Kamis, 03 Desember 2020

Satuan Lintas Laut Militer III TNI AL Resmi Berdiri di Makassar

Akan memperkuat wilayah timur Indonesia. Ilustrasi KRI TNI AL

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi meresmikan berdirinya Satuan Lintas Laut Militer ( Satlinlamil) III Makassar di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (2/12/2020).

"Satlinlamil III Makassar memiliki tugas pokok menyiapkan unsur-unsur KRI di jajarannya dalam rangka mendukung tugas-tugas yang diemban Kolinlamil, khususnya wilayah timur Indonesia," ujar Panglima Kolinlamil dalam keterangan tertulis, Rabu (2/12/2020).

Satlinlamil III Makassar ini akan memperkuat area pertahanan lintas laut untuk perairan wilayah timur Indonesia.

Dengan berdirinya satuan komando pelaksana pembinaan Kolinlamil ini, TNI Angkatan Laut (AL) kini memiliki tiga Satlinlamil.

Yakni Satlinlamil I berkedudukan di Jakarta dan Satlinlamil II yang bermarkas di di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Adapun berdirinya Satlinlamil III Makassar ini merupakan realisasi dari rencana validasi organisasi TNI AL sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI dan Peraturan Kepala Staf Angkatan Laut (Perkasal) Nomor 20 tahun 2020 yang mengatur pembentukan Satuan Lintas Laut Militer III.

Pembentukan tersebut juga sesuai dengan program prioritas KSAL Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan, termasuk kesiapan operasional alutsista TNI AL.

Irwan mengatakan, Satlinlamil III Makassar mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI dalam rangka mendukung tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis, yakni sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut.

Irwan mengungkapkan Makassar dipilih menjadi markas Satlinlamil III karena sesuai dengan konsep operasi gabungan yang diperankan Kolinlamil dalam menggelar tiga Satlinlamil, yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar.

"Dipilih Kota Makassar untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan satuan-satuan taktis TNI. Inilah wujud konsep pembangunan kekuatan Trimatra terpadu dalam bentuk sinergitas gelar kekuatan dan organisasi TNI," jelas Irwan.

Dengan demikian, kehadiran Satlinlamil III Makassar diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pembinaan kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional di wilayah timur Indonesia.

Selain itu, pembentukan Satlinlamil III Makassar merupakan kebutuhan organisasi untuk mendukung angkutan laut militer TNI dalam rangka pergeseran pasukan dan material logistik bagi TNI AD, dalam hal ini Kostrad Divisi III Makassar.

   Kompas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...