Selasa, 23 April 2024

TNI AL Persiapkan KRI R. E. Martadinata untuk RIMPAC 2024

⚓️ Di Hawaii KRI REM 331 ketika menguji rudal hanud Mica (TNI AL)

Komando Armada (Koarmada) II TNI Angkatan Laut (TNI AL) mempersiapkan KRI Raden Eddy Martadinata-331 untuk mengikuti latihan bersama Rimpac dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (USINDOPACOM) di Hawaii, Amerika Serikat, pada Juni 2024.

Panglima Koarmada II Laksamana Muda Ariantyo Condrowibowo dalam rapat di Markas Komando Koarmada II, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin, mendengar rencana garis besar (RGB) latihan bersama Multirateral Rim Of The Pacific (Rimpac) Tahun Anggaran 2024 dari Komandan KRI R. E Martadinata yang juga bertugas sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Rimpac 2024 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja Saputra.

Dalam paparannya kepada Pangkoarmada II, sebagaimana dikutip dari siaran resmi Dinas Penerangan Koarmada II TNI AL di Jakarta, Senin, Kolonel Adam menyampaikan rencana latihan yang kemungkinan bakal melibatkan 43 kapal perang dan lima kapal selam dari dua negara, termasuk KRI R. E Martadinata, yang merupakan bagian dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada II.

Tidak hanya itu, TNI AL juga bakal mempersiapkan 43 prajurit dari Korps Marinir TNI AL dan tujuh prajurit dari pasukan elite TNI AL Komando Pasukan Katak (Kopaska).

Dalam paparan yang sama, dia juga menjelaskan Satuan Tugas Rimpac, yang rutin dikirim oleh TNI AL tiap dua tahun sekali ke Hawaii, merupakan wujud eratnya hubungan dan kerja sama antara TNI Angkatan Laut dan militer Amerika Serikat, utamanya Komando Pertahanan Gabungan AS di Indo-Pasifik (USINDOPACOM).

Dia melanjutkan latihan bersama itu pun bertujuan meningkatkan kemampuan profesionalisme personel TNI AL dalam melaksanakan operasi dan latihan bersama berskala internasional, meningkatkan kemampuan operasi laut jarak jauh dan penyiapan dukungan logistik tempur, serta meningkatkan kemampuan TNI AL dalam mendukung kebijakan pemerintah guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Dalam rapat yang sama, Pangkoarmada II menginstruksikan jajaran prajuritnya yang terlibat dalam latihan itu untuk mempersiapkan diri maupun alutsista yang akan digunakan dengan baik. Laksda Ariantyo juga meminta mereka memanfaatkan kesempatan itu sebagai pengalaman dalam penugasan karena itu dapat menambah wawasan untuk menjadi semakin profesional.

Latihan bersama Rimpac tahun ini rencananya juga diikuti oleh Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI. Kepala Bakamla RI Laksamana Madya TNI Irvansyah menyampaikan rencana keikutsertaan Bakamla di Rimpac 2024 saat dia bertemu Wakil Komandan Coast Guard Amerika Serikat (USGC) Laksamana Steven D. Poulin di Washington D. C., Amerika Serikat, 9 Maret 2024.

 ⚓️ 
antara  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...