Sabtu, 14 Januari 2017

Tak Semua Negara Mau Transfer Teknologi

LPD produksi PT PAL hasil ToT dari Korea Selatan [trend Indonesia]

Pengalaman John Aristianto Prasetio di bidang ekonomi menjadi pertimbangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menugaskan pria kelahiran Semarang ini memimpin Kedutaan Besar RI di Seoul, Korea Selatan. Menjelang pulang kampung pada akhir Januari ini, alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang pernah mengenyam pendidikan di Harvard dan Stanford University itu menuturkan lika-liku dan peluang kerja sama RI-Korea Selatan.

Bagi Minister Counselor M. Aji Surya, Koordinator Konsuler dan Perlindungan WNI, KBRI Seoul, jiwa pengusaha yang berorientasi pada hasil kerap menjadi dasar pemikiran atasannya dalam mengambil keputusan. Istilahnya, semua harus result oriented. Berikut ini wawancara Tempo dengan Prasetio soal kerja sama Indonesia-Korea Selatan yang dikirim lewat surat elektronik, Rabu lalu. Petikannya.

 Apa saja potensi Korea Selatan bagi Indonesia?

Kebanyakan orang Indonesia pasti kenal produk elektronik seperti telepon pintar, dan TV dari Korsel dengan merek Samsung atau LG. Kalau dulu Korsel hanya mengekspor kimchi dan ginseng, sekarang mereka punya pabrik pembuat kapal terbesar di dunia, Korsel juga negara pengekspor utama layar LCD, keping memori DRAM, dan selama beberapa tahun ini Korsel memperoleh peringkat pertama untuk e-government dan kecepatan internet.

Jangan lupa juga bahwa Korsel merupakan negara dengan ekonomi terbesar ke-12 di dunia, dengan GDP dikisaran US$ 1,4- 1,5 triliun. Kapitalisasi pasar modal di Korsel berada di kisaran US$ 1,2 triliun dan nilai perdagangan internasional Korsel juga berkisar pada US $ 1 triliun. Peluang peningkatan kerjasama RI-ROK (Republic of Korea, nama resmi Korea Selatan, Red.) di bidang perdagangan, pasar modal dan investasi amatlah besar. Banyak potensi yang masih dapat digali.

Kelemahan utama perekonomian Korea adalah kurangnya tenaga kerja untuk pabrik, dan karenanya Korea menandatangani kontrak penyediaan blue collar workers (pekerja kerah biru alias buruh, Red.) dengan 15 negara termasuk Indonesia. Saat ini TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di Korsel berjumlah sekitar 38.000 orang, dan mereka menyumbang devisa per tahunnya cukup lumayan sekitar US$ 7 juta.

 Bagaimana dengan investasi Korea di Indonesia?

Di Indonesia ada lebih dari dua ribu perusahaan joint venture (patungan) Korsel. Dari yang besar seperti POSCO JV dengan Krakatau Steel, pabrik ban Hankook, sampai industri padat karya seperti tekstil dan sepatu, atau industri kreatif seperti bioskop dan produksi film. Secara total, Korsel menduduki posisi keempat sebagai investor terbesar dalam hal realisasi Penanaman Modal Asing (PMA). Investasi Korsel di Indonesia selama 5 tahun berturut-turut dari 2010 mencapai US$ 8,04 miliar. Total komitmen investasi Korsel di Indonesia pada 2016 juga naik cukup substansial.

Investasi tersebut tentunya menyerap cukup banyak tenaga kerja. Belakangan ini bank besar Korsel juga masuk ke Indonesia. Selain itu, perusahaan Korsel di sektor energi, infrastruktur, telekomunikasi mencari peluang bisnis di Indonesia dengan prinsip saling menguntungkan.

 Sejauh mana lesunya perekonomian dunia berdampak pada perdagangan bilateral?

Hehehehe ada dampaknya lah. Total perdagangan RI-ROK sampai November 2016 turun sekitar 12 persen. Tapi Indonesia tetap surplus sekitar US$ 1.4 miliar. Ekspor kita ke Korsel mencapai US$ 7.5 miliar dan impor sekitar US$ 6,1 miliar.

 Bagaimana potensi pasar Korea Selatan bagi produk-produk Indonesia?

