Jumat, 20 April 2012

★ S.A.K.T.I


 S.A.K.T.I (Sistem Angkut Kelengkapan Tempur Individu)

Kebutuhan akan proteksi keamanan buat prajurit TNI dalam menjalankan tugas negara, maka rompi anti peluru sangat diperlukan, Tim Elemental defense industries mendesain S.A.K.T.I . sebuah sistem angkut baru untuk keperluan tempur TNI.


Bentuk desain mengikuti kondisi; kebutuhan pihak pengguna, yang pada akhirnya mempengaruhi bentuk; rupa akhir dari sistem itu sendiri.


Untuk S.A.K.T.I. Armor Carrier, memanfaatkan soft armor Level IIIA dan Ceramic plate yang sudah TNI miliki. Jadi bentuk sampai ukuran, benar-benar mengikuti bentuk dari pada soft armor yang sudah ada. Dan juga bentuk kantong utk menyimpan ceramic plate sangat berbeda dengan kebanyakan American vest yg bentuknya mengikuti bentuk SAPI Plates.

Seperti kebanyakan rompi jaman sekarang yg serba modular, S.A.K.T.I juga menggunakan sistem MOLLE atau S.U.L.A.M.
 Fitur-fitur utama pada S.A.K.T.I. termasuk :

  • 2 komponen utama, yakni R.B.S (Rompi Balistik S.A.K.T.I.); R.A.S (Rompi Angkut S.A.K.T.I.) yang keduanya dapat digunakan secara terpisah maupun integral tergantung misi operasi yang dijalankan.
  • R.B.S. mampu mengangkut soft armor (mengikuti bentuk soft armor TNI saat ini jadi tinggal insert) dengan perlindungan hingga level IIIA; juga ceramic plate (depan/belakang) untuk perlindungan balistik level yang lebih tinggi lagi yakni IVA.
  • R.A.S. yang fungsi utamanya sebagai Load Bearing Vest, juga memiliki kompartemen dapat mengangkut ceramic plate (depan/belakang) bila diperlukan.
  • Keduanya mengadopsi S.U.L.A.M. (Sistem Urai Lilit Angkut Modular) yang dapat mengakomodasi posisi kantung-kantung taktis dengan berbagai skenario sesuai kebutuhan misi operasi/posisi dalam sebuah tim (riffleman, grenadier, gunner, medic dsbnya).
  • Material menggunakan dasar Cordura 1000D untuk ketahanan; material pendukung (buckle, webbing, dll) semuanya sesuai mil-spec.
  • Untuk R.B.S tidak dilengkapi sistem quick release karena memang fiturnya sebagai body armor utama, sedangkan pada R.A.S, baik pemakaian/pelepasan dapat dilakukan dengan mudah dengan fitur 1 point waist buckle.
  • R.A.S, selain untuk direct action mission (serbu taktis cepat), juga dapat digunakan untuk mendukung prajurit lapangan dalam misi-misi non-tempur (kemanusiaan), yang sering dijalankan oleh TNI dalam hal penanggulangan bencana dan lain-lainnya.
  • R.A.S juga memiliki fitur built-in magazine pouch, dengan kapasitas maksimum 10 x 5.56mm magasen, serta built-in radio/HT pouch.
  • Kedua rompi, mempunyai sizing universal yang dapat diatur pemakaiannya sesuai ukuran tubuh dengan adjustment straps; cummerbund.
 Berikut foto-foto dari pihak developer :


Ceramic plate insert ke dalam R.B.S.
R.B.S untuk kondisi defensif
R.A.S untuk kondisi serbu cepat
Integrasi R.A.S & R.B.S dalam kondisi spektrum tempur total


S.A.K.T.I. masih dalam tahap pengembangan; pengetesan lebih lanjut, untuk dapat terus berimprovisasi mendukung modernisasi prajurit TNI kedepannya.
- Sumber foto dari elementaldefense -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...