Minggu, 21 April 2024

KSAL Peringati Tiga Tahun KRI Nanggala

⚓️ Bersama 4 Pemimpin AL Dunia KSAL dan 4 Pemimpin AL Dunia Peringati Tiga Tahun KRI Nanggala (Kpmpas)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali memberikan penghormatan kepada para arwah pengawak KRI Nanggala-402 yang dinyatakan patroli abadi (On Etemal Patrol) dalam peringatan Hari Bakti Hiu Kencana bersama empat negara sahabat.

"Seperti yang sudah disaksikan tadi, acara penghormatan kepada KRI Nanggala-402 yang tenggelam pada 21 April 2021, dan ini diperingati sebagai Hari Bakti Hiu Kencana, saya bersama dengan beberapa Kepala Staf negara sahabat, dari Malaysia, Australia, Korea Selatan dan Vietnam," ucapnya usai kegiatan di Monumen KRI Nanggala-402 Ujung Koormada II Surabaya, Jawa Timur, Minggu. KSAL keempat negara sahabat tersebut antara lain, KSAL Australia VADM Mark Hammond, KSAL Korea Selatan yang diwakili Superintendent of ROK Naval Academy RADM Lee Su-Youl, KSAL Malaysia Admiral Tan Sri Abdul Rahman dan wakil KSAL Vietnam RADM Nguyen Dihn Hung.

Kehadiran negara sahabat dalam peringatan yang bertemakan "Commemoration The Service And Sacrifice Of Crew KRI Nanggala-402" tersebut, lanjutnya, merupakan wujud dari kebersamaan dari persahabatan negara-negara sahabat yang juga berkontribusi dalam menolong dan mengevakuasi KRI Nanggala-402.

"Kejadian ini tentu saja sangat menyedihkan tapi ini diperingati bahkan disampaikan rasa bela sungkawa dari berbagai negara termasuk negara sahabat yang tadi saya sebutkan, saya ucapkan terima kasih kepada teman teman yang tadi turut memperingati Hari Bakti Hiu Kencana ini," katanya.

Sebelumnya, dalam kegiatan "Commemoration The Service And Sacrifice Of Crew KRI Nanggala- 402" tersebut juga telah dilaksanakan peluncuran buku "Diplomasi Sang Hiu Kencana" oleh KSAL Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali.

Buku tersebut memiliki nilai abadi sebagai implementasi Naval Diplomacy TNI Angkatan Laut.

Perlu diketahui, KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam Type 209/1300 yang dipesan oleh pemerintah Republik Indonesia pada 2 April 1977 dari Jerman yang diluncurkan 10 September 1980.

Peresmian penggunaannya dilakukan oleh Menteri Pertahanan Keamanan atau Panglima Angkatan Bersenjata saat itu, yakni Jenderal TNI Mohammad Jusuf pada 21 Oktober 1981 di Dermaga Ujung Surabaya.

Pada tahun 2021, dalam sebuah operasi yang di dalamnya terdapat rencana penembakan torpedo kepala perang, KRI Nanggala-402 dinyatakan patroli abadi di perairan Laut Bali dalam melaksanakan tugas negara.

Selama pengabdiannya di TNI AL, KRI Nanggala-402 telah melaksanakan berbagai operasi dalam menjaga kedaulatan NKRI dan menegakkan wibawa pemerintah Indonesia di mata negara lain.

 ⚓️  antara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...