Rabu, 25 Juli 2018

[Foto] Prajurit Korps Marinir Indonesia Latihan Debarkasi dan Embarkasi

✬ RIMPAC 2018

 
Prajurit Korps Marinir TNI AL yang tergabung dalam Satgas Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim Of The Pacific (Rimpac) 2018 melaksanakan Latihan Debarkasi dan Reembarkasi di perairan Pantai Kawaihae, Hawai’i Island, Hawaii, Amerika Serikat. Senin (23/07/2018).

Latihan yang dipimpin langsung oleh Danton Kavaleri Lettu Mar Rahmat Alan tersebut melibatkan delapan unit kendaraan tempur amphibious assault vehicles LVT-7, dua unit Landing Craft Utility (LCU) dan dua unit Landing Craft Vehicle Personnel (LCVP) dari KRI Makassar-590, serta dua unit perahu karet dan motor tempelnya.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengetahui kesiapan material tempur serta menguji jaring komunikasi radio dan hubungan antar LVT-7 dengan unsur darat dan unsur laut di KRI sebelum melaksanakan puncak kegiatan latihan Rimpac 2018 yaitu pendaratan amfibi di Pyramid Rock Beach, Kaneohe Bay pada tanggal 29 Juli 2018. Pada saat yang bersamaan, Pasrat Korps Marinir di bawah komando Mayor Marinir Afrison Taufik juga melaksanakan proses reembarkasi pasukan dengan menggunakan LVT-7 dari pantai Kawaihae menuju KRI Makassar-590.

Perwira Embarkasi Pasukan Kapten Marinir Dhani Widiyanta menilai bahwa unsur Kavaleri Korps Marinir TNI AL saat ini merupakan salah satu satuan yang juga berperan penting dalam pelaksanaan operasi pendaratan amfibi karena prajurit Marinir pada dasarnya adalah pasukan pendarat amfibi sehingga Korps Marinir benar-benar membutuhkan pengawak-pengawak kendaraan tempur kavaleri yang handal dan terlatih.

Sementara itu, Komandan Satgas Rimpac Mayor Marinir Aristoyuda mengatakan, Latihan Debarkasi dan Reembarkasi merupakan salah satu materi yang dilatihkan dalam Latma Rimpac 2018, dengan harapan bahwa dalam latihan puncak yaitu pendaratan amfibi dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Dalam proses latihan debarkasi dan reembarkasi, pasukan infanteri dan unsur Bntuan administrasi (banmin) masuk ke dalam LVT-7 untuk dibawa langsung ke KRI Makassar-590. “Secara teori, spesifikasi dan kemampuan kendaraan tempur LVT-7 sangat bagus untuk melaksanakan proses debarkasi dan reembarkasi pasukan. Jadi dengan kegiatan latihan ini, seluruh unsur Pasrat dan KRI dapat melaksanakan proses integrasi dengan maksimal. Alhamdulillah, semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” pungkasnya. [Foto Inews]



  ⚓ Marinir  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...