Senin, 04 Mei 2015

[World] Qatar Setuju Membeli 24 Jet Tempur Rafale dari Prancis

Sebuah pesawat jet tempur Rafale saat bermanuver di atas pangkalan udara Saint-Dizier, Perancis, 13 Februari 2015. [REUTERS] ⚓️

Presiden Francois Hollande dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani sepakat menandatangani kontrak jual beli 24 jet tempur produksi Dassault Aviation, Rafale, senilai 6,3 miliar euro atau sekitar Rp 91 triliun.

Kontrak ini juga mencakup penjualan misil MBDA serta memberikan pelatihan kepada 36 pilot Qatar dan 100 teknisi oleh militer Prancis. Sebelumnya Dassault teken kontrak dengan Mesir dan India.

Beberapa sumber yang tak disebutkan namanya menuturkian, kesepakatan jual beli itu diteken pada Senin, 4 Mei 2015, di Doha, ibu kota Qatar. Selesai itu, Prancis juga akan memberikan pelatihan kepada sejumlah pejabat intelijen Qatar.

"Ini sebuah pilihan yang bagus," kata Hollande usai berbicara dengan Sheikh Tamim. Selanjutnya Presiden Prancis ini bertolak menuju Arab Saudi guna mengikuti pertemuan tingkat tinggi Dewan Kerjasama Teluk (GCC) di Ryadh, Selasa, 7 Mei 2015.

Hollande dikabarkan akan menjadi tamu kehormatan dalam pertemuan GCC yang beranggotakan antara lain Bahrain, Kuwait, dan Oman.

Eric Trappier, Direktur Utama Dassault, menerangkan, setelah Qatar menyusul Kuwait yagn kini sedang mengealuasi kemampuan pesawat terbangnya. "Penjualan ke Qatar merupakan pertanda bagus bagi seluruh negara di kawasan Timur Tengah," ucapnya.

  ⚓️
Tempo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...