Selasa, 18 April 2023

[Global] Tentara Bayaran Mozart Ukraina

Tandingan Wagner Group RusiaGrup Mozart didirikan Andy Milburn dan terdiri dari mantan personel militer yang melatih rekrutan Ukraina. (Foto/www.thenationalnews.com)

Satu bisnis pelatihan dan evakuasi dikelola warga Amerika Serikat (AS) bernama The Mozart Group. Bisnis itu muncul sebelum perusahaan menutup usahanya setelah hampir setahun beroperasi di Ukraina.

Seorang tokoh yang terlibat dalam usaha ini adalah mantan Marinir AS Andy Milburn. Dia adalah pendukung utama perjuangan Ukraina dan sumber media sosial yang berpengaruh untuk berbagai informasi terbaru di medan perang.

Mozart memposisikan dirinya sebagai versi kebalikannya dari perusahaan militer swasta Rusia yang terkenal, yaitu Wagner Group, yang melakukan operasi tempur di garis depan melawan Ukraina saat ini.

Menurut situs website Mozart, misi kelompok ini adalah, "Membangun kemampuan yang dapat dipertahankan terus-menerus dalam militer Ukraina dan unit-unit pertahanan teritorial sehingga Ukraina dapat mempertahankan diri dari invasi Rusia.

Komponen penting dari misi kami adalah pembersihan medan perang, menyingkirkan berton-ton persenjataan, ranjau dan jebakan yang tidak terpakai yang mengotori area yang sebelumnya diduduki oleh pasukan Rusia. Kami ingin memungkinkan masyarakat Ukraina untuk kembali ke rumah mereka dan mulai membangun kembali kehidupan mereka, bebas dari ancaman," papar perusahaan itu.

Mozart Group didirikan pada Maret 2022 oleh Milburn dan Andrew Bain, seorang pengusaha yang telah tinggal di Ukraina selama lebih dari 30 tahun dan pensiun dengan pangkat kolonel pada tahun 2014 dari Pasukan Cadangan Korps Marinir.

Bain kemudian memegang 51% saham kepemilikan di Mozart, sementara Milburn memiliki 49% saham. Milburn ditunjuk sebagai CEO, dan Bain bekerja di belakang layar.

Mozart Group pada awalnya berkembang pesat hingga mempekerjakan lebih dari 50 orang dari belasan negara.

Pada Agustus 2022, Mozart Group memiliki 20-30 sukarelawan yang berasal dari Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, dan negara-negara Barat lainnya.

Sebagian besar anggotanya adalah mantan personel operasi khusus dan berusia antara 30 dan 45 tahun.

Menurut Milburn (per Desember 2022), biaya bulanan Mozart Group mencapai sekitar USD 170.000, dengan anggaran mingguan tim evakuasi sekitar USD 2.000.

Mozart Group berhenti beroperasi pada Januari 2023 setelah kehabisan dana. Mozart Group telah mengumpulkan lebih dari satu juta dolar dalam bentuk sumbangan pada saat bubar.

Milburn pertama kali tiba di Ukraina sebulan setelah invasi pada bulan Februari dan bekerja sebagai koresponden untuk publikasi militer AS, Task & Purpose. Dia dan Bain memulai The Mozart Group tidak lama kemudian.

Milburn pensiun dari tugas aktif Korps Marinir sebagai kolonel pada tahun 2019 setelah 31 tahun pengabdiannya. Secara keseluruhan, dia memiliki karir yang luar biasa.

Jabatan terakhirnya dalam kemiliteran adalah sebagai wakil komandan Special Operations Command Central (SOCCENT), dan sebelumnya, komandan Marine Raider Regiment dan Combined Special Operations Task Force-Irak.

Milburn juga terdaftar sebagai kepala sekolah di LSM kemanusiaan yang berafiliasi dengannya, Task Force Sunflower (TFS), yang didirikan sebagai organisasi non-profit 501(c)(3) pada bulan Mei 2022.

Pada bulan April 2022, Mozart dengan cepat menjadi sorotan media karena fokus utamanya dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan pelatihan militer.

Mozart memiliki eksistensi media sosial yang kuat melalui situs Facebook, Twitter, dan LinkedIn. (sya)

  💂 sindonews  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...