ⚓️ detik  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...