Sabtu, 15 Oktober 2016

Manuver 6 Jupiter “Manari dan Melukis” Langit Bali

Aksi Jupiter TNI AU

Ratusan wisatawan domestik dan mancanegara dibuat kagum saat melihat kepiawaian para pilot Jupiter Aerobatic Team (JAT) ketika menggelar demonstrasi udara “menari dan melukis” langit Bali dengan memperagakan 15 manuver di atas Pantai Nusa Dua, Jumat (14/10).

Tepat pukul 07.30 Wita, kemarin, langit di atas pantai Nusa Dua, tepatnya di belakang Hotel Westin, terlihat cerah dan sesekali berembus angin berkecepatan sedang yang menyejukkan udara pagi nan segar. Tiba-tiba dihebohkan dengan raungan mesin bersamaan dengan munculnya enam pesawat KT-1B Woong Bee yang tergabung dalam JAT melintas dan tebang di ketinggian 500 hingga 4.000 feet.

Sementara di sekitar lokasi telah berkerumun ratusan wisatawan mancanagara yang sebagian besar tamu hotel sekitar berbaur dengan puluhan peserta Federation Aeronautique Internationale General Conference (FAIGC) 2016 yang tengah bersidang di Hotel Westin, Nusa Dua. Mereka dan masyarakat sekitar mendapat tontonan gratis yang menarik dan atraktif melihat belasan manuver spektakuler yang diperagakan para pilot profesional ketika menerbangkan pesawat Jupiter.

Selama 18 menit, di bawah komando sang leader Letkol Pnb Sri Raharjo (Jupiter-1), para personel JAT menunjukkan kepiawiannya “menari dan melukis” langit Bali. Para pilot Jupiter yang ikut tampil dalam gelaran acara bertajuk “Pelangi Nusantara Bali Aero Sport 2016” itu antara lain, Kapten Pnb Idam Satria (Jupiter-2), Kapten Pnb Ferdian Habibi (Jupiter-3), Kapten Pnb Oliv Rizando (Jupiter-4), Mayor Pnb Marcellinus (Jupiter-5), dan Mayor Pnb Frando Marpaung (Jupiter-6).

Para pilot Jupiter menampilkan 15 manuver yang meliputi, Jupiter rool, loop, clover leaf, leader benefit, loop and break off, twin half cuban and stall turn, tango to diamond loop, callypso, screw rool, heart, rool slide, solo spin, kite barrel, rool back, dan loop and boom burst,” ujar Danwingdikter Kolonel Pnb Bonang Gautama didampingi Kapentak Lanud Adisucipto Mayor Sus Giyanto dan Kapten Sus Dani Kusdani, SH., (Pentak Lanud Ngurah Rai).

Danlanud Ngurah Rai Kolonel Pnb Danet Hendriyanto, S.Sos., menambahkan, setelah sukses menghibur para peserta (FAIGC 2016) di Nusa Dua, para personel JAT kembali siap melakukan gladi bersih kedua di area Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar, Sabtu (15/10) pagi ini.

Puncaknya, para pilot Jupiter tersebut akan kembali menghibur masyarakat Bali untuk mendemonstrasikan belasan manuver saat digelarnya Air Force Fun Run (AFFR) pada Minggu (16/10) pagi,” jelas Kolonel Danet Hendriyanto, didampingi Kadisops Letkol Nav Endra Prasetiawan, SE., Mayor Lek I Ketut Wiraatmaja, S.SiT., dan Kapten Sus Heni Nurhayati, SS (Kapentak Lanud Ngurah Rai).

Untuk memeriahkan gelaran “Pelangi Nusantara Bali Aero Sport 2016”, pada Minggu besok juga akan dilakukan pemecahan rekor MURI terbang bersama ratusan paramotor yang sebagian dijadwalkan melintas menyusuri Pantai Mertasari, Sanur, Lapangan Renon, Denpasar, Pantai Kuta, Legian, Seminyak, hingga Bukit Timbis, Ungusan. Dilanjutkan dengan atraksi gantole (pukul 11.00-12.30 Wita) dan demo udara dari tim paralayang (pukul 13.00-18.00 Wita).

Kami mengundang masyatakat untuk bisa bergabung bersama kami dalam Air Force Fun Run yang akan diikuti oleh seribu pelari pada Minggu (16/10) pagi pukul 06.00-10.00 Wita. Diawali dengan senam zumba, dan DJ performance, serta aerobatic show (JAT) serta bagi-bagi doorprize,” kata Kadisops Letkol Endra Prasetiawan.

  ★ Balitribune  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...