Sabtu, 28 April 2018

Alkom Harris Perkuat Infanteri Korps Marinir

Hibah dari US SOSPACKemenhan RI menerima hibah Alat Komunikasi Radio Harris Falcon III dari Amerika Serikat yang selanjutnya diserahkan kepada jajaran Korps Marinir TNI Angkatan Laut Pusat.

Alkom yang merupakan hibah dari United States Special Operations Command Pasific (US SOSPAC) tersebut diharapkan akan memperkuat dan meningkatan kemampuan bidang komunikasi di jajaran Detasemen Jala Mangkara (Denjaka) TNI AL.

Penyerahan Hibah Alat Komunikasi Radio Harris Falcon III dilakukan secara simbolis melalui penandatangan Berita Acara Serah Terima dari pihak AS yang diwakili Atase Marinir Kedutaan Besar AS di Jakarta Letkol Kathryn Paik kepada pihak Kemhan RI dalam hal ini diwakili Kepala Badan Sarana Pertahanan (Kabaranahan) Kemhan Laksda TNI Agus Setiadji, S.A.P., Jum’at (27/4) di Mako Marinir, Jakarta.

Hadir menyaksikan, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Achmad Taufiqoerrochman, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Askomlek Panglima TNI Maksda TNI Bonar Halomoan Hutagaol, Dirjen Kuathan Kemhan Mayjen TNI Bambang Hartawan serta sejumlah pejabat di jajaran Kemhan, Mabes TNI AL dan Korps Marinir.

Komandan Korps Marinir dalam kesempatan tersebut menyampaikan, dengan diterimanya Hibah Alkom Radio Commucation Harris Falcon III ini maka tentunya akan menambah kemampuan bidang komunikasi di jajaran Korps Marinir. “Dengan adanya tambahan dari Harris Falcon III ini, tiap – tiap Batalyon Infanteri bisa lebih meningkatkan kemampuan bidang komunikasi semaksimal mungkin”, ungkapnya.

Selanjutnya, pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemhan RI dan juga pihak Kedutaan Besar AS di Jakarta yang telah menfasilitasi proses hibah Alkom Radio Commucation Harris Falcon III.

Menurutnya, kerjasama Korps Marinir TNI AL dan United States Marine Corps sudah sejak lama terjalin. Bahkan disaat hubungan RI dan AS tidak sedang baik, kerja sama dan hubungan persahabatan Korps Marinir TNI AL dan United States Marine Corps tidak pernah terputus dan tetap terjalin baik.

Kita tetap terus ada kegiatan latihan bersama, kemudian di bidang pendidikan secara terus menerus tidak pernah terhenti, bahkan setiap tahun kita selalu menggelar latihan bersama dengan pihak US Marinis Corps”, tambahnya.

Lebih lanjut Komandan Korps Marinir berharap, kedepan hubungan baik Korps Marinir TNI AL dengan United States Marine Corps tersebut tetap terjaga dalam rangka Confidence Building Measure dan meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Sementara itu, Wakasal menyampaikan selamat kepada Korps Marinir TNI AL atas diterimanya peralatan Alkom Harris Falcon III dan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan satuan Koprs Marinir. Kedepan, kemampuan Alkom tersebut akan terus dilengkapi secara bertahap, sehingga dalam setiap kegiatan latihan maupun operasi tidak akan ada lagi kesulitan-kesulitan.

Selanjutnya Wakasal berpesan dan berharap agar Alkom yang telah diterima untuk dirawat dan digunakan dengan baik. Selain itu, pelatihan terhadap Prajurit juga dilaksanakan dengan baik dan terus-menerus baik untuk penggunaan maupun pemeliharaan. “Agar Prajurit dapat menguasai dan menggunakan Alkom tersebut secara maksimal, Pelatihan mungkin sampai dengan maintenance bukan hanya operator saja”, tuturnya.

   Kemhan  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...