Minggu, 19 April 2020

Indonesia Menjadi Negara Pertama Pembuat Kapal Selam di ASEAN

PAL Indonesia Akan Tuntaskan Ujicoba KRI 405 Alugoro Ujicoba KRI Alugoro 405 [submarine.id] ★

PT Pal Indonesia (Persero) terus mempercepat pengerjaan Kapal Selam Alugoro. Kapal selam karya anak bangsa ini telah berhasil menjalani tahapan uji Tactical Diving Depth (TDD) hingga kedalaman 310,8 meter di Perairan Utara Pulau Bali.

Pelaksana Tugas Kadep Humas PT PAL Indonesia (Persero), Utario Esna Putra, mengatakan pengerjaan kapal selam ini tetap dilakukan di tengah pandemi Virus Corona. Untuk saat ini, sesuai jadwal Kapal Selam Alugoro masih pada tahap SAT (Sea Acceptance Test).

"53 item uji coba SAT dilaksanakan sampai Juni. Meskipun di tengah keterbatasan dan kehati-hatian akibat wabah Covid-19, kami masih berkomitmen untuk menyelesaikan proyek-proyek yang ada," ujar Utario kepada merdeka.com, Selasa (14/4).

Adapun TDD adalah tes kedalaman taktis bagi sebuah Kapal Selam pada kedalaman di bawah layer laut yang sulit dideteksi kapal atas air. TDD merupakan bagian dari 53 item Sea Acceptance Test (SAT) Kapal Selam Alugoro.

Tahapan TDD ini penting untuk uji kekedapan kapal. Terbukti kapal selam dapat mempertahankan kekedapan pada kedalaman 300 meter dengan tekanan lingkungan pada kedalaman tersebut sebesar 30 bar.

Kapal Selam Alugoro merupakan kapal selam ketiga dari Batch Pertama kerjasama pembangunan kapal selam antara PT PAL Indonesia dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan.

  Merdeka  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...