Korsel setiap tahun mengimpor berbagai produk dari seluruh dunia dengan nilai sekitar US$ 500 miliar. Sangat besar. Namun baru sedikit yang dimanfaatkan Indonesia. Misalnya, nilai impor kopi tahun lalu mencapai sekitar US$ 550 juta, dan porsi Indonesia hanya sekitar US$ 10 juta.

Nilai impor produk perikanan oleh Korea mencapai US$ 3 miliar, dan porsi Indonesia hanya sekitar US$ 50 juta. Di sektor tekstil dan produk tekstil Korea mengimpor cukup besar dari Indonesia kurang lebih US$ 700 juta tahun lalu. Namun hal ini lantaran Indonesia merupakan bagian dari mata rantai produksi perusahaan Korea di sektor tekstil.

Saat ini Indonesia menjadi pemasok batu bara top three di Korsel, setelah Australia dan Rusia. Di Korsel ada proyek pembangkit listrik dengan pelet kayu dan pump kernel shell sebagai sumber energi yang 100 persen di impor dari Indonesia. Atase Perdagangan di Seoul punya daftar produk yang diimpor Korea dan yang bisa dipasok oleh Indonesia. Potensinya luar biasa, namun ada tantangan seperti struktur harga, waktu pengiriman, dan sebagainya.

 Apa saja hasil kunjungan Presiden Joko Widodo Mei lalu?

Kunjungan Pak Jokowi di Korsel sukses besar. Gara-gara kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi 15-18 Mei yang lalu itu, di Korsel beberapa akademisi, jurnalis, dan pengusaha membentuk JoSaMo, yang artinya Jokowi Fans Club yang beranggotakan sekitar 100 orang Korea.

Di sektor infrastruktur saat kunjungan Pak Jokowi, pihak Korsel membuat komitmen investasi senilai US$ 6.7 miliar, yang mencakup pembangunan Light Rail Transport di Jakarta, konstruksi pipa gas di Bali dan Palembang, serta proyek pembangkit listrik.

Berkat kunjungan Presiden Jokowi, Korsel juga sepakat untuk menjadi mitra akselerasi industrialisasi dan pengembangan industri kreatif Indonesia. Makanya, kedua negara menandatangani MoU on Cooperation in the Creative Industries Fields yang diantaranya menyepakati kerjasama bidang film, fashion, digital contents, dan broadcasting, termasuk pendirian Korea Creative Content Agency (KOCCA) Office di Jakarta.

Dua minggu setelah kunjungan Presiden, Bapak Menteri Pariwisata melakukan follow up antara lain untuk merealisasi komitmen Korsel untuk investasi di sektor infrastruktur untuk pariwisata. Pada bulan November, MenPanRB juga datang ke Korsel untuk mengoperasionalkan komitmen kerja sama di bidang e-government.

 Bagaimana kerja sama transfer teknologi dari Korea Selatan?

https://1.bp.blogspot.com/-ZXM42RN_DD0/VyX8fMK7baI/AAAAAAAAIfM/_Eh3JZR6YEYLY3KpnX8-IMC3Mht9skKqwCKgB/s1600/20160322_10.jpgIni maha penting. Kerjasama Indonesia dengan Korsel tidak hanya sekedar dagang atau investasi saja, tapi ada faktor lain yaitu kerjasama terkait transfer of technology (ToT). Kan saat ini Indonesia sedang kerjasama pembuatan kapal selam dan pesawat tempur dengan Korsel.

Dari tiga pesanan kapal selam, dua sudah selesai diproduksi di Korsel, dimana beberapa perwira dan staff Indonesia ikut berpartisipasi. Yang ketiga nantinya sebagian proses akan dilaksanakan di Indonesia oleh PT. PAL.

Untuk pesawat tempur, Indonesia melalui PT. Dirgantara Indonesia ikut berpartisipasi membuat pesawat tempur yang masuk kategori next generation jet fighter.

Tidak semua negara loh mau kerjasama terkait ToT. Apalagi ini tekait teknologi canggih. Saya kira faktor ini perlu menjadi perhatian kita bersama untuk mewujudkan kemandirian Indonesia di bidang industri pertahanan masa depan.
 

  Tempo  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